uefau17.com

Komisi VII DPR Pastikan Akan Panggil Dirut Pertamina untuk Bahas Kebakaran Depo Plumpang - News

, Jakarta Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto mengatakan Komisi VII DPR selaku mitra BUMN-Pertamina akan meninjau lokasi kebakaran Depo Pertamina, Plumpang, Jakarta Utara.

“Komisi VII DPR RI hari Selasa tanggal 7 Maret akan meninjau lokasi kebakaran Plumpang,” jata Mulyanto saat dikonfirmasi, Senin (6/3/2023).

Komisi VII, lanjut Mulyanto, juga bakal segera memanggil Dirut Pertamina untuk meminta penjelasan terkait kasus kebakaran tersebut.

“Serta dalam waktu dekat akan memanggil Dirut Pertamina dan jajarannya untuk meminta Dirut melaporkan musibah tersebut secara komprehensif, serta menyampaikan langkah-langkah penting dan strategis ke depan, agar kasus serupa tidak terulang,” jelasnya.

Menurut Mulyanto, pemanggilan Dirut Pertamina bisa saja sebelum masa reses selesai. “Waktu pemanggilan Pertamina, dijadwalkan setelah kunjungan di atas. Jadi bisa terjadi di masa reses atau setelah reses. Ini bergsntung hasil dari kunjungan ke lokasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Mulyanto minta Pertamina fokus mengatasi kebakaran dan menangani korban dengan baik.

Mulyanto berharap meski dalam kondisi darurat Pertamina tetap dapat menyediakan pasokan BBM bagi masyarakat. Ia percaya Pertamina memiliki rencana kerja cadangan (contigency plan) yang memungkinkan pelayanan pengadaan BBM tetap berjalan meskipun terjadi musibah kebakaran di depo Plumpang.

"Pertamina perlu mengambil langkah untuk menutupi kekurangan pasokan distribusi BBM dan gas di wilayah Jabodetabek agar kegiatan ekonomi masyarakat lainnya tidak terganggu," ujar Mulyanto.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Usut Penyebab Kebakaran

Menurut Mulyanto, pihaknya memberi kesempatan Pertamina untuk fokus terlebih dahulu pada korban baru kemudian fokus kepada penyebab kebakaran.

"Kita beri kesempatan kepada Pertamina untuk menyelesaikan masalah kebakaran ini dulu. Ini lebih penting karena menyangkut keamanan dan keselamatan orang-orang yang ada di kawasan depo dan lingkungan masyarakat sekitar. Kita jangan berpolemik dulu tentang penyebab kebakaran. Masalah itu bisa kita bicarakan setelah kebakaran diselesaikan dan penanganan korban sudah dituntaskan," imbuhnya.

Untuk menghindari kejadian serupa Mulyanto minta Pertamina segera melakukan audit keamanan di semua depo dan kilang BBM. Ia menyebut kebakaran di depo dan kilang BBM Pertamina termasuk sering terjadi.

“Segera audit keamanan di semua depo dan kilang BBM. Proses pemeriksaan dan pengawasan perlu ditingkatkan. Apalagi kondisi cuaca belakangan ini sering hujan disertai kilat dan petir sehingga bisa menyebabkan kebakaran di kilang-kilang minyak,” kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat