uefau17.com

4 Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia untuk Korban Gempa Turki dan Suriah - News

, Jakarta - Bantuan kemanusiaan hingga kini terus mengalir untuk korban gempa Turki dan Suriah dari negara-negara di dunia. Ada pun bantuan tersebut salah satunya datang dari Pemerintah Indonesia.

Belum lama ini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kembali memberangkatkan bantuan logistik bagi para korban gempa. Bantuan tersebut diberangkatkan dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa, 21 Februari 2023.

Bantuan seberat 140 ton ini merupakan bantuan tahap ketiga yang dikirimkan menggunakan empat pesawat. Dimana dua pesawat untuk Turki, dua lainnya untuk Suriah. 

"Pada pagi hari ini mendampingi Presiden Joko Widodo melepas keberangkatan bantuan pemerintah Republik Indonesia untuk Turkiye dan Suriah, berisi 140 ton bahan makanan," ucap Prabowo dikutip dari siaran persnya, Selasa, 21 Februari 2023. 

"4 pesawat akan menerbangkan bantuan ini sekaligus memperkuat pesawat Hercules TNI AU yang sudah berada di sana sejak awal pasca gempa," ucap Prabowo menambahkan.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga mengirim Tim SAR, tim medis, dan rumah sakit lapangan yang sudah lebih dulu berangkat ke titik lokasi gempa di dan Suriah. Pemerintah Indonesia berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi korban bencana gempa bumi di Turki dan Suriah.

Berikut beberapa bantuan dari Pemerintah Indonesia untuk para korban gempa di Turki yang dihimpun :

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Memberangkatkan 4 Pesawat TNI AU Berisi Bantuan Kemanusiaan

Pemerintah Indonesia telah memberangkatkan empat pesawat TNI AU tambahan berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya untuk korban gempa Turki dan Suriah. Empat pesawat itu diberangkatkan melalui Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, pada Selasa, 21 Februari kemarin. 

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turut mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada pelepasan keberangkatan empat pesawat itu.

Prabowo mengungkapkan, ada empat pesawat Hercules TNI AU yang dikirimkan dan pesawat tersebut akan memperkuat yang sudah berada di Turki sejak bantual awal pemerintah Indonesia dikirimkan.

"Empat pesawat akan menerbangkan bantuan ini sekaligus memperkuat pesawat Hercules TNI Angkatan Udara yang sudah berada di sana sejak awal pascagempa," tulis Prabowo di akun Instagramnya usai pelepasan bantuan tersebut.

Sebelumnya, Indonesia telah mengirim bantuan kemanusiaan yang dikirimkan menggunakan pesawat Hercules C-130 dan Boeing 737 milik TNI AU yang dilepas Prabowo beserta jajaran pejabat negara lainnya dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, 11 Februari 2023. 

Pada misi kemanusiaan saat itu, pesawat Hercules C-130 TNI AU diarahkan oleh Prabowo untuk tetap berada di Turki usai mengirim bantuan dari Indonesia untuk membantu pemerintah Turki mengangkut bantuan logistik ke sejumlah lokasi terdampak, serta mengevakuasi para korban dan pengungsi ke wilayah yang lebih aman.

 

3 dari 5 halaman

2. Pasca Gempa Turki, Indonesia Siap Bantu Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan Indonesia akan turut membantu Turki pada masa rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa.

"Sebagaimana kita sudah biasa menangani di Indonesia, itu setelah tahap darurat bencana nanti ada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi," kata ungkap Muhadjir dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (22/2/2023).

"Dan ada kemungkinan kita juga akan tetap terlibat pada tahap nanti rehabilitasi dan rekonstruksi dan akan kita tularkan pengalaman kita menangani tahap-tahap rehabilitasi dan rekonstruksi di Indonesia," sambungnya.

Dia pun mendoakan agar seluruh korban gempa Turki bisa segera ditemukan dengan selamat. Selain itu, Muhadjir juga berharap agar seluruh rakyat dan pemerintah Turki bisa segera bangkit kembali

"Kita juga berdoa mudah-mudahan Turki, seluruh rakyat Turki dan pemerintah Turki bisa segera bangkit kembali dan menjadi lebih kuat dari yang sebelumnya," ujarnya.

4 dari 5 halaman

3. BSMI Kirim Logistik untuk Anak dan Manula Korban Gempa Turki di Kahramanmaras

Selain dari pemerintah, Organisasi Kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia atau BSMI juga mengirimkan bantuan khusus anak dan manula yang tinggal di kem pengungsian gempa Turki, di taman Ataturk, Kahramanmares, Turki. 

Bantuan ketiga ini disalurkan setelah melihat kondisi pengungsian di Taman Ataturk dimana terdapat mayoritas anak dan manula. Dari donasi yang terkumpul BSMI lalu membelanjakan kebutuhan pengungsi tersebut di pusat perbelanjaan di Provinsi Adena yang berjarak tempuh 4 jam dari Provinsi Kahramanmares.

"Anak dan manula menjadi prioritas penyaluran bantuan tahap tiga ini setelah BSMI melihat banyak sekali anak dan manula yang tinggal di pengungsian," kata Juru Bicara BSMI Hafidz Muftisany, di Kahramanmaras, Selasa 21 Februari 2023.

Bantuan yang disalurkan ini berupa popok bayi, anak, dan manula, tisu higienis, serta makanan cepat saji untuk anak.

Terdapat 4500-an pengungsi terdampak gempa di Taman Ataturk, Kahramanmares. Sepertiga dari pengungsi tersebut adalah anak dan manula. Seribuan tenda darurat dari badan penanggulangan bencana Turki AFAD, didirikan di sini. 

Tenda berukuran 3x4 meter didirikan di taman seluas dua hektare yang menampung tidak hanya warga Turki tapi juga warga dari Suriah.

5 dari 5 halaman

4. Kemhan RI dan TNI AU Bawa Perlengkapan Berat dan Ringan

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan telah mengirimkan bantuan gelombang pertama misi kemanusiaan pemerintah RI dari Lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu, 11 Februari 2023.

Misi tersebut dibawa dengan 2 pesawat TNI AU, Pesawat Boeing 737-400 membawa 47 personel Medium Urban SAR BASARNAS (MUSAR Inasar) dan perlengkapan ringan.

Kemhan RI dan TNI AU juga mengirimkan perbantuan Pesawat Hercules C-130 untuk membawa perlengkapan berat dan bantuan kemanusiaan.

 

Jeje Tampubolon 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat