uefau17.com

Peringati Hari Bhayangkara, Polisi Depok Turun ke Kali - News

, Jakarta Anggota Polres Metro Depok melakukan perburuan sampah di aliran Kali yang melintasi wilayah Sukmajaya, Depok.

Hal itu dilakukan dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Bhayangkara ke-78.

Kapolres Metro Depok, Kombes Arya Perdana mengatakan, peringatan Hari Bhayangkara ke-78, dilakukan dengan berbagai kegiatan, salah satunya berburu sampah di aliran kali. Aksi tersebut sebagai polisi peduli akan kebersihan lingkungan.

“Kami membersihkan aliran kali dari sampah untuk mencegah banjir sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan,” ujar Arya, Minggu (23/6/2024).

Aksi bersih lingkungan yang dilaksanakan Polres Metro Depok, mendapatkan dukungan dari Kodim 0508 Depok, Kejari Kota Depok, Pemerintah Kota Depok, stakeholder, dan masyarakat setempat. Aksi bersih pada aliran sungai upaya Polri, khususnya Polres Metro Depok lebih dekat kepada masyarakat.

“Ini bagian dari upaya Polri untuk lebih mendekatkan diri dengan masyarakat, serta menjaga kebersihan dan kenyamanan kota Depok,” ucap Arya.

Polres Metro Depok tidak ingin momentum peringatan Hari Bhayangkara ke-78 hanya dirasakan anggota kepolisian. Polres Metro Depok ingin membagi kebahagian dan mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan.

“Ini juga sebagai bentuk apresiasi kami kepada masyarakat Depok yang selalu mendukung tugas dan tanggung jawab Polri,” jelas Arya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencegah Banjir

Kebersihan lingkungan salah satunya dengan menjaga kebersihan aliran Kali dari sampah, dapat mencegah terjadinya banjir. Aliran kali tidak tercemar dengan adanya sampah yang dapat mengganggu kenyamanan dan kelestarian lingkungan.

“Kalau sungai ada sampahnya, sudah jelas akan terjadi banjir karena sampah menghambat jalannya air,” terang Arya.

Arya mengungkapkan, Polres Metro Depok berusaha melakukan kegiatan berdampak positif terhadap masyarakat. Kegiatan menjaga kebersihan aliran kali dari sampah, diharapkan dapat menggugah masyarakat untuk tidak membuang sampah di aliran kali atau sungai.

 

3 dari 3 halaman

Edukasi Masyakarat

“Selain edukasi, kami ingin masyarakat melanjutkan kegiatan kami sehingga kali terbebas dari sampah,” ungkap Arya.

Tidak hanya itu, lanjut Arya, Polres Metro Depok melakukan penanaman pohon di sekitar aliran kali. Polres Metro Depok turut memberikan sembako kepada masyarakat di sekitar lokasi kegiatan maupun yang dianggap layak mendapatkan bingkisan.

“Kami ingin meringankan beban kebutuhan masyarakat, meskipun tidak banyak namun sembako ini dapat mengurangi beban ekonomi masyarakat,” pungkas Arya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat