uefau17.com

Ini 3 Pemenang Lomba Konten Video Kampanye Anti Kekerasan Seksual FJPI - News

, Jakarta - Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) mengumumkan pemenang Lomba Konten Video Kampanye Anti Kekerasan Seksual, Rabu (5/6/2024). Lomba ini merupakan hasil kerja sama FJPI dengan Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia.

Lomba konten video tersebut merupakan rangkaian dari Workshop Urgensi Pedoman Pemberitaan Kekerasan Seksual Bagi Jurnalis yang akan diadakan FJPI di Gedung IDN Times Jakarta pada 20 Juni 2024.

Dalam lomba tersebut, terdapat sebanyak 66 karya video yang dikirim oleh anggota FJPI dari masing masing daerah, mulai dari Aceh hingga Papua. Pengiriman karya dilakukan mulai tanggal 1 - 26 Mei 2024. Sedangkan pengumuman pemenang lomba dilakukan pada 5 Juni 2024.

Dewan Juri dalam lomba ini terdiri dari Nia Dinata (Sutradara), Uni Lubis (Ketua Umum FJPI) dan Yadi Hendriyana (Anggota Dewan Pers). Dewan juri telah memilih tiga orang pemenang lomba video konten Kampanye Anti Kekerasan Seksual.

Adapun nama nama pemenang lomba yakni:

  • Juara 1: Berdit Zanzabela dari (LPP TVRI Jakarta) FJPI Jawa Timur
  • Juara 2: Muniroh (Adreena Media) FJPI Jawa Timur
  • Juara 3 : Ratna Sari Dewi (LPP TVRI Kalimantan Selatan) FJPI Kalimantan Selatan.

Nia Dinata yang menjadi Ketua Dewan Juri dalam perlombaan ini mengatakan isu kekerasan seksual terhadap perempuan adalah sesuatu yang sangat penting dan sangat mendasar. Sehingga semua pihak harus terlibat untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual terhadap perempuan.

"Saya berterimakasih kepada FJPI karena mengundang saya sebagai juri untuk menilai 66 video yang ada sampai kita menemukan yang terbaik. Karena saya percaya semua perempuan pernah mengalaminya dari mulai cat calling , di-bully di internet, bodyshaming sampai yang benar benar sifatnya kekerasan. Bukan hanya harrashment yang verbal," jelasnya.

Oleh karena itu, tambahnya, edukasi masyarakat tentang bahaya kekerasan seksual terhadap perempuan sangat penting. Salah satu cara yang bisa dilakukan jurnalis adalah dengan membuat video pendek yang efektif dan memberikan informasi yang tepat.

"Jadi kita semua harus saling bahu membahu dengan rekan rekan non perempuan kita supaya bisa sama sama mengerti paham dan sama sama melawan. Kita harus mengedukasi publik dengan film-film pendek tapi efektif dan bisa memberikan informasi yang tepat. Sehingga bisa menimbulkan rasa keberanian dan menumbuhkan rasa kompak bahwa kita harus saling membela," kata Nia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada 66 Karya Video yang Dilombakan

Sementara itu, Ketua Umum FJPI, Uni Lubis, mengapresiasi seluruh peserta yang ikut dalam lomba konten video anti kekerasan seksual terhadap perempuan.

"Sebanyak 66 karya video telah dibuat jurnalis perempuan. Saya salut dengan angle yang diambil beragam. Apalagi mayoritas menggunakan data yang benar dari Komnas Perempuan," ujarnya.

Namun, kata Uni, video-video tersebut harus dipilih tiga terbaik yang memiliki nilai sesuai kriteria yang diinginkan dalam lomba tersebut.

"Kriteria penilaian yang membedakan adalah approach, eksekusi, kualitas audio, penyampaian pesan dalam 1 menit pertama. Meskipun saya apresiasi juga yang peserta menggunakan Bahasa Inggris, difabel dan lainnya," ucapnya.

Uni pun berharap kampanye anti kekerasan seksual ini bisa memiliki manfaat dan tersebarluaskan hingga pesannya sampai ke masyarakat.

 

3 dari 3 halaman

7 Peserta Dapat Hadiah Apresiasi

Ketua Panitia Lomba, Ranggini mengatakan, dewan juri telah melakukan penilaian lomba video konten Kampanye Anti Kekerasan Seksual. Menurutnya keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

"Terima kasih sudah mengirimkan video-video kerennya untuk ikut serta sebagai peserta Lomba Konten Video Kampanye Anti Kekerasan Seksual, kerjasama Forum Jurnalis Perempuan Indonesia dengan Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia," kata Ranggini.

Sebagai apresiasi kepada peserta lomba, panitia lomba konten video juga memberikan hadiah kepada 7 peserta peringkat 4 sampai dengan 10 masing-masing Rp1 juta.

Adapun ketujuh peserta penerima hadiah apresiasi tersebut adalah:

  1. Chaterin Elissen (Lentera Media) asal FJPI Jawa Timur;
  2. Eli Septiani (Lampungone.com) dari FJPI Lampung;
  3. Mata Yuli Ramadhani (88news.id) FJPI Sumatera Utara;
  4. Nita Indrawati (Padang Media) asal FJPI Sumatera Barat;
  5. Nurleli (INews TV Sumut) FJPI Sumatera Utara;
  6. Tri Wahyuni (Busam.id) asal FJPI Kalimantan Timur;
  7. dan Umi Kalsum (IDN Times) dari FJPI DKI Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat