uefau17.com

3 Fakta Terkait Perayaan Cap Go Meh di Kawasan Glodok Jakarta Barat - News

, Jakarta - Ada perayaan Cap Go Meh di kawasan Pancoran Glodok, Jakarta Barat pada hari ini, Minggu (5/2/2023). Kirab Toa Pe Kong dan Budaya Nusantara ada pada perayaan itu.

Guna menghindari kemacetan, arus lalu lintas (lalin) di sekitar kawasan tersebut pun dialihkan. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta membagikan rute pengalihan arus lalin di Glodok pada hari ini.

"Dalam rangka Kegiatan Cap Go Meh 2023 yaitu Kirab Toa Pe Kong dan Budaya Nusantara di kawasan Pancoran Glodok, Jakarta Barat pada Minggu (5/02/2022), Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta melakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan Pancoran Glodok," info Dishub DKI Jakarta melalui akun resminya @dishubdkijakarta, Minggu (5/2/2023).

Selain itu, Dishub DKI Jakarta juga membagikan info tentang kantong-kantong parkir bagi masyarakat yang akan menyaksikan acara perayaan Cap Go Meh tersebut. Kantong parkir ini tersebar di beberapa tempat.

Salah satu kantong parkir yang disediakan berada di Parkir Taman Kota Intan.

"Simak dengan cermat infografis ini untuk mengetahui rute Kirab Toa Pe Kong tersebut, pengaruhan arus lalu lintas yang ada serta lokasi parkir yang disediakan, ya," tulis Dishub DKI Jakarta.

Sementara itu, Kelenteng Fat Cu Kung Bio bakal mengarak 23 joli-joli pada Kirab Toa Pe Kong dan Budaya Nusantara dalam rangka festival Cap Go Meh 2023 tersebut.

"Dari joli kita punya 23 tandu semuanya berasal dari kota Jakarta dan ini merupakan sebuah kegiatan budaya karena Cap Go Meh ini merupakan pesta budaya puncak daripada perayaan Imlek," kata Ketua Pelaksana Jakarta Cap Go Meh Andre di Sekolah Ricci, Glodok, Jakarta Barat.

Berikut sederet fakta terkait perayaan Cap Go Meh di kawasan Pancoran Glodok, Jakarta Barat pada hari ini, Minggu (5/2/2023) dihimpun :

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pengalihan Arus Lalu Lintas

Ada perayaan Cap Go Meh di kawasan Pancoran Glodok, Jakarta Barat pada hari ini, Minggu (5/2/2023). Bakal ada Kirab Toa Pe Kong dan Budaya Nusantara pada perayaan itu.

Arus lalu lintas (lalin) di kawasan tersebut pun dialihkan. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta membagikan rute pengalihan arus lalin di Glodok pada hari ini.

"Dalam rangka Kegiatan Cap Go Meh 2023 yaitu Kirab Toa Pe Kong dan Budaya Nusantara di kawasan Pancoran Glodok, Jakarta Barat pada Minggu (5/02/2022), Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta melakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan Pancoran Glodok," info Dishub DKI Jakarta melalui akun resminya @dishubdkijakarta.

Lalu lintas dari arah selatan (Jalan Gajah Mada) menuju ke barat/Utara melewati Jalan Pintu Besar Selatan - Jalan Asemka - Jalan Pintu Kecil Sisi Utara - Jalan Malaka - Jalan Malaka 2 - Jalan Kopi.

Lalu lintas dari arah selatan (Jalan Gajah Mada menuju ke timur melewati Jalan Pintu Besar Selatan - Jalan Asemka - Putar balok di bawah flyover Pasar Pagi - Jalan Asemka - Jalan Jembatan Batu.

 

3 dari 4 halaman

2. Kantong Parkir Disediakan

Dishub DKI Jakarta juga membagikan info tentang kantong-kantong parkir bagi masyarakat yang akan menyaksikan acara perayaan Cap Go Meh tersebut. Kantong parkir ini tersebar di beberapa tempat.

"Dishub DKI Jakarta juga menyiapkan kantong parkir bagi #TemanDishub yang akan menghadiri kegiatan tersebut," ujarnya.

Salah satu kantong parkir yang disediakan berada di Parkir Taman Kota Intan.

"Simak dengan cermat infografis ini untuk mengetahui rute Kirab Toa Pe Kong tersebut, pengaruhan arus lalu lintas yang ada serta lokasi parkir yang disediakan, ya," tulisnya.

Berikut lokasi kantong parkir:

Parkir Taman Kota Intan

Dengan kapasitas:

Motor 900 unit

Mobil pribadi 80 unit

Bus 12

Parkir Ex-Glodok

Kapasitas:

Motor 250 unit

Mobil pribadi 150

Parkir on-street di Jalan Pinangsia Raya dan Pinangsia I

Kapasitas: Mobil pribadi 156 unit

 

4 dari 4 halaman

3. Kelenteng Fat Cu Kung Bio Mengarak Joli-Joli

Kelenteng Fat Cu Kung Bio bakal mengarak 23 joli-joli pada Kirab Toa Pe Kong dan Budaya Nusantara dalam rangka festival Cap Go Meh 2023 di Glodok, Jakarta Barat, Minggu (5/2/2023).

"Dari joli kita punya 23 tandu semuanya berasal dari kota Jakarta dan ini merupakan sebuah kegiatan budaya karena Cap Go Meh ini merupakan pesta budaya puncak daripada perayaan Imlek," kata Ketua Pelaksana Jakarta Cap Go Meh Andre di Sekolah Ricci, Glodok, Jakarta Barat, Minggu (5/2/2023).

Pantauan , 23 tandu sudah mejeng di halaman Sekolah Ricci. Para umat juga berbondong-bondong datang menggelar sembahyang jelang Kirab Tua Pe Kong dimulai.

Adapun 23 tandu rata-rata berasal dari Jakarta Barat seperti dari Vihara Khema, Bio Sian Djin Ku Poh, dan Qian Shou Kuan Im Miau. Ada pula dari Cetya Ghuan Yin Hud Couw, Jakarta Selatan.

Kirab bakal dimulai dari Sekolah Ricci pada pukul 12.45 WIB. Selain Kirab Tua Pe Kong, juga bakal ada panggung budaya yang terdapat di depan Pancoran China Town Point.

"Kita berangkat 12.45 WIB. Kita jalurnya itu menuju ke arah toko 3, perniagaan, flyover Pasar Pagi, Jalan Pintu Kecil, Pancoran nanti perkiraan kita akan melewati panggung ya perkiraan itu nanti sekitar pukul 15.00 WIB terus lanjut menuju Gapura berputar ke Vihara Dharma Bhakti balik kembali ke Sekolah Ricci dan Fat Cu Kung Bio," terangnya.

Selain joli-joli, barongsai berwarna oranye juga dan ondel-ondel juga telah standby di Sekolah Ricci. Hingga pukul 10.37 WIB ini sejumlah persiapan terus dilakukan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat