uefau17.com

Pelat Nomor Habis, Belasan Ribu Motor di Tasik `Tanpa Identitas` - News

Terjadi kelangkaan pelat nomor polisi (nopol) untuk sepeda motor di Tasikmalaya. Akibatnya belasan ribu sepeda motor di daerah tersebut belum mendapatkan pelat nopol asli dari kepolisian.

Informasi yang dihimpun Liputan 6 SCTV, Kamis (5/12/2013), masyarakat yang belum mendapatkan nopol dibekali resi untuk keamanan di jalan. Ini sebagai pengganti sementara pelat nopol yang belum ada.

"Untuk mengantisipasi persoalan di jalan, pihak polisi mengeluarkan resi sebagai bukti sah pengganti sementara nopol asli," ujar Briptu Endang selaku petugas pencetak nopol.

Belum ada kepastian kapan pelat nopol akan tersedia kembali. Padahal setiap harinya, tidak kurang dari 200 sepeda motor membutuhkan pelat nopol baru. Jika tidak kunjung ada nopol bagi sepeda motor dari pihak kepolisian, akan semakin banyak sepeda motor tidak bernopol asli.

Akibat situasi ini, kondisi ruang pencetakan nopol di kantor Samsat Kota Tasikmalaya terlihat lebih sepi dan jauh dari kesibukan. Kondisi itu sudah berjalan sejak 13 Agustus lalu.

Petugas hanya melayani permintaan pembuatan pelat nopol untuk mobil dan sepeda motor plat merah. Karena hanya pelat nopol itu saja yang tersedia.

Sejak Agustus hingga awal Desember ini, sudah ada 17 ribu lebih sepeda motor tidak memiliki pelat nopol yang dikeluarkan kepolisian. (Tnt/Yus)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat