uefau17.com

Kemenkes Pastikan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Aman, Minta Orang Tua Tidak Ragu - News

, Jakarta Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi memastikan, vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun yang akan dimulai 24 Desember 2021 aman dan untuk melindungi dari Covid-19.

Karena itu, para orang tua tak perlu ragu anak-anaknya bisa disuntik vaksin itu. Dia menjelaskan pemberian vaksin Covid-19 untuk usia 6-11 tahun sudah melalui kajian yang matang. Selain itu, pemerintah juga sudah melakukan uji klinis. 

"Keputusan memulai vaksinasi sudah dipastikan dari sisi keamanannya serta manfaat perlindungan yang akan didapat, jadi jangan ragu untuk segera divaksin, selain itu juga melengkapi imunisasi rutin lainnya," kata Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, Minggu, 12 Desember 2021.

Dia mengatakan, vaksinasi usia 6-11 tahun itu merupakan salah satu bagian pengendalian laju penularan Covid-19. "Untuk kita tekan terus, sehingga keluar dari pandemi," tuturnya.

Nadia menambahkan, petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun itu sedang difinalisasi. Kemudian, kata dia, sosialisasinya juga sedang dilakukan. 

Di samping itu, dia mengatakan saat ini juga sedang dilakukan finalisasi petunjuk teknis sosialisasi kepada seluruh vaksinator secara berjenjang dari dinas kesehatan provinsi, kabupaten, dan kota.

"24 Desember adalah pelaksanaan pengaturan pengendalian Covid-19 selama Nataru," tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknis Pelaksaan Vaksinasi

Adapun teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun itu disesuaikan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 66/2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Sesuai kriteria Inmendagri dan pada kabupaten kota yang mencapai target vaksinasi dan juga yang sudah siap," imbuh Nadia.

Sedangkan merek vaksin Covid-19 untuk anak-anak usia 6-11 tahun itu adalah Sinovac. Karena, kata dia, baru Sinovac yang telah mengantongi izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk vaksinasi Covid-19 usia 6-11 tahun.

"Sudah kita lakukan ada 6,4 juta vaksin dan kita mendorong vaksin Sinovac ditujukan untuk anak usia 6-11 tahun dan sasaran lainnya dapat menggunakan vaksin Sinovac, jadi kita prioritas pada anak," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat