uefau17.com

Lanjutkan Kunjungan ke Jawa Timur, Jokowi Akan Resmikan Pasar hingga Smelter - News

, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak menuju Provinsi Jawa Timur dalam rangka melanjutkan rangkaian kunjungan kerja hari keduanya, Kamis (14/12/2023).

Dia diagendakan meresmikan sejumlah infrastruktur seperti, Pasar Induk Among Tani hingga ekspansi PT Smelting.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak ke Jawa Timur dari Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Jokowi dan rombongan lepas landas sekira pukul 07.10 WIB.

Tampak melepas keberangkatan Presiden ke Jawa Timur, yakni Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi, Danlanud Adi Soemarmo Marsma TNI Ridha Hermawan, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Ujang Darwis, dan Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf. Ali Akhwan.

Di Jawa Timur, Jokowi akan meresmikan sejumlah infrastruktur dan fasilitas publik. Pada pagi hari, setibanya di Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh, Kabupaten Malang, dia akan menuju Kota Batu untuk meresmikan Pasar Induk Among Tani.

Setelahnya, Jokowi akan menuju Kota Malang untuk meresmikan tiga Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) secara bersamaan yakni TPA Supit Urang di Kota Malang, TPA Jabon di Kabupaten Sidoarjo, dan TPA Banjardowo di Kabupaten Jombang.

Selanjutnya, Jokowi dijadwalkan mengunjungi SMK di Kota Malang untuk mengecek kegiatan pembelajaran dan infrastruktur sekolah.

Selain itu, Jokowi juga akan membagikan bantuan langsung tunai (BLT) El Nino di Kantor Pos Malang serta bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) kepada sejumlah penerima manfaat di Gudang Bulog Gadang.

Pada sore hari, Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Gresik. Di sana, Jokowi diagendakan untuk meresmikan ekspansi PT Smelting.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Resmikan Terminal di 3 Provinsi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan terminal angkutan darat di tiga provinsi, menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Jokowi menekankan pentingnya pembangunan sarana dan prasarana transportasi angkatan darat untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, khususnya saat libur Hari Raya Idul Fitri dan Nataru.

Tiga terminal yang diresmikan Jokowi yakni, Terminal tipe A Tingkir Kota Salatiga, Terminal Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah, Terminal Anak Air Kota Padang. Peresmian dilakukan di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023).

"Sarana dan prasarana transportasi semakin dirasakan pentingnya, terutama saat terjadi lonjakan penumpang. Kalau pas enggak banyak penumpangnya, enggak terasa. Tapi begitu ada lonjakan penumpang akan terasa

Seperti saat libur Hari Raya atau menjelang libur akhir tahun seperti sekarang ini," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (13/12/2023).

Dia mengatakan pembangunan sarana dan prasarana transportasi juga sangat penting untuk meningkatkan konektivitas antar kota dan antar daerah. Selain itu, untuk mendukung mobilitas masyarakat dan meningkatkan kenyamanan pengguna transportasi darat.

 

3 dari 3 halaman

Pembangunan Terminal Tingkir Kota Salatiga Capai Rp 34,8 miliar

Jokowi menyampaikan pembangunan Terminal Tingkir Kota Salatiga mencapai Rp 34,8 miliar. Terminal ini dapat melayani 235 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) per hari.

"Kemudian Terminal Payak Ilang di Aceh Tengah Provinsi Aceh dibangun dengan biaya Rp22 miliar, melayani AKAP dan AKDP sebanyak 91 bus per hari. Dan Terminal Anak Air di Kota Padang Provinsi Sumbar dibangun dengan dana Rp94,8 miliar, melayani 109 bus per hari," tuturnya.

Menurut dia, tiga terminal tersebut sangat modern dan dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman. Selain untuk naik turunnya penumpang, terminal ini juga berfungsi untuk pusat kegiatan UMKM.

"Untuk pusat perbelanjaan, pusat kegiatan sosial, dan lain-lain yang bisa mengintegrasikan moda transportasi lainnya," ujar Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat