uefau17.com

Pesan Sekda Kukar pada 147 Taruna Akmil yang Jalani Latsitarda Nusantara ke-44 - News

, Tenggarong Ratusan taruna dari Akademi Militer (Akmil) akan mengikuti latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-44 Tahun 2024 di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar).

Ada 147 taruna yang akan mengikuti kegiatan Latsitarda yang tersebar di sejumlah desa dan kelurahan di wilayah Kukar, yakni di Desa Bangun Rejo, Tenggarong Seberang; Desa Panca Jaya, Muara Kaman;  Kelurahan Timbau, Tenggarong; Desa Sumber Sari, di Loa Kulu dan Loa Kulu Kota tepatnya di Loh Sumber. Pelaksanaan Latsitarda dimulai 30 April hingga 4 Juni 2024.

Sebelum menjalani Latsitarda, ratusan taruna ini mendapatkan pembekalan, salah satunya dari Sekretaris Daerah (sekda) Kukar, Sunggono di Akmil Magelang.

Dalam pemaparannya, Sunggono menyampaikan gambaran umum Kukar baik secara geografis, kependudukan, ekonomi, pariwisata dan pemerintahan. Menurutnya, Kukar memiliki luas wilayah 27.263 km persegi dan merupakan kabupaten terbesar di Kaltim.

"Penduduk Kukar terdiri dari berbagai suku bangsa, dengan suku asli Kutai sebagai mayoritas. Suku lain yang mendiami Kukar antara lain Banjar, Bugis, Jawa, dan Dayak dengan total 788.113 jiwa," jelas Sunggono, Senin (22/4/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hormati Adat Budaya dan Kearifan Lokal Kukar

Menurutnya, Kukar memiliki warisan budaya yang beragam dan telah diwariskan dari generasi ke generasi. Melalui berbagai ekspresi seni dan tradisi, Kukar berhasil menjaga identitasnya yang unik dan kaya.

Sunggono pun berpesan kepada para taruna agar dalam pelaksanaan Latsitarda menerapkan filosofi di mana bumi dipijak langit dijunjung. Taruna diharapkan menghormati adat budaya dan menghargai kearifan lokal.

"Karena di Kukar itu masih banyak kearifan lokal dan adat istiadat serta budaya yang sangat kuat, sehingga kita perlu berhati-hati dalam bertindak,” pesannya.

Sunggono berharap dengan dilaksanakan Latsitarda ke 44 tahun 2024 di Kukar tidak saja memberikan hasil baik pada para taruna juga memberikan dampak positif Kukar.

3 dari 3 halaman

Pembekalan Taruna Akmil Latsirda

Sementara itu, Danmentar Akmil Brigjen TNI Dwi Sasongko memaparkan, sebanyak 414 taruna Akmil akan menjalani Latsitarda. Khusus untuk Kukar sebanyak 147 taruna.

Menurutnya, pembekalan ini sangat penting bagi para taruna sebagai gambaran dan persiapan agar dalam pelaksanaan latsirda tidak mengalami kendala.

"Ini memberikan gambaran umum bagaimana menyesuaikan kondisi alam maupun memahami situasi wilayah dan kearifan lokal serta hubungan masyarakat ditempat kegiatan nanti," ujarnya.

Selain taruna Akmil, pembekalan juga diikuti secara virtual para taruna Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL) Akademi Kepolisian (Akpol), Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Taruna Poltek SSN, Kadet Unhan dan mahasiswa wilayah Kaltim.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat