uefau17.com

Helikopter BNPB Angkut 214 Tes Spesimen Covid-19 dari Daerah Terisolir NTT - News

, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengangkut 214 tes spesimen Covid-19 dari daerah-daerah terisolir di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada pekan lalu melalui helikopter.

Dari seluruh 214 tes spesimen Covid-19 yang dilakukan, tercatat ada 30 spesimen dinyatakan negatif dan 184 lainnya masih dalam pengujian laboratorium. Helikopter BNPB sudah bertugas sejak terjadinya musibah bencana alam yang terjadi di sana dua tahun lalu.

"Helikopter BNPB, yang memang ditempatkan standby di home base Labuanbajo, membantu pengambilan sampel tes spesimen Covid-19 di daerah-daerah terisolir di NTT," papar Plt Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi dalam keterangan, Rabu (23/9/2020).

Helikopter BNPB ini sebelumnya digunakan untuk kesiap-siagaan bencana, evakuasi, kegiatan SAR, dan sekaligus mengawal kegiatan pariwisata di Labuanbajo.

Sejak terjadinya pandemi Covid-19 kawasan NTT yang terdiri dari kepulauan sangat sulit diakses oleh sarana transportasi karena banyak penerbangan dan kapal tidak beroperasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dropping bantuan logistik Covid-19

Selama wabah virus Corona atau Covid-19, Helikopter BNPB digunakan pula untuk melakukan dropping bantuan logistik Covid-19 dan sekaligus pulangnya membawa tes spesimen Covid-19, khususnya dari kampung-kampung yang terisolir, yang sulit dijangkau transportasi.

"Alhamdulillah kegiatan dukungan Helikopter BNPB tersebut sangat membantu masyarakat dan pemerintah daerah setempat sehingga pelayanan publik di bidang kesehatan dapat teratasi," tandas Dody.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat