uefau17.com

Pemprov DKI Target Bebaskan 3 Lahan untuk Normalisasi Ciliwung Rampung 2024 - News

, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menargetkan pembebasan lahan di tiga titik area di sepanjang pengerjaan normalisasi Ciliwung rampung 2024.

"Jadi pokoknya kita sampai 2024 fokus dulu di Cililitan, Rawajati, sama Cawang," kata Ika di Inlet Sodetan Ciliwung, Jakarta Timur, Senin (31/7/2023).

Ika menjelaskan, berbeda dengan proyek Sodetan Ciliwung yang pembebasan lahannya merupakan wewenang Kementerian PUPR. Sedangkan, pada proyek Normalisasi Kali Ciliwung pembebasan lahannya menjadi tugas Pemprov DKI Jakarta.

"Kalau dinormalisasi Ciliwung pembebasan lahannya Pemprov DKI, fisiknya kementerian. Kalo di sodetan provinsi DKI cuman koordinasi, penetapan lokasi, nah tapi pembebasan lahan dan fisiknya ada di kementerian," jelas Ika.

Pembebasan lahan ini dilakukan untuk membangun turap atau beton pembatas di sepanjang sisi sungai untuk menahan debit air. Sebagaimana diketahui, proyek normalisasi Kali Ciliwung menjadi proyek pembangunan prioritas yang dikerjakan Pemprov DKI bersama pemerintah pusat.

"Rawajati itu 2023, Cililitan 2023, Cawang 2024," kata dia.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Sodetan Ciliwung di Jakarta Timur, Senin (31/7/2023). Dia berharap keberadaan Sodetan Ciliwung yang sudah selesai dikerjakan dapat mengurangi banjir yang ada di DKI Jakarta. Khususnya, enam kelurahan yang ada di sekitar lokasi.

"(Sodetan Ciliwung) ini bisa menyelesaikan paling tidak enam kelurahan enggak banjir lagi. Dan dengan selesainya Sodetan Ciliwung ini juga menyelesaikan banjir Jakarta," kata Jokowi saat meresmikan Sodetan Ciliwung di Jakarta Timur, Senin (31/7/2023).

Dia mengatakan bahwa penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan dari hulu sampai hilir. Untuk itu, pemerintah juga menyelesaikan pembangunan Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi di Jawa Barat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada 12 Sungai yang Perlu Ditangani

"Tahun lalu telah selesai kita bangun di Bogor yang namanya Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi, tahun 2022. Waduk Ciawi dan Waduk Sukamahi. Kemudian hari ini telah selesai dikerjakan sodetan Ciliwung," jelas Jokowi.

Kendati begitu, Jokowi menyampaikan penanganan banjir di Jakarta itu belum cukup dengan Sodetan Ciluwung saja. Menurut dia, ada 12 sungai yang perlu ditangani agar permasalahan banjir di Jakarta dapat terselesaikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat