uefau17.com

Cek Pengamanan Natal di Gereja Tangerang, Kapolda Metro Pastikan Tak Ada Gangguan - News

, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran mengecek kesiapan pengamanan di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Jalan Melati II, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang pada H-1 Natal 2022.

Kunjungan dilaksanakan dalam rangka Ops Lilin Jaya 2022 dan memantau kesiapan personel pengamanan Perayaan Natal di gereja-gereja wilayah hukum Polda Metro Jaya, Sabtu (24/12/2022).

Banyak hal persiapan yang dicek terkait pengamanan Natal 2022, mulai dari jumlah personel keamanan, alur masuk dan keluar jemaat, jadwal misa, termasuk situasi dalam gereja HKBP Tanah Tinggi.

“Polri sudah berkomitmen untuk melakukan pengamanan secara maksimal dalam menghadapi perayaan Natal 2022 serta memastikan tidak ada gangguan sekecil apapun di wilayah hukum Polda Metro Jaya,” katanya kepada pengurus dan pendeta di gereja tersebut.

Dalam kunjungan singkat tersebut, Kapolda Metro Jaya tampak didampingi Dir Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Badya Wijaya, Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Dandim 0506/TGR Letkol Inf Ali Imran, dan sejumlah PJU Polres Metro Tangerang Kota.

Sementara, untuk Kota Tangerang, pengecekan SOP Pengamanan di tiap gereja sudah dilakukan. Menurut Kapolrestro Tangerang, Kombes Pol Zain Nugroho, pihaknya menerjunkan kurang lebih 1.338 personel gabungan pada Nataru tahun ini, terdiri dari Polri, TNI, Mitra Kamtibmas, dan Pengamanan Dalam (Pamdal) gereja.

"Dalam pelaksanaanya kita siapkan 10 Pos pengamanan, terdiri dari 1 pos pelayanan, 7 Pos pengamanan dan 2 Pos Pantau, yang berdiri di titik-titik lokasi potensi terjadinya kerawanan," paparnya.

Ada dua kegiatan utama yang menjadi fokus pengamanan Nataru, yaitu kegiatan ibadah Misa Natal 2022 dan malam perayaan pergantian tahun baru 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polda Metro Terjunkan Tim Jibom di Gereja

Polda Metro Jaya mengerahkan Tim Penjinak Bom atau Jibom dalam rangka sterilisasi gereja menjelang perayaan Misa Natal malam ini, Sabtu (24/12/2022). Ada sebanyak 1.385 gereja di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Gereja-gereja tersebut juga kita lakukan pengamanan berikut dengan kekuatan dari Polri, TNI, dan juga masyarakat, dan juga dari pengamanan dalam atau Pamdal kita libatkan. Di samping itu juga sebelum melakukan kegiatan peribadatan, dilakukan juga sterilisasi oleh jibom untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endar Zulpan kepada wartawan.

Menurut Zulpan, Polda Metro Jaya mengerahkan 7.421 personel untuk gelaran Operasi Lilin Jaya 2022. Giat itu mencakup penanganan arus lalu lintas hingga pengamanan peribadatan Natal.

"Sebelum beribadah (diperiksa tim penjinak bom), kan tiap-tiap gereja itu kan berbeda-beda ya kegiatan Misa Natalnya," jelas dia.

Rencananya, sekitar pukul 20.00 WIB malam ini, jajaran Forkopimda DKI akan melakukan pengecekan di Gereja Katedral Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat