uefau17.com

Youtuber China Tiba-tiba Tewas Saat Siaran Langsung Mukbang, Kerap Makan Tanpa Henti Selama 10 Jam - Lifestyle

, Jakarta - Sekali lagi bukti bahwa makan berlebihan bisa berujung kematian. Kasus terbaru dialami seorang Youtuber China berusia 24 tahun yang tiba-tiba meninggal dunia. Pan Xiaoting meninggal dunia saat sedang siaran langsung mukbang pada Minggu, 14 Juli 2024. Diyakini kematiannya diakibatkan kelebihan makan.

Menurut China News, dia biasa terlibat dalam tantangan makan ekstrem, yakni makan tanpa henti selama lebih dari 10 jam untuk disiarkan secara langsung setiap hari. Dalam satu sesi, dia akan berusaha menghabiskan lebih dari 10 kilogram makanan.

Pan bekerja sebagai pelayan sebelum memutuskan menjadi livestreamer mukbang setelah melihat bekas teman sekelasnya mendapatkan banyak uang dari membuat konten makan banyak tersebut. Dimulai dari memakan beberapa kilogram makanan sehari, tingkat konsumsinya menggelembung hingga 10 kilogram dan ia pun menjadi populer.

Dia mulai melakukan streaming langsung selama lebih dari 10 jam setiap hari. Seiring waktu, dia mendapatkan penonton dan menerima hadiah melalui streaming langsungnya.

Orangtuanya dilaporkan telah menyuruhnya berhenti siaran, dengan mengatakan bahwa uang yang ia peroleh tidak sebanding dengan kerugian yang ditimbulkannya pada tubuhnya. Namun, Pan meminta orangtuanya untuk tidak khawatir dan bersikeras bahwa dia bisa menanggung risikonya.

Kematian mendadak Pan bukanlah masalah kesehatan pertamanya karena karier mukbangnya. Dia sebelumnya dirawat di rumah sakit karena pendarahan lambung yang disebabkan oleh makan berlebihan. Meski begitu, dia kembali makan berlebihan sehari setelah dia keluar dari rumah sakit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Kematian Youtuber Mukbang Filipina

Mengutip mustsharenews.com, Jumat (19/7/2024), penonton tampaknya khawatir dan menasihatinya untuk berhenti makan sebanyak itu. Namun, dia dilaporkan mengabaikan peringatan tersebut.

Setelah kematiannya, diungkapkan bahwa kondisi perut Pan cacat berdasarkan hasil autopsi. Di dalamnya ditemukan penuh dengan makanan yang tidak tercerna. Laporan tersebut juga memperingatkan selebritas internet lainnya untuk tidak mengabaikan kesehatan mereka demi mengejar trafik.

Kematiannya telah memicu perdebatan sengit mengenai regulasi industri siaran langsung online, terutama konten makan ekstrem untuk hiburan. ABC News menerbitkan sebuah artikel pada 2023 yang memperingatkan tentang bahaya makan berlebihan terhadap kesehatan fisik dan mental seseorang.

Di tempat berbeda, kasus Youtuber mukbang meninggal mendadak juga terjadi di Filipina. Kreator konten Dongz Apatan dilaporkan meninggal dunia pada 14 Juni 2024, setelah sehari sebelumnya ia menyiarkan langsung atraksinya mukbang ayam goreng dan nasi di media sosial.

Mengutip nst.com.my, saudarinya, Leah Apatan mengumumkan kematiannya. Penyebabnya serangan jantung. Ia juga didiagnosis stroke hemoragik akibat pembekuan darah otak.

3 dari 4 halaman

Bahaya Sering Nonton Mukbang

Mukbang adalah istilah dari Bahasa Korea yang menggabungkan dua kata, yakni meongneun untuk makan dan bangsong yang berarti siaran. Konten-konten mukbang sudah muncul di Korea Selatan setidaknya sejak awal 2010an. Content creator yang membuat jenis video ini tidak terbatas dari Korsel saja, tetapi juga dari berbagai negara, termasuk Jerman, Brazil, hingga negara tercinta, Indonesia.

Mengutip kanal Health , isi video mukbang bisa bermacam-macam. Biasanya, video ini bertemakan jenis makanan tertentu, seperti sushi, pasta, atau produk dari restoran cepat saji tertentu. Beberapa content creator membuat video mukbang ASMR yang memanjakan telinga penontonnya dengan suara gigitan makanan yang renyah.

Satu hal yang selalu konsisten, yaitu video ini hanya menampilkan satu orang—atau mungkin dua, biasanya merupakan kolaborasi—yang menikmati setumpuk makanan yang seharusnya tidak bisa dikonsumsi sendiri dalam sekali duduk—karena porsinya yang tidak main-main.

Meskipun bagi beberapa orang video ini dianggap cukup menarik, pakar kesehatan mencatat bahwa sering menonton video seperti ini dapat merusak pola pikir Anda tentang makanan—terutama jika Anda memiliki gangguan makan atau pola diet yang tidak sehat. Belum lagi makanan yang ditampilkan cenderung tinggi lemak, gula, dan telah melewati berbagai pemrosesan.

4 dari 4 halaman

Alasan Mukbang Membahayakan Kesehatan Mental

Tidak ada salahnya menikmati makanan, atau bahkan menonton orang lain makan. Namun menurut ahli diet, mukbang mengambil kesenangan alami dan mengubahnya menjadi sesuatu yang berpotensi bermasalah.

"Video mukbang memberi penonton klip audiovisual dari orang-orang yang mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan," tutur Shelby Becker, RD, yang berspesialisasi dalam merawat pasien dengan gangguan makan kepada Health.

"Menormalisasi perilaku ini dapat berdampak pada orang yang memiliki gangguan makan karena dapat dilihat sebagai cara makan yang dapat diterima."

Becker juga menunjukkan bahwa ketika content creator mukbang memiliki tipe tubuh yang langsing dan merupakan idaman banyak orang, ini dapat menambah kebingungan dan rasa malu bagi orang-orang yang mungkin mengalami kenaikan berat badan akibat makan berlebihan. Padahal, video mukbang tidak menunjukkan kenyataan tidak menyenangkan tentang gangguan yang terjadi pada sistem kerja tubuh akibat makan terlalu banyak dalam waktu yang relatif singkat.

"Video-video ini mendorong konsumsi berlebihan dengan cara yang diromantisasi tanpa menyebutkan konsekuensi yang mungkin terjadi seperti sakit perut, mual, peningkatan makan emosional, dan lain sebagainya," jelas Becker.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat