uefau17.com

Muliakan Sya'ban dengan Perbanyak Baca Alquran - News

, Jakarta - Umat Islam dianjurkan memuliakan malam nisfu sya'ban. Bahkan Rasulullah memberikan pesan kepada umatnya untuk banyak beribadah pada malam ini, guna meraih cinta dan kasih sayang Ilahi.   

Salah satu amal ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam nisfu sya'ban adalah membaca Alquran. Hal ini didasarkan pada pandangan beberapa sahabat Rasulullah yang menganggap Sya'ban adalah bulannya Alquran.

Salah satunya seperti Anas bin Malik RA. Dia adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW.

Dalam riwayat Ibnu Rajab, Anas RA bercerita tentang kesibukan para Sahabat Rasulullah ketika masuk bulan Sya'ban. Salah satunya adalah membaca Alquran.

Anas bin Malik RA berkata, "Kaum Muslim ketika telah memasuki bulan Sya'ban, mereka mengambil mushaf-mushafnya kemudian membacanya. Mereka juga mengeluarkan zakat hartanya agar dapat membantu menguatkan orang fakir dan miskin untuk turut serta menunaikan puasa di bulan Ramadan."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sya'ban sebagai Bulan Alquran

Para ulama menjuluki Sya'ban sebagai bulan Alquran karena merupakan pengantar menuju Ramadan. Artinya, amalan yang dianjurkan dilakukan pada Sya'ban mirip dengan Ramadan, salah satunya memperbanyak baca Alquran.

Abu Bakar Al Balkhi membuat perumpamaan bagi Sya'ban.

"Bulan Rajab saatnya menanam. Bulan Sya'ban saatnya menyiram tanaman, dan bulan Ramadan saatnya menuai hasil."

 

Reporter: Ahmad Baiquni

Sumber: Dream.co.id

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat