uefau17.com

Ketahui Manfaat Garam Epsom yang Baik untuk Berendam - On Off

, Jakarta Merendam kaki atau tangan dengan garam terkadang dapat menenangkan otot atau mengurangi stres. Agar lebih lengkap lagi, ada baiknya jika Anda menambahkan garam epsom ke dalam air rendaman tersebut. Mengapa demikian?

Melansir Forbes, Rabu (21/12/2022), kata seorang dokter manajemen nyeri dan kedokteran fisik dan rehabilitasi bersertifikat di Pain Physicians NYC di New York City Dmitriy Dvoskin garam epsom adalah senyawa mineral yang terbuat dari magnesium, sulfat, dan oksigen.

Ketika dilarutkan dalam air, senyawa tersebut terpisah menjadi ion magnesium dan sulfat, tambah dokter pengobatan olahraga perawatan primer bersertifikat di Orlando Health Jewett Orthopaedic Institute di Winter Garden, Florida George Eldayrie.

Dinamai Epsom, Inggris, kota di mana ia pertama kali diproduksi pada awal abad ketujuh belas oleh dokter Nehemia Grew, garam epsom biasanya diperoleh dari dasar danau kering atau sumber alami lainnya, kata dokter penyakit dalam dan dokter kulit di Advanced Dermatology PC di Chadds Ford, Pennsylvania Loretta Pratt. Namun, garam ini juga bisa diproduksi.

Manfaat

Klaim tentang manfaat garam epsom antara lain dapat meredakan rasa sakit dan pembengkakan hingga mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan penyembuhan luka ringan.

Namun, penelitian lebih lanjut seputar beberapa manfaat ini, seperti pengurangan stres, meredakan nyeri otot, dan meningkatkan kinerja olahraga, masih diperlukan, kata Eldayrie.

Menurut penelitian, berendam dengan garam epsom dapat meningkatkan konsentrasi magnesium darah, namun diperlukan penelitian tambahan.

Satu studi yang dipublikasikan di Nutrients mencatat kadar magnesium darah peserta meningkat setelah berendam selama 12 menit sehari selama tujuh hari.

Namun, para ahli memperingatkan bahwa berendam dalam rendaman garam epsom untuk waktu yang lama dapat menyebabkan diare terkait magnesium.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berikut ini manfaat tambahan garam Epsom

1. Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Efek relaksasi mandi garam Epsom mungkin terkait dengan penyerapan magnesium, tetapi hal ini belum ditetapkan secara ilmiah, kata Eldayrie.

Faktanya, setiap pengurangan stres yang dialami dari berendam mungkin lebih baik dikaitkan dengan tindakan sederhana mandi air hangat, tambahnya. Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa mandi atau mandi air hangat sebelum tidur meningkatkan kualitas dan durasi tidur.

2. Mengurangi Nyeri dan Peradangan

Pasien yang menggunakan garam epsom telah mencatat kelegaan dari nyeri otot dan sesak, kata Eldayrie, yang memuji manfaat kesehatan potensial dari magnesium dan kemampuannya untuk mengendurkan otot dan manfaat suhu hangat pada otot.

Selain itu, mandi garam epsom aman untuk mengobati nyeri otot dan cedera, selama tidak ada laserasi atau luka terbuka pada kulit seseorang, tambahnya.

Demikian pula, mandi garam epsom mungkin bermanfaat dalam fase pemulihan bagi para atlet, kata Eldayrie. Namun, tidak ada penelitian yang mendukung perannya dalam meningkatkan kinerja atau mempercepat pemulihan, tetapi dapat meningkatkan relaksasi otot — yang dapat membuat atlet merasa lebih baik setelah berolahraga atau mengalami nyeri, katanya.

3. Penyembuhan luka

Magnesium dan sulfat memberikan efek menenangkan pada tubuh, kata ahli bedah kaki dan pergelangan kaki bersertifikat di Progressive Foot Care di White Plains, New York Bruce Pinker, yang sering menyarankan rendaman garam epsom kepada pasien.

Tidak hanya dapat membantu mengurangi rasa sakit, nyeri, dan pembengkakan, tetapi juga dapat membantu mengurangi pengeringan luka superfisial, seperti potongan kertas dan kuku kaki yang tumbuh ke dalam, kata Pinker, yang mencatat bahwa garam epsom tidak boleh digunakan untuk mengobati luka terbuka, infeksi atau luka bakar

 

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Garam Epsom

Untuk menggunakan garam epsom saat berendam, larutkan dua cangkir garam epsom dalam air hangat, biarkan larut sebelum direndam selama 15 menit. Pastikan untuk membilas semua kelebihan garam saat Anda selesai.

Jika menggunakan garam epsom sebagai larutan perendaman untuk luka superfisial, Pinker menyarankan untuk melarutkan 2 hingga 3 sendok makan garam epsom per liter air bersuhu ruangan. Setelah tercampur rata, rendam area yang terkena selama 20 menit.

Alternatifnya, Anda bisa mencelupkan kain kasa bersih ke dalam larutan dan mengoleskannya ke area tersebut selama 20 hingga 30 menit, tambahnya.

Meskipun Pinker mencatat bahwa merendam luka superfisial yang tidak mengering itu aman, sebaiknya dihindari jika ada luka terbuka, dalam, terinfeksi, infeksi kulit, atau luka bakar parah. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menentukan apakah garam epsom aman untuk mengobati luka apa pun sebelum mencobanya sendiri.

Pertimbangan Saat Membeli

Ada perbedaan antara garam epsom food grade dan non food grade, jelas Pratt.

"Beberapa garam epsom non-makanan digunakan untuk tujuan pertanian untuk memperbaiki kondisi tanah dan mungkin mengandung kontaminan," katanya. Sedangkan garam epsom food-grade akan memiliki penunjukan kelas US Pharmaceutical (USP) dari FDA, yang berarti itu adalah telah diuji dan bersertifikat aman untuk digunakan manusia.

Sebelum menggunakan garam epsom, pastikan tidak ada bahan tambahan dan kemasannya berlabel USP. Garam epsom tingkat USP harus digunakan untuk berendam, meskipun mungkin mengandung aditif seperti wewangian atau minyak esensial seperti kayu putih, peppermint atau jeruk, kata Pratt.

 

4 dari 4 halaman

Efek Samping Garam Epsom

Saat digunakan untuk berendam dan penggunaan luar, garam Epsom biasanya aman dengan efek samping minimal, kata Eldayrie.

Konon, dia menyarankan pasien untuk mengetahui suhu air yang sesuai saat menggunakan garam epsom sebagai berendam untuk menghindari luka bakar atau kerusakan kulit. Hindari menggunakan rendaman garam epsom dengan luka kulit terbuka, infeksi atau luka bakar, tambah Dvoskin.

Meskipun kadang-kadang dicatat sebagai pengobatan untuk efek pencahar, garam epsom tidak boleh digunakan untuk konsumsi oral dan beberapa penelitian menunjukkan konsumsi dapat menyebabkan hipermagnesemia—gangguan elektrolit yang tidak biasa yang dapat disebabkan oleh overdosis magnesium, yang dapat mengakibatkan rawat inap atau kematian.

Bicaralah dengan dokter Anda sebelum menggunakan garam epsom untuk menentukan apakah itu tepat untuk rezim kesehatan Anda dan untuk petunjuk penggunaan yang tepat.

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat