uefau17.com

Profil Keyla Azzahra Purnama, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2023 di HUT ke-78 RI - Lifestyle

, Jakarta - Upacara Penurunan Bendera Merah Putih HUT RI ke-78 telah digelar di Istana Merdeka pada Kamis sore, 17 Agustus 2023. Keyla Azzahrah Purnama asal Sumatera Selatan dipercaya menjadi salah satu pembawa baki Paskibraka Nasional 2023.

"Adapun yang bertugas membawa baki dalam penurunan bendera sore ini Keyla Azzahra Purnama," kata tim protokoler dalam siaran langsung Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih, 17 Agustus 2023 dipantau lewat Youtube Sekretariat Presiden.

Mengutip dari laman Health , Keyla Azzahrah Purnama bertugas sebagai pembawa baki berisi bendera merah putih untuk diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore tadi. Pembawa baki pada upacara penurunan bendera HUT RI ke-78 ini adalah dara kelahiran Lubublinggau pada 10 Septmber 2007.

Mengenai profil Keyla Azzahra Purnama, diketahui ia merupakan siswi SMA Negeri 4 Lubuklinggau. Ia menerima bendera yang diturunkan oleh Paskibraka Nasional 2023 Frans Timothy Prawira Siallagan dari Lampung bersama Made Guruh Anggara Putra dari Bali serta Raja Siam Al Ghiffary Panjiyoga yang merupakan perwakilan Jawa Barat.

Setelah bendera merah putih diterima di atas baki yang dibawanya Keyla, ia menuju ke arah Presiden Jokowi. Tampak Keyla melakukan baris-berbaris dengan rapi dan tegap.

Sebagai Paskibraka Nasional, Keyla juga menjalankan tugasnya sebagai pembawa baki dengan mulus. Terlihat ia naik ke atas podium dengan baik sembari memberikan baki berisi bendera ke Presiden Jokowi. Begitu pun ketika turun tangga podium, Keyla berhasil menjalankan tugasnya dengan lancar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tim Paskibraka Nasional Penurunan Bendera

Diketahui selain Keyla Azzahra Purnama terdapat tiga orang lainnya dari Tim Indonesia Jaya yang bertugas untuk menurunkan bendera. Mereka adalah Frans Timothy Prawira Siallagan sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Lampung, Made Guruh Anggara Putra sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Bali, dan Raja Shiam Al Ghiffary Panjiyoga sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, mengutip kanal News , bertindak sebagai Komandan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih adalah Kombes Pol Dr. Victor Dean Mackbon, S.H., S.I.K., M.H., M.Si. Sekarang ini, ia menjabat sebagai Kapolresta Jayapura Kota Polda Papua.

Adapun yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Pom Herlan Auriza, S.S.T.Han., yang saat ini bertugas sebagai Danunitpom Puspomau. Brigadir Jenderal TNI Arkamelvi Karmani kembali bertindak sebagai Perwira Upacara pada sore hari ini.

Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1989 yang lahir di Jakarta, pada 10 Februari 1967. Sekarang ini ia menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta. 

 

3 dari 4 halaman

Pembawa Baki Saat Pengibaran Bendera

Adapun pembawa baki yang bertugas pada Upacara Peringatan HUT RI ke-78 adalah Lilly Indiani Suparman Wenda. Keberadaan sosok Lilly Indiani dari tim Paskibraka Nasional 2023 sebagai pembawa baki jadi momen yang begitu bersejarah.

Hal i ni lantaran selama 10 tahun terakhir, pembawa baki untuk Upacara Peringatan HUT RI tidak berasal dari Papua. Lilly Indiani Suparman Wenda adalah siswi yang tengah menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena.

Diketahui, Lilly Indiani yang menjadi perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan. Lilly bernama lengkap Lilly Indiani Suparman Wenda. Dia dikukuhkan sebagai salah satu petugas Paskibraka Nasional 2023 oleh Presiden Jokowi.

Lily mewakili wilayah Provinsi Papua Pegunungan dan menjadi perwakilan pertama dari provinsi tersebut mengingat Provinsi Papua Pegunungan baru berdiri setelah dilakukan pemekaran. Lilly adalah salah satu siswi dari SMA Negeri 1 Wamena yang ada di Provinsi Papua Pegunungan.

Sekarang ini, Lilly masih berusia 16 tahun. Dia lahir pada 15 Mei 2007 di Wamena, Papua.

4 dari 4 halaman

Sepatu Lilly Sempat Copot

Sebelum masa pengukuhan sebagai tim paskibraka nasional, Lilly menyampaikan rasa sangat bangga serta bahagia karena bisa menjadi anggota Paskibraka 2023. Lily juga tak menyangka saat berlatih membawa baki sempat dilihat langsung oleh Presiden Joko Widodo serta Ibu Iriana.

"Bangga sekali, sangat senang. Pas bawa baki juga itu enggak tahu kalau ada Pak Presiden di atas juga, terus pas di bawah baru kelihatan kalau ada. Jadi senang banget Pak Presiden bisa nonton langsung," sebutnya saat itu.

Ada sekitar 76 pelajar yang menjadi anggota Paskibraka Nasional 2023 dari perwakilan 38 Provinsi. Adapun Lilly Indiani mewakili Provinsi Papua Pegunungan bersama Mahardhika Benhill Wapai.

Ada kejadian tak terduga saat ia membawa baki bendera. Sepatu yang dipakai Lilly Indiani Suparman Wenda tiba-tiba copot usai membawa bendera ke tengah lapangan dan hendak menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lilly Indiani Suparman Wenda pun harus menghadap Jokowi dengan membawa baki tanpa sepatu di kaki kirinya. Wanita asal Papua Pegunungan itu pun harus berjalan kembali mengelilingi lapangan upacara tanpa sepatu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat