uefau17.com

6 Alasan Anda Harus Mengonsumsi Cuka Apel - On Off

, Jakarta Apel menjadi salah satu buah yang juga banyak disukai oleh orang. Selain bisa dimanfaat daging buahnya, ternyata cuka sari apel bisa bermanfaat juga. Apalagi jika Anda mengonsumsinya secara teratur.

Cuka apel seringkali dijadikan bahan pokok yang pasti ditemukan di ruang dapur. Selain itu, cuka apel juga merupakan salah satu obat rumahan yang populer yang dinilai dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Ternyata selain sebagai obat, cuka apel juga dinilai mampu menurunkan berat badan. Kandungan sifat antimikroba dan antioksidan di dalamnya dapat membantu mencegah infeksi dan melepaskan racun berbahaya yang ada di dalam tubuh.

Mengutip laman Time of India, Rabu (23/12/2020), ada enam alasan kenapa Anda harus mengonsumsi cuka apel secara teratur. Berikut penjelasannya.

1. Memiliki sifat antibakteri dan antioksidan

Seperti dikatakan sebelumnya, cuka apel memiliki kandungan antibakteri serta antioksidan yang bagus untuk tubuh. Karena kandungan tersebut, cuka apel dinilai dapat membunuh patogen, termasuk bakteri di dalamnya.

Dahulu, cuka apel digunakan sebagai bahan disinfektan dan bertujuan untuk pembersihan. Selain dapat membunuh bakteri, cuka apel juga bisa membantu mengawetkan makanan untuk jangka waktu yang lebih lama.

2. Menurunkan kadar gula darah

Tak hanya untuk mengawetkan makanan, cuka apel juga dinilai mampu mengobati diabetes tipe 2. Menurut beberapa penelitian, cuka apel bisa meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 19-34 persen selama terdapat makanan berkarbohidrat tinggi dan secara signifikan dapat menurunkan kadar gula darah dan respon insulin.

3. Membantu menurunkan berat badan

Menurut berbagai penelitian, cuka apel juga dinilai mampu menurunkan berat badan. Saat Anda mengonsumsinya, Anda akan merasa lebih kenyang sehingga dapat mencegah dari asupan makanan berkalori tinggi. Jika begitu, cuka apel dapat membantu perjalanan Anda untuk menurunkan berat badan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Mengurangi kolesterol

Sesuai penelitian yang pernah ada, cuka apel dapat mengurangi kolesterol total, trigliserida, dan kolesterol LDL yang ada di dalam tubuh seseorang.

Sementara dalam penelitian yang lebih mendalam, cuka apel diyakini memang memiliki khasiat untuk menunrunkan tingkat kolesterol pada tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Dengan mengonsumsi cuka apel secara teratur, bukan hanya dapat menurunkan kolesterol, tetapi juga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Dengan begitu, selanjutnya tentu bisa meminimalkan risiko stroke yang terjadi. Asam alfa-linolenat yang terkandung dalam cuka apel, ternyata dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada wanita.

6. Meremajakan kulit

Kegunaan cuka apel tidak hanya untuk kesehatan tubuh serta dapat mengurangi risiko penyakit, tetapi juga membantu menguatkan kulit dan meremajakannya secara maksimal.

Karena adanya sifat antibakteri yang terkandung, itu dapat mencegah infeksi kulit yang terkait dengan eksim dan kondisi kulit lainnya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat