uefau17.com

Alasan Raline Shah Wakili Indonesia di Festival Film Cannes Selama 3 Tahun Berturut-turut, Meski Tak Bintangi Film Apapun - Lifestyle

, Jakarta - Aktris Raline Shah selama tiga tahun berturut-turut telah mewakili Indonesia di Festival Film Cannes, atau Cannes Film Festival, ajang perfilman tahunan bergengsi yang diadakan di Cannes, Prancis. Padahal wanita 39 tahun ini vakum bermain film selama kurun waktu tersebut.

Dirinya wara-wiri di red carpet Cannes sejak 2022, merepresentasikan seni dan budaya Indonesia lewat fashion ke kancah internasional. Raline ternyata memang mewakili brand, alias mendapat sponsor untuk bisa datang ke Cannes.

Beberapa brand yang bekerja sama dengan Raline, mengakomodir keikutsertaannya di Cannes, baik dari merek kosmetik maupun perhiasan terkenal dunia. Ia pun berterima kasih kepada banyak pihak yang telah mempercayakan dirinya untuk hadir di Cannes.

Menurut Raline, sambutannya sangat baik dan banyak orang yang ditemuinya di sana merasa tertarik dengan budaya Indonesia seperti batik yang ia kenakan selama di Cannes. "Setiap tahun pengalaman aku selalu berbeda karena seiring waktu aku makin tahu potensinya untuk karier, aku juga menampilkan Indonesia dari sisi seni dan budaya," ungkap Raline saat berbincang dalam undangan intimate dengan media di Iwan Tirta Home, Jakarta Selatan, Selasa (11/6/2024). 

Ia pun sebenarnya mengaku sedang vakum selama tiga tahun lebih, di mana film terakhirnya "Orang Kaya Baru" rilis pada 2019. Tapi di samping film, sebenarnya Raline sibuk dengan berbagai aktivitas lain seperti pergi ke India untuk belajar lebih dalam tentang yoga. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilih-Pilih Tawaran Film

Namun Raline merasa orang hanya melihat hasilnya saja, sementara dirinya juga melihat prosesnya. Karena terlibat dalam sebuah film sendiri membutuhkan waktu syuting yang mungkin memakan waktu panjang. "Biasanya artis mengambil beberapa proyek film dalam setahun, tapi aku sekali setiap tahun, dan udah beberapa tahun ini vakum," kata penggemar film komedi tersebut.

Di tahun ini, Raline juga sebenarnya diajak terlibat proyek film oleh Michelle Yeoh. Raline dan aktris peraih Oscar tersebut berada dalam satu manajemen artis yaitu Artist International Group.

Selain itu jika tidak ada halangan, ia mungkin akan menerima peran menantang menjadi seorang wanita disabilitas yang berjuang untuk memperoleh keturunan dan mengadopsi anak. Tapi proyek yang sudah jelas ia lakukan dan masih dalam proses penyelesaian adalah garapan dokumenter tentang laut Indonesia. 

Wanita yang terkenal lewat film 5 Cm itu mengatakan, bahwa dirinya tipekal orang kritis saat menerima tawaran main film. Selain skenario yang menarik, harus ada pesan yang bisa disampaikan untuk penonton.

Masih banyak agenda yang menunggu Raline selepas menghadiri Cannes. Ia juga akan kembali ke India untuk spiritual journey. Raline diketahui berguru dengan Sadhguru yang merupakan yogi ternama asal India.

3 dari 4 halaman

Raline Sahah Padukan Kain dan Ulos

Raline Shah bolak-balik berpose di karpet merah dalam rangkaian acara Festival Film Cannes 2024. Pada hari penutupan, yakni Sabtu, 25 Mei 2024, ia kembali mengenakan kebaya karya desainer Indonesia, Sapto Djojokartiko.

Kali ini, Raline mengenakan kebaya berwarna putih gading yang disebut sebagai Yayi Darpana oleh sang perancang. Keluar dari pakem bahwa kebaya adalah bukaan depan, kebaya dirancang off shoulder untuk menonjolkan kalung berlian bermata zamrud dari Chopard. Barisan kancing bulat di bagian depan memberi aksen elegan pada kebaya tersebut.

Ia menambahkan kain ulos motif tumtuman berwarna pastel dari Tobatenun. Mengutip laman Karya Kreatif Indonesia, tumtuman berasal dari kata ditumtumhon dalam bahasa Batak yang berarti digenggam erat dalam bahasa Indonesia. Motif tersebut merupakan simbol ikatan antara keharmonisan dan kebahagiaan.

"Saya tetap ingin memperkenalkan kecantikan busana khas kita, terutama kebaya, di acara-acara yang kerap menjadi pusat perhatian para pemerhati dunia hiburan dan fashion. Mudah-mudahan kebaya juga bisa mendunia seperti film-film terbaik Indonesia di berbagai festival Internasional," kata Raline dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle , Senin, 27 Mei 2024.

4 dari 4 halaman

Pakai Rancangan Desainer Indonesia

Malam sebelumnya, Raline juga mengenakan kebaya rancangan Sapto dalam acara Cinema of Indonesia yang dihadiri sejumlah sineas lokal. Kebaya janggan berbordir warna putih mutiara itu dipadu dengan jarik batik keluaran Iwan Tirta. Penampilan yang simpel tapi tetap anggun itu membuatnya leluasa bergerak, termasuk bergoyang saat menyanyi bersama di tengah acara.

"Cannes Film Festival selalu memberikan inspirasi bagi para pekerja seni film seperti saya untuk berkarya lebih baik lagi. Seminggu lebih saya menjadi ‘murid’ dan belajar banyak sekali dari para pekerja seni film terbaik dari berbagai negara," ucap Raline lagi.

Raline lebih dulu mengenakan kebaya di Festival Film Cannes 2023. Saat itu, Puteri Indonesia Favorit 2008 tersebut berbalut kebaya jawa berwarna biru safir dari Maison Baaz Couture yang dipadukan dengan kain batik bermotif pucuk rebung pada Minggu, 21 Mei 2023. Kebaya itu tampak megah dengan tambahan ekor panjang dari bahan serupa menyapu lantai.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat