uefau17.com

Alasan Miss Universe 2022 R'Bonney Gabriel Menolak Cicip Rawon, Sup Terbaik di Dunia Versi TasteAtlas - Lifestyle

, Jakarta - Dijadwalkan menghadiri malam puncak Miss Universe Indonesia 2023, Kamis (3/8/2023), Miss Universe 2022 R'Bonney Gabriel telah tiba di Indonesia. Di akun Instagram-nya, ia berbagi Story, meminta para pengikut menanyakannya tentang apapun.

Alih-alih bertanya, di antaranya ada yang menyarakan perempuan Amerika Serikat (AS) ini mencicip rawon, sajian yang dinobatkan TasteAtlas sebagai sup terbaik di dunia. Namun, Gabriel dengan sopan menolaknya, menulis, "Saya hanya makan seafood dan ikan. I'm pescatarian." Apa itu?

Melansir Healthline, Kamis (3/8/2023), pescatarian adalah seseorang yang menambahkan ikan dan makanan laut ke dalam pola makan vegetarian. Beberapa pescatarian mungkin makan telur dan susu, sementara yang lain tidak.

"Ada banyak alasan orang memilih tidak makan daging merah dan unggas, tapi tetap makan ikan," catatnya. "Itu salah satunya agar mereka bisa mendapat manfaat kesehatan dari pola makan nabati plus ikan yang menyehatkan jantung."

Sederhananya, pescatarian adalah seseorang yang tidak makan daging merah atau unggas, tapi makan ikan dan makanan laut. Menurut penelitian, pescatarian seperti Gabrierl juga bisa mendapatkan banyak manfaat perlindungan dari diet tersebut.

Satu studi menemukan bahwa wanita pescatarian mencatat kenaikan berat badan 1,1 kilogram lebih sedikit setiap tahun dibandingkan perempuan yang makan daging. "Orang-orang yang mengubah pola makan mereka ke arah nabati memang mencatat kenaikan berat badan paling sedikit," katanya.

Studi lain menyimpulkan bahwa pescatarian memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes, sebesar 4,8 persen, dibandingkan dengan omnivora sebesar 7,6 persen. Satu penelitian berbeda mencatat pescatarian memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung 22 persen lebih rendah dibandingkan pemakan daging.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rawon Sebagai Sup Terbaik di Dunia

Karena rawon secara tradisional berbahan daging sapi maupun ayam, Gabriel tidak bisa mengonsumsinya. Sebagaimana telah disinggung, makanan dengan bumbu khas berupa kluwek ini berada di posisi pertama dalam daftar sup terbaik di dunia versi TasteAtlas yang telah diperbarui pada 24 April 2023.

Rawon, yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur, meraih 4,8 dari 5 bintang. TasteAtlas menulis sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan bersama bahan tradisional Indonesia lain, seperti daun jeruk, serai, jahe, dan cabai.

"Namun, elemen kuncinya adalah buah kluwek, biji hitam Indonesia. Bumbu Indonesia yang tidak biasa ini sangat beracun saat mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi," lanjut laman tersebut.

TasteAtlas juga menulis, "Itu digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberi hidangan rasa yang bersahaja dan asam, serta warna hitam gelap yang unik. Asal muasal sajian tersebut diyakini dari kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur."

Disertakan pula beberapa rekomendasi tempat untuk menyantap rawon, mulai dari di kawasan Surabaya, Malang, hingga Jakarta Selatan.

3 dari 4 halaman

Babak Preliminary Competition

Sementara itu, menjelang final yang akan berlangsung malam ini, Miss Universe Indonesia 2023 telah menyelenggarakan babak preliminary competition di hari ke-9 bootcamp di Sari Pacific Jakarta, Sabtu, 29 Juli 2023. Mengusung tema klasik wayang berpadu nuansa kontemporer, babak preliminary competition dihadiri pemilik lisensi Miss Universe Indonesia, Poppy Capella, yang memberi apresiasi positif, lapor kanal Showbiz  per 1 Agustus 2023.

Provincial Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat, Rizky Ananda Musa, juga hadir untuk mendukung tiga finalis Jawa Barat. "Di pengujung preliminary Miss Universe Indonesia 2023 tempo hari, sejumlah peserta dari 30 finalis dapat penghargaan untuk kategori berbeda," sebutnya.

Kategori yang dimaksud antara lain Top Model (best catwalk), Influencer, Best Advocacy in Social Issues and Society, Inspirational (Best speech), serta Leadership (Best in Classes: Most Intelligent Participation and Enthusiasm).

"Selain itu, ada juga Most Stylist, Confidently Beautiful, Picturesque, Queen of Hearts, and Radiant Skin. Finalis Jawa Barat yang menang dalam penghargaan tersebut, yaitu Muthia Fatika Rachman (dalam kategori) Most Stylist," ujar dia.

4 dari 4 halaman

Menuju Malam Final Miss Universe Indonesia 2023

Disebutkan pula bahwa saat sesi Evening Gown, para finalis Miss Universe Indonesia 2023 berjalan di atas podium, memerlihatkan aura kecantikan berbinar kala tampil dengan perpaduan busana Jawa Modern.

"Tema Miss Universe Indonesia 2023 ini sangat mencerminkan hati Indonesia, yang mana merupakan perpaduan indah antara tradisi dan kemodernan," kata National Director Miss Universe Indonesia 2023 Poppy Capella, lapor kanal Showbiz  per 29 Juli 2023.

Sebelum ini selama dua pekan, 30 finalis Miss Universe Indonesia telah menjalani karantina. Eldwen Wang selaku CEO Miss Universe Indonesia, menyebut karantina para finalis diisi beragam pelatihan.  Bukan hanya soal kecantikan, pelatihan skill tambahan lain juga akan diberikan demi bisa mencetak sosok terbaik untuk nantinya bersaing di kancah global.

"Ada training beauty camp, lalu ada workshop soal posing, pelatihan public speaking. Pokoknya kita pupuk mereka agar bisa bersiap di kancah internasional nanti," ia menyebut.

Malam Grand Final Miss Universe Indonesia 2023 akan diselenggarakan di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol, hari ini. Acara puncak tersebut akan dimeriahkan penampilan penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) dan Fabio Asher. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat