uefau17.com

Bukan Jokowi, Orang Pertama yang Restui Kaesang Pangarep Jadi Ketua Umum PSI Ternyata Erina Gudono - Lifestyle

, Jakarta - Keputusan Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik dengan menerima tawaran untuk menjadi ketua umum PSI pertama kali mendapat restu dari istrinya, Erina Gudono. Bahkan menurut pria kelahiran 1994 ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hanya diberitahu saja.

"Siapa orang pertama yang mas Kaesang kasih tahu pas mas Kaesang di situasi 'oke gue mau jadi ketua umum'?" tanya Putri Tanjung di podcast Ngobrol Sore Semaunya yang diunggah Sabtu, 2 Desember 2023.

"Oke restu dulu dari Erina, kalau bapak ibu apa.. apa lebih kayak ngasih tahu aja gitu," jawab Kaesang spontan.

Pasalnya menuurut dia bagaimana pun yang pertama tetap istri dulu yang harus diberitahu. "Karena aku kan sebelum jadi ketua umum PSI, aku coba salat istiqarah berkali-kali dan nggak jawaban sama sekali. Tapi ketika restu dari istri keluar, nah itulah jawaban itu langsung keluar juga gitu," ungkap anak bungsu Jokowi itu.

"Jadi kuncinya memang di istri," sambung Kaesang. 

Lalu Putri pun penasaran dengan menanyakan apa pesan Erina kepadanya setelah mengambil keputusan jadi ketua umum PSI. Kaesang pun menjawab istrinya berharap agar dia tidak setengah-setenga dan seratus persen harus bertanggung jawab dan tidak banyak bercanda, meskipun katanya masih suka bercanda.

"Kadang masih dimarahin juga, nggak boleh bercanda ya mas," Erina Gudonomengingatkan Kaesang agar serius dengan pilihannya itu. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pilih Bisnis Dibanding Politik

Di langkah awal karier politiknya Kaesang langsung menduduki jabatan sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Adapun publik selama ini cenderung mengenalnya sebagai pebisnis, Kaesang juga mendapat pertanyaan dari Putri Tanjung mana yang akan lebih dia pilih.

"Bisnis atau politik?" tanya Putri secara lantang, dikutip dari video TikTok "Ngobrol Sore Semaunya", Sabtu, 2 Desember 2023.

Pertanyaan itu dijawab Kaesang tanpa ragu, "Bisnis."

Putri juga kembali mempertanyakan, jika memang Kaesang lebih menyukai bisnis mengapa ia memilih terjun ke politik. "Ya terserah aku kan," jawab Kaesang spontan.

Putri yang penasaran lalu mendapat penjelasan dari Kaesang kalau ia mendapat pencerahan saat mengobrol dengan kakaknya, Gibran. Kaesang sendiri merasa sudah sangat cukup dengan apa yang dimilikinya bahkan hartanya cukup sampai ia punya cucu nanti.

Tapi ada satu pernyataan Gibran yang membuatnya tersadar. "Gantian yang diperkaya itu jangan diri kamu sendiri, kamu harus bantu orang lain dengan skala yang lebih gede," ujarnya. 

3 dari 4 halaman

Momen Kaesang Salah Dikenali Sebagai Gibran

Kaesang melanjutkan, kalaupun ia hanya berkecimpung di bisnis dari CSR yang dibuatnya mungkin hanya akan menjangkau sekitar ribuan orang. "Tapi kalau dalam politik bisa kayak.. walaupun enggak secara langsung membuat sebuah regulasi, karena aku sendiri kan enggak nyaleg. Tapi aku kan ada lewat temen-temen yang itu membuat impact yang gede sebenarnya buat seluruh masyarakat Indonesia," paparnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), memiliki dua putra yaitu Gibran Rakabuming yang sempat menjabat sebagai Wali Kota Surakarta dan Kaesang Pangarep yang kini merupakan Ketua Umum PSI. Walau keduanya memiliki fitur wajah yang berbeda, namun setelah lama dikenal ternyata masih ada juga yang salah memanggilnya.

Momen itu terjadi saat Kaesang Pangarep, anak ketiga Presiden Jokowi sedang mendatangi sebuah pasar. Tak sendirian, Kaesang kali itu didampingi istrinya, Erina Gudono.

Saat sedang keliling, ada seorang penjual yang menyapa Kaesang tapi justru memanggilnya dengan Gibran. "Mampir dulu mas Gibran," teriak seorang penjual di pasar tersebut yang disoraki oleh pengunjung lantaran salah sebut nama, dikutip dari akun TikTok @wongegibran, diunggah pada 21 November 2023.

"Saya Kaesang, saya bukan cawapres pak.. saya bukan cawapres, saya adalah ketua umum," sambung Kaesang spontan. 

4 dari 4 halaman

Blusukan hingga Papua

Erina yang tak lepas menggandeng tangan Kaesang terlihat tersenyum dan sedikit nyengir saat tahu suaminya salah dikenali. Sementara Kaesang yang membawa boneka Teddy Bear hanya bersikap santai.

Warganet yang menonton video tersebut pun merespons dengan beragam komentar. "Tiba-tiba keinget Irfan Hakin salah orang, yang nikah Kaesang yang diselametin Gibran wkwkw," tulis seorang warganet.

"Kaesang takut dicium bapak-bapak karena dianggap mas Gibran," sambung yang lain. 

"Dari dulu nggak bisa bedain yang mana mas Gibran dan Kaesang," ungkap warganet lainnya.

"Tas lu kenapa beruang Kaesang," tanya warganet.

Mengutip dari kanal Pemilu , Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep sudah melakukan safari politik ke banyak wilayah di Indonesia. Dia juga memilih gaya blusukan untuk menyapa masyarakat, khususnya di Papua.

Putra ketiga Jokowi ini memilih blusukan ke Pasar Yotefa Awiyo, Jayapura pada Senin 27 November 2023. Kaesang pun tampak berbincang dengan salah seorang pedagang buah yang ada di pasar. Dia juga terlihat membeli dagangan milik beberapa pedagang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat