uefau17.com

Seberapa Sering Kita Harus Mencuci Celana Jins, Masih Jadi Perdebatan - On Off

, Jakarta - Untuk sebagian besar pakaian, sudah jelas bahwa mereka harus dicuci setelah beberapa kali dipakai. Tapi berbeda dengan jeans, bahkan banyak orang yang tidak mencucinya setelah berkali-kali dipakai.

Dan dalam beberapa hal, CEO Levi Strauss (Levi's) Charles Bergh, mungkin bisa disalahkan untuk itu. Meskipun ia tidak bermaksud untuk menjadikan hal itu sebagai kesimpulan utama dari sebuah acara yang ia bicarakan di tahun 2014.

"Saya tidak pernah mengatakan jangan mencuci celana jeans Anda," ia mengklarifikasi dalam percakapan dengan Christine Tan melansir CNBC (11/10) sebagai bagian dari acara "Managing Asia" yang disiarkan bulan lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Masukkan Celana Jins ke Mesin Cuci

Bergh masih tidak menggunakan mesin cuci untuk membersihkan denimnya. "Penggemar denim sejati, orang-orang yang benar-benar mencintai denim mereka, akan mengatakan kepada Anda untuk tidak pernah memasukkan denim ke dalam mesin cuci. Jadi itulah yang saya lakukan."

Para pecinta denim sering mengatakan bahwa mencuci jeans akan mempengaruhi bentuk dan warnanya, sementara membiarkannya tidak dicuci akan meningkatkan penampilannya melalui lipatan dan paparan elemen-elemennya.

Tidak mencucinya juga dikatakan dapat membuatnya lebih awet karena akan mencegah serat denim menjadi rusak yang dapat menyebabkan lubang atau robekan.

 

3 dari 3 halaman

Bisa Dipertimbangkan Kurangi Mencuci Jins

Tapi Bergh juga tidak membiarkan jeansnya berantakan dan penuh dengan kotoran.

"Jika saya menjatuhkan kuah kari di celana jins saya, saya akan membersihkannya. Dan jika jeans itu benar-benar kotor, Anda tahu, jika saya berkeringat atau semacamnya dan jeans itu benar-benar kotor, saya akan mencucinya di kamar mandi," katanya.

Ini berarti tetap memakai celana jeans di kamar mandi dan membasuhnya dengan sabun seperti yang Anda lakukan pada tubuh Anda, jelas Bergh.

Mencuci jeans sebenarnya merupakan bagian utama dari jejak karbon pakaian, kata Bergh. 

Di Amerika Serikat, orang-orang mungkin mencuci jeans mereka setiap kali selesai dipakai, katanya, sementara di wilayah lain di dunia, pakaian tersebut akan dimasukkan ke dalam mesin cuci setelah beberapa kali pemakaian.

Perdebatan tentang seberapa sering kita harus mencuci pakaian kita telah meluas dari celana jeans dalam beberapa tahun terakhir. Kontroversi tentang seberapa sering orang mencuci piyama dan seprai mereka misalnya, telah muncul beberapa kali di media sosial baru-baru ini, mendorong diskusi tentang apa yang higienis dan tidak higienis.

Namun, kebersihan bukanlah satu-satunya argumen, seperti yang dikatakan Bergh, mesin cuci menggunakan banyak air. Oleh karena itu, mencuci pakaian lebih sedikit dapat berdampak baik bagi lingkungan, beberapa ahli keberlanjutan menyarankan, terutama karena pakaian kita, yang sering kali berbahan sintetis, juga melepaskan mikroplastik saat dicuci, yang berkontribusi pada polusi plastik.

Jadi, meskipun tidak semua orang puas dengan tidak memasukkan celana jins mereka ke dalam mesin cuci, namun lebih jarang memasukkan jins ke dalam mesin cuci bisa dipertimbangkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat