uefau17.com

Jokowi Beri Kuis Saat Bagi-Bagi Sepeda ke Pelajar di Sulut: Siapa Nama Saya? - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagi-bagikan sepeda kepada pelajar di Sulawesi Utara (Sulut). Seperti biasa, para pelajar diminta menjawab pertanyaan dari Jokowi sebelum mendapatkan sepeda.

Hal ini dilakukan Jokowi saat meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023). Saat menyapa anak-anak, Jokowi mengakui bahwa cuaca di Manado saat ini panas.

"Anak-anakku semuanya. Selamat pagi, sehat semuanya? Pagi hari ini kepanasan, ndak? Pak Presiden juga panas. Biasanya Manado itu dingin, tapi pagi hari ini panas, tapi panas yang sehat," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (19/1/2023).

Dia pun mulai memberikan sejumlah kuis dan pertanyaan kepada para pelajar sekolah yang sudah berdiri menunggunya. Pelajar itu diminta menjawab nama bendungan yang diresmikan, nama Presiden RI, hingga nama Gubernur Sulawesi Utara.

"Sekarang Pak Presiden mau bertanya kepada anak-anak yang disini. Bendungan ini namanya bendungan apa? Yang bisa maju," ucapnya.

Salah satu anak bernama Elfatah yang duduk di kelas enam Sekolah Dasar (SD) pun menjawab pertanyaan Jokowi dengan benar. Dia pun berhasil membawa pulang sepeda dari Jokowi.

"(Bendungan) Kuwil Kawangkoan," jawab anak itu.

"Betul, silakan kembali dapat sepeda. Sepedanya ada enggak ya? Dapat sepeda, sepedanya enggak ada. Di depan dulu. Oh ada," ujar Jokowi.

Kemudian, dia melempar pertanyaan soal dua fungsi bendungan. Naisal Hendar, siswa kelas Sekolah Menengah Atas (SMA) menjawab pun diberikan sepeda karena menjawab dengan benar.

"Coba yang di sana, sebutkan dua fungsi bendungan, sini maju. Satu aja sini maju," ujar Jokowi.

"Sebagai tempat penampungan air hujan," kata Hendar.

"Terus yang kedua?" tanya Jokowi kembali.

"Sebagai tempat membudidayakan ikan? Sebentar saya mau tanya Pak Menteri. Betul. Tanyanya Pak Menteri PU aja yang sering buat bendungan. Sepeda di ambil.Dah boleh turun langsung," tutur Jokowi.

Jokowi kembali melemparkan pertanyaan ketiga dengan menanyakan siapa namanya. Seorang siswa kelas lima SD bernama Galio pun menjaw nama Jokowi dengan benar dan lengkap.

"Pertanyaan ketiga, siapa nama saya?Ini udah lari duluan. Siapa nama saya?" tanya Jokowi.

"Ir Joko Widodo," ucap anak itu.

"Dapat sepeda. Sepedanya mana, belum keluar. Dah," pungkas Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi menanyakan nama Gubernur Sulawesi Utara dan Bupati Minahasa Utara. Kedua pelajar itu pun menjawab dengan benar dan mendapatkan sepeda dari Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bendungan Kuwil Kawangkoan

Jokowi menyampaikan Bendungan Kuwil Kawangkoan yang dibangun sejak 2016 ini memakan anggaran sebesar Rp1,9 triliun. Menurut dia, bendungan ini memiliki kapasitas tampung sebesar 26 juta metet kubik dengan luas genangan 157 hektare.

Ia menuturkan keberadaan bendungan ini salah satunya, untuk mengurangi banjir di Manado. Jokowi ingat betul bahwa Manado pernah mengalami banjir bandang pada tahun 2014.

"Bisa untuk pembangkuit listrik, mengurangi banjir utamanya di Manado dan juga untuk pertanian," jelasnya.

"Karena ini berada di atas Manado. Sehingga kalau tidak dihentikan di sini airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir seperti saya ingat pernah 2014 di Manado banjir bandang," sambung Jokowi.

Selain itu, kata dia, bendungan ini bisa dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. Bendungan ini disebut mampu menghasilkan tenaga listrik dua kali 0,70 Megawatt.

"Meskipun kecil, tapi bisa jadi pembangkit listrik tenaga mikro hidro," ucap Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat