uefau17.com

Seniman Jalanan Berkumpul Luncurkan Gerakan Cinta Pancasila - News

, Jakarta - Sebanyak lebih dari 30 seniman jalanan berkumpul di pelataran parkir Basket Hall di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, Senin (1/6/2021). Dalam perkumpulan ini mereka sekaligus meluncurkan Gerakan Cinta Pancasila.

Gerakan ini berawal sebuah pertemuan terbatas dengan membahas pentingnya menghidupkan semangat dan membumikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan pada 30 Mei 2021 lalu. Munculah Gerakan Cinta Pancasila yang sekaligus dilincurkan di Hari Lahir Pancasila hari ini.

Gerakan ini juga digagas oleh Djarot Saiful Hidayat. Dia mengatakan gerakan ini merupakan salah satu wujud nyata dari gerakan pengimplementasian Pancasila.

Djarot mengatakan Pancasila bukan hanya sekadar untuk dihafalkan. Tapi juga harus diamalkan dalam bentuk tindakan.

"Acara peringatan Hari Lahir Pancasila bersama teman-teman pengamen jalanan ini baru muncul idenya saat pertemuan pada 30 Mei 2021 lalu," kata dia.

"Persiapan acara dilakukan dengan sangat kilat, tapi acara ini dapat terlaksana pada hari ini berkat gotong royong teman panitia yang bekerjasama tanpa memandang perbedaan yang mereka miliki, baik suku, agama, ras dan golongan,” tambah Djarot.

Menurut Djarot membumikan nilai-nilai Pancasila merupakan sebuah langkah yang dibutuhkan untuk mencegah paham trans-nasional yang masuk akibat globalisasi.

“Saat ini kita menghadapi persaingan global. Tak hanya dalam ekonomi dan politik, tapi juga ideologi. Masuknya ideologi-ideologi trans-nasional yang bertentangan dengan Pancasila, harus bisa kita jawab. Bagaimana menjawabnya? Dengan menunjukkan jati diri dan karakter kita sebagai bangsa Indonesia," ujarnya.

"Bahwa kita punya Pancasila, dan paling cocok dengan bangsa Indonesia, karena digali oleh Bung Karno dari nilai-nilai luhur yang dimiliki nenek moyang kita sejak zaman dahulu kala,” imbuhnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Acara Musik dan Puisi

Acara peluncuran Gerakan Cinta Pancasila sekaligus peringatan hari lahir Pancasila ini diisi beragam acara musik dan pembacaan puisi. Acara dipandu oleh Ida Arimurti dan Sonny Tulung. Tak hanya itu, acara juga diramaikan oleh maestro musik sastra Indonesia, Ananda Sukarlan.

Selain menggelar acara peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Gerakan Cinta Pancasila juga akan melanjutkan programnya dengan membuat konten-konten digital seputar nilai-nilai luhur Pancasila yang akan disebarkan di berbagai kanal media sosial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat