uefau17.com

Momen Jokowi Sebut Menag Yaqut Cholil Qoumas Komandan Kopassus di Hari Santri 2023 - News

, Jakarta - Apel peringatan Hari Santri 2023 telah selesai dilaksanakan di Tugu Pahlawan Surabaya, Jawa Timur. Pada upacara tersebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikejutkan dengan seragam Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan menyebutnya sebagai komandan ‘Kopassus’. 

Pada upacara peringatan Hari Santri, Jokowi menjadi pembina upacara di hadapan puluhan ribu peserta dari kalangan santri. Tidak luput pula, sejumlah kalangan menteri turut hadir pada upacara peringatan Hari Santri 2023

Upacara peringatan Hari Santri terlihat seluruh peserta pria menggunakan sarung dan berbaju putih, dan beberapa peserta menggunakan seragam khusus Barisan Ansor Serbaguna (Banser). 

Uniknya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang merupakan Ketua Umum GP Ansor tampak mengenakan seragam loreng Banser. Yaqut pada upacara tersebut menjadi pemimpin upacara dan membuat Jokowi terkejut. 

"Yang saya hormati Menteri Agama, Bapak Yaqut Cholil Qoumas. Tadi di depan, saya kaget. Saya kira Komandan Kopassus," ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada upacara, Minggu (22/10/2023). 

Mendengar ucapan Jokowi, seluruh peserta tampak sumringah dan tersenyum. Begitupun dengan para tamu undangan yang duduk di podium upacara peringatan Hari Santri 2023. Bahkan Menag Yaqut ikut tersenyum mendengar penuturan Jokowi yang hanya duduk beberapa meter di belakangnya. 

Respons yang sama turut diberikan Eny Retno Yaqut, Ibu Negara Iriana Jokowi, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hari Santri 2023, Jokowi: Santri Pilar Kekuatan dan Pondasi Kekohan Bangsa

 

Pada peringatan upacara peringatan Hari Santri 2023, Jokowi menyebutkan santri merupakan pilar kekuatan dan pondasi kekokohan bangsa. Kontribusi santri sudah terbukti sejak zaman perjuangan, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar, ada 36 ribu pesantren di Indonesia dan menjadi sebuah kekuatan besar. 

“Jumlah pesantren yang sangat banyak menjadi kekuatan besar penentu masa depan bangsa, penentu lompatan kemajuan bangsa, dan penentu keberhasilan mencapai cita-cita,” terang Jokowi. 

Tidak dapat dipungkiri berdasarkan pantauan , upacara peringatan Hari Santri 2023, Menag Yaqut memang tampak lebih mencolok dibandingkan para tokoh lainnya. Para pejabat, tokoh, dan undangan mengenakan baju putih seperti Rais Aam Nahdlatul Ulama KH Miftachul Achyar, Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. 

Sebelum dan sesudah upacara peringatan Hari Santri 2023, Yaqut menyambut dan memberi hormat khusus kepada Presiden Jokowi. 

Penuturan yang sama pun terkait Jokowi menyebut Yaqut sebagai Danjen Kopassus juga diceritakan Sekretaris Menteri Agama, Sidik Sisdiyanto. Saat itu, Yaqut berusaha menyambut Jokowi baru tiba di lokasi upacara peringatan Hari Santri. 

"Loh,loh, loh, saya kira Danjen Kopassus," ungkap Sidik Sisdiyanto saat menyaksikan langsung peristiwa unik tersebut. 

Setelah ditelisik alasan Yaqut menggunakan seragam Banser ternyata dia merupakan Panglima Tertinggi Banser. Tidak hanya itu, para Banser sejatinya merupakan sosok yang berjiwa santri karena tugasnya antara lain menjaga para kiai dan ulama pesantren. 

Seperti halnya para santri, kiprah positif Banser menjaga Indonesia telah terbukti sejak puluhan tahun lalu. Di bawah kepemimpinan Yaqut, jumlah anggota Banser tumbuh sangat pesat. Saat ini jumlahnya mencapai 10 juta orang lebih yang tersebar di seluruh Indonesia dan beberapa negara lain.

Upacara peringatan Hari Santri 2023 juga dihadiri Ketua DPR Puan Maharani, Menhan Prabowo Subianto, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Mendag Zulkifli Hasan, Menteri Investasi Bahlil L, Menpan RB Abdullah Azwar Anas, Panglima TNI Yudo Margono, dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat