uefau17.com

TikToker Hitung Jumlah Anggukan Jokowi Saat Lewat Jalanan Rusak di Lampung Pakai Rumus Fisika - Lifestyle

, Jakarta - Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Lampung, pekan lalu, masih terus jadi topik hangat perbincangan publik dunia maya. Dalam ekstensinya, salah satu TikToker bahkan menghitung jumlah anggukan Jokowi saat melewati jalanan rusak di Lampung menggunakan rumus fisika.

Dalam unggahan akun TikTok @wemuri92, baru-baru ini, ia berkata, "Percaya enggak sih gue bisa ngajarin lu fisika pakai dengan menggunakan video ini?" Rekaman singkat berdurasi 51 detik itu kemudian memperlihatkan klip Jokowi berada dalam mobil saat melewati jalan rusak di Lampung.

Wegi berkata, "Dari anggukan badan dan kepala pak Jokowi, itu bisa kelihatan jalan itu membentuk sebuah gelombang transversal. Nah, selama 2,6 detik, ternyata turun-naik badan pak Jokowi itu membentuk 2,5 gelombang."

"Dari gelombang sama waktu perjalanannya ini kita bisa cari frekuensinya dengan cara membagi jumlah gelombangnya yang 2,5 dibagi 2,64, dan hasilnya adalah 0,95 Hz atau kita bisa buletin jadi 1 Hz. Nah, kalau gue bilang frekuensinya 1 Hz, berarti itu akan ada satu gelombang per detik atau akan jalan, satu kali ngangguk, satu detik," paparnya.

"Berarti kalau lu jalan di sana selama satu jam, berarti lu akan 3.600 ngangguk. Gegar otak enggak tuh?" tandasnya. Video hitungan rumus fisika ini pun menuai banyak komentar publik, dengan salah satunya menulis, "Fisika itu berguna untuk kehidupan sehari-hari, tapi gue enggak sadar."

"Bayangkan kita belajar fisika dulu kek gini," sambung yang lain di kolom komentar video yang mencatat 600 ribuan penayangan saat artikel ini ditulis.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tingkat Kemiringan Jilbab Kadinkes Lampung Reihana

Sebelumnya, Wegi juga sempat menghitung tingkat kemiringan jilbab Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung Reihana. Di video TikTok-nya, beberapa waktu lalu, ia mengukur setiap sisi jilbab Kadinkes Lampung itu menggunakan program Microsoft Word.

"Karena penasaran, lebih ke kurang kerjaan sih ya, gua coba convert ke word dan gua ruler, ternyata alasnya 35 cm dan tingginya 38 cm," ungkap Wegi, dikutip dari video unggahannya pada 23 April 2023.

Setelah itu, ia membuat ilustrasi hijab Reihana jadi segitiga siku-siku tepat di alisnya. Dengan begitu, TikTok ini bisa dihitung sisi miring dari jilbab tersebut menggunakan rumus pitagoras. 

"Maka lu akan dapat sisi miringnya dengan akar dari 38 kuadrat ditambah 17,5 kuadrat. Sehingga lu akan dapat akar dari 1.750,25 itu 41,83 cm. Jadi tingginya sekitar 38 cm dengan kemiringan sekitar 41 cm," terangnya.

"Kalau di segitiga sendiri, semakin jauh jarak dari puncak segitiga dan alas segitiganya berarti kalau dalam kasus ibu ini kesimpulannya apa?" kata Wegi mengakhiri videonya.

Warganet yang menonton video itu mengaku terhibur sampai berkelakar perhitungan itu bisa masuk jadi soal tes Perguruan Tinggi Negeri maupun CPNS. Ada pula yang penasaran karena Wegi tidak menyampaikan kesimpulannya dan berharap ada video lanjutannya.

 

3 dari 4 halaman

Pemerintah Pusat Ambil Alih

Sementara itu, kanal Bisnis  melaporkan bahwa Jokowi langsung meninjau beberapa ruas jalan rusak di Lampung pada 5 Mei 2023. Setelah peninjauan tersebut, ia memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono mengambil alih perbaikan jalan rusak di Lampung.

"Tapi karena kerusakan jalan daerah ini memang sudah lama, perbaikannya akan diambil alih pemerintah pusat. Tahun ini, khusus untuk Lampung, pemerintah pusat akan mengucurkan anggaran kurang lebih Rp800 miliar untuk (perbaikan) 15 ruas jalan daerah," kata Jokowi.

Basuki menyambung, perbaikan jalan daerah itu sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan daerah yang telah dikeluarkan presiden pada Maret 2023. Inpres Jalan Daerah bertujuan menangani jalan-jalan non-nasional yang rusak dan meningkatkan kemantapan jalan daerah di seluruh Indonesia melalui bantuan APBN.

"Kita akan segera laksanakan perintah bapak presiden dengan memulai tender pekerjaan pada Mei 2023 ini. Jadi, Juni (2023) sudah bisa mulai diperbaiki kondisi jalannya," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Sabtu, 6 Mei 2023.

 

4 dari 4 halaman

Perbaikan Jalan Rusak di Lampung

Menurut data 2022, Provinsi Lampung memiliki 99 ruas jalan provinsi sepanjang 1.693 km, dengan kondisi mantap 77 persen dan 6.591 ruas jalan kabupaten sepanjang 17.774 km dengan kondisi mantap 50 persen. Adapun jalan nasional di Lampung sepanjang 1.298 km dengan kemantapan 95 persen.

Saat ini, ada 15 ruas jalan daerah di Lampung yang telah diusulkan untuk dapat ditangani melalui Inpres Jalan Daerah, termasuk ruas Kota Gajah-Simpang Randu. Ruas sepanjang 29 km tersebut merupakan jalan provinsi sebagai penghubung lintas tengah dan lintas timur Trans Sumatra di Provinsi Lampung yang mendukung kawasan pertanian dan tambak udang.

"Masyarakat harus tahu ada tanggung jawab jalan nasional itu di pemerinntah pusat. Jalan provinsi itu ada di gubernur, jalan kabupaten itu di bupati dan walikota," jelas Jokowi saat mengecek jalan rusak parah di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Jumat, 5 Mei 2023.

Ia menyambung, "Ini pokoknya yang rusak sampai ke (Kabupaten) Rumbia atau sampai mana yang rusak parah, sudah, kita perbaiki."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat