uefau17.com

Kontingen Indonesia di Jambore Dunia Dievakuasi ke Universitas Wonkwang, Kondisinya Sehat - News

, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, 1.500 kontingen Indonesia yang mengikuti Jambore Pramuka Dunia 2023 di Korea Selatan sudah mulai dievakuasi secara bertahap, Selasa (8/8/2023). Mereka dievakuasi di asrama Universitas Wonkwang.

"Mereka sudah mulai dievakuasi. Jadi laporan dari Pak Dubes (Korea Selatan), tadi pagi per pagi ini kontingen Indoneisa akan ditampung di Wonkwang University dormitory yang berjarak 55 kilometer dari Sae Man Geum," kata Retno di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta Selatan, Selasa (8/8/2023).

Dia menyampaikan proses pemindahan kontingen Indonesia ke Universitas Wonkwang didampingi oleh Tim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang ada di Korea Selatan. Retno menuturkan bahwa kontingen Indonesia yang mengikuti Jambore Dunia 2023 di Korea Selatan dalam kondisi sehat.

"Jadi teman-teman sudah mulai berproses dan anak-anak kita dalam kondisi sehat. Alhamdulillah mudah-mudahan seterusnya mereka selalu sehat," jelasnya.

Retno menjelaskan bahwa proses evakuasi dilakukan bertahap dengan menggunakan kurang lebih 40 bus. Menurut dia, acara Jambore Dunia 2023 sudah selesai karena antisipasi angin topan.

"Acaranya memang sudah enggak ada, karena dengan topan itu maka acaranya selesai lebih awal karena teman-teman itu harus dipindahkan," tutur Retno.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Minta Kemlu Pantau Kontingen Pramuka RI di Korea Selatan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI untuk memantau kondisi Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia yang mengikuti, Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan.

Hal itu dilakukan setelah cuaca panas yang melanda Korea Selatan saat ini menyebabkan peserta di beberapa negara mengalami masalah kesehatan.

"Saya sudah perintahkan kepada Kemlu kepada kedutaan kita untuk selalu memonitor untuk selalu memantau," kata Jokowi saat ditemui di Indonesia Arena, GBK, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Meski begitu, Jokowi telah memerintahkan agar para peserta dari Indonesia bisa dipulangkan kembali. Sebagai upaya pencegahan, walaupun kondisi cuaca di sana belum sampai indikasi membahayakan. "Sampai saat ini tidak ada yang disampaikan itu membahayakan dan kita harus apa. Membawa pulang kembali," kata Jokowi.

Sementara Inggris, Amerika Serikat, dan organisasi Singapura membuat keputusan untuk menarik peserta mereka keluar dari Jambore Pramuka Dunia 2023 di Korea, mengutip langkah-langkah yang tidak memadai untuk mengatasi panas ekstrem dan faktor lainnya, sebagian besar negara peserta lainnya telah memutuskan untuk tetap tinggal, termasuk Jerman, Swedia, dan Spanyol.

Gelombang panas yang terjadi saat Jambore Dunia ke-25 di Korea Selatan ini juga membuat konser K-Pop yang dijadwalkan pada Minggu 6 Agustus malam di perkemahan Saemangeum ditunda hingga Jumat 11 Agustus karena masalah keamanan dan cuaca panas terik.

Menteri Kebudayaan Korsel Park Bo-gyoon, seperti dikutip dari KBS, mengumumkan perubahan tersebut pada jumpa pers Minggu 6 Agustus di Saemangeum. Ia mengatakan bahwa konser tersebut akan diadakan pada malam upacara penutupan Jambore Dunia ke-25 pada hari Jumat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat