uefau17.com

7 Cara Membuat Keputusan untuk Mengubah Hidup - On Off

, Jakarta Kebanyakan orang tidak tahu efek mendalam dari membuat keputusan hidup. Seringkali, kita menjalani hidup tanpa menyadari pikiran apa yang kita pikirkan dan tindakan apa yang kita ambil. Setiap keputusan yang kita buat akan membentuk realitas kita saat ini. 

Itu membentuk siapa kita sebagai pribadi karena kita terbiasa menindaklanjuti dengan keputusan yang kita buat tanpa menyadarinya.

Jika tidak puas dengan hasil dalam hidup saat ini, melakukan upaya untuk mengubah keputusan Anda mulai hari ini akan menjadi kunci untuk menciptakan orang yang Anda inginkan dan kehidupan yang ingin dimiliki di masa depan.

Mari terapkan 7 cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat keputusan yang mengubah hidup yang dilansir dari lifehack.org, Jumat (12/11/2021) :

1. Sadari dampak saat pengambilan keputusan pertama kali

Setiap keputusan yang Anda buat menyebabkan serangkaian peristiwa terjadi. Ketika Anda memutuskan untuk mengambil sebatang rokok untuk mengisapnya, keputusan itu mungkin mengakibatkan Anda mengambil yang lain kemudian untuk mendapatkan perasaan yang sama tingginya. 

Setelah sehari, Anda mungkin telah melalui paket tanpa menyadarinya. Tetapi jika Anda memutuskan untuk tidak merokok rokok pertama itu dan mengambil keputusan setiap lima menit untuk memusatkan perhatian Anda di tempat lain ketika mendapatkan keinginan itu, setelah melakukan ini selama seminggu, keinginan Anda akhirnya akan mereda dan menjadi bebas asap rokok.

Tetapi akhirnya harus membuat keputusan pertama untuk memutuskan apakah akan mengambil rokok itu atau tidak.

2. Ikuti kata hati

Sering kali, kita mengambil terlalu banyak waktu untuk mengambil keputusan karena kita takut dengan apa yang akan terjadi. Sebagai hasil dari ini, kita melalui hal-hal seperti perencanaan yang cermat, analisis mendalam, dan pro kontra sebelum memutuskan. Ini adalah proses yang sangat memakan waktu.

Sebaliknya, belajarlah untuk mempercayai insting Anda. Sebagian besar, insting pertama biasanya yang benar.

Bahkan jika pada akhirnya membuat kesalahan, pergi dengan naluri Anda masih menjadi pengambil keputusan yang lebih percaya diri dibandingkan dengan seseorang yang mengambil sepanjang hari untuk memutuskan.

3. Lakukan keputusan 

Ketika Anda membuat keputusan, lakukan tindakan itu. Berkomitmen untuk membuat keputusan nyata.

Apa keputusan nyata? Itu ketika Anda memutuskan sesuatu, dan keputusan itu dilakukan melalui tindakan. Tidak ada gunanya untuk membuat keputusan dan memainkannya di kepala, tetapi tidak melakukan apa-apa. Itu sama saja tidak membuat keputusan sama sekali.

Jika ingin membuat perubahan nyata dalam hidup, Anda harus membiasakan diri untuk mengambil tindakan dengan keputusan sampai selesai. Dengan melewati ini berkali-kali, Anda akan merasa lebih percaya diri dengan mencapai keputusan berikutnya yang ada dalam pikiran.

4. Beri tahu orang lain tentang keputusan Anda

Ada sesuatu tentang memberi tahu orang lain tentang apa yang akan kita lakukan yang membuat kita menindaklanjutinya.

Sebagai contoh, untuk waktu yang paling lama, saya telah berusaha untuk menjadi bangun pagi. Setiap kali saya mencoba menggunakan tekad saya sendiri, bangun lebih awal tanpa jatuh tertidur terasa mustahil.

Jadi yang saya lakukan adalah pergi ke forum dan membuat keputusan untuk memberi tahu orang-orang bahwa saya akan bangun jam 6 pagi. 

Dalam dua hari, saya dapat melakukan hal ini karena saya merasakan kewajiban moral untuk menindaklanjuti kata-kata saya meskipun saya gagal pertama kali.

Apakah orang-orang peduli? Mungkin tidak, tetapi hanya fakta bahwa mungkin ada orang lain di luar sana yang melihat jika Anda mengatakan yang sebenarnya akan memberi motivasi yang cukup untuk menindaklanjuti keputusan Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Belajar dari keputusan sebelumnya

Bahkan setelah gagal menindaklanjuti keputusan saat pertama kali dan memberi tahu orang-orang bahwa akan bangun lebih awal dan begadang, saya tidak menyerah. 

Saya pada dasarnya bertanya pada diri sendiri, "Apa yang bisa saya lakukan saat ini untuk membuatnya terwujud besok?" Jika seperti itu, Anda akan mengacaukan saat membuat keputusan. Alih-alih menyalahkan diri sendiri, pelajari sesuatu darinya.

Tanyakan kepada diri sendiri, apa yang baik tentang keputusan yang saya buat? Apa yang buruk tentang itu? Apa yang bisa saya pelajari darinya sehingga saya bisa membuat keputusan yang lebih baik lain kali? Ingat, jangan terlalu menekankan fokus pada efek jangka pendek; alih-alih fokus pada efek jangka panjang.

6. Pertahankan pendekatan yang fleksibel

Sebagai contoh, katakanlah Anda membuat keputusan untuk kehilangan sepuluh pound pada bulan depan melalui kardio.

 Jika sesuatu muncul, Anda tidak perlu hanya melakukan kardio. Anda bisa terbuka untuk menurunkan berat badan melalui berbagai metode diet selama itu membantu mencapai tujuan pada akhirnya.

Jangan keras kepala untuk mencari hanya satu cara untuk membuat keputusan. Rangkullah setiap pengetahuan baru yang membawa Anda lebih dekat untuk mencapai keputusan awal.

7. Bersenang-senang membuat keputusan

Akhirnya, nikmati prosesnya.  Anda akan belajar banyak tentang diri sendiri dalam prosesnya, merasa dan menjadi jauh lebih percaya diri ketika bersama diri sendiri dan di sekitar orang lain, dan membuat keputusan akan menjadi jauh lebih mudah setelah Anda melakukannya begitu sering sehingga menang bahkan tidak memikirkannya.

Apa pun yang Anda putuskan untuk dilakukan sejak saat ini dapat memiliki efek mendalam di kemudian hari. 

Peluang selalu menunggu Anda. Periksa keputusan yang Anda miliki saat ini.Adakah yang bisa diubah untuk memperbaiki hidup? Apakah ada keputusan yang dapat Anda buat hari ini yang dapat menciptakan hari esok yang lebih baik?

Beberapa keputusan dalam kehidupan lebih sulit untuk dibuat, tetapi dengan 7 saran ini, Anda dapat lebih percaya diri bahkan ketika Anda membuat beberapa keputusan paling penting.

Membuat keputusan adalah satu-satunya cara untuk bergerak maju. Jadi ingat, keputusan apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

Reporter : Erna Sulistyowati 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat