uefau17.com

Sejarah Kelinci dan Telur Paskah, Apa Maknanya? - Lifestyle

, Jakarta - Paskah adalah festival Kristen yang penting bagi umat Kristen untuk merayakan kebangkitan Yesus Kristus. Alkitab mengatakan bahwa Yesus mati di kayu salib pada hari yang disebut Jumat Agung. Menurut Alkitab, Yesus dibangkitkan dan hidup kembali pada Minggu Paskah.

Paskah dirayakan pada tanggal yang berbeda setiap tahun, antara 21 Maret dan 25 April, tergantung waktu bulan purnama di musim semi. Tahun ini, paskah dirayakan pada Minggu, 9 April 2023.

Banyak orang Kristen biasanya menghabiskan waktu di gereja untuk berpikir, berdoa, dan merayakan kehidupan Yesus Kristus, dan mungkin berkumpul dengan teman dan keluarga untuk jamuan makan khusus. Paskah juga adalah perayaan yang sempurna untuk menyatukan keluarga untuk bersenang-senang. 

Sebagian besar simbolisme festival Kristen diambil dari aspek yang tidak ditampilkan dalam alkitab. Untuk perayaan paskah, simbol itu adalah kelinci paskah dan telur paskah.

Dikutip dari Diario AS pada Minggu, 9 April 2023, tradisi menyembunyikan telur saat Paskah diyakini berasal dari festival musim semi pagan yang merayakan kehidupan baru, titik balik musim semi, dan awal yang baru. Selama festival ini, telur dihias dan diberikan sebagai hadiah untuk melambangkan kelahiran kembali alam setelah musim dingin.

Ketika agama Kristen tumbuh di Eropa pada abad ke-1, festival pagan diadaptasi oleh agama baru tersebut. Cangkang telur dipandang sebagai simbol makam tempat Yesus muncul, sedangkan telur melambangkan kehidupan baru.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Telur Paskah

Mendekorasi telur Paskah adalah tradisi yang sudah ada setidaknya sejak abad ke-13. Salah satu penjelasan untuk kebiasaan ini adalah bahwa telur dulunya merupakan makanan yang dilarang dimakan oleh para pemimpin gereja selama seminggu menjelang Paskah (dikenal sebagai Pekan Suci). 

Sebagai gantinya, orang akan melukis dan menghiasnya untuk menandai berakhirnya masa penebusan dosa dan puasa, kemudian memakannya pada hari Paskah sebagai perayaan. Setiap telur yang diletakkan minggu itu disimpan dan dihias untuk dijadikan telur Pekan Suci, yang kemudian diberikan kepada anak-anak sebagai hadiah.

Seiring waktu, tradisi menghias dan menyembunyikan telur saat Paskah menjadi populer di kalangan umat Kristiani, dan tetap menjadi bagian penting dari perayaan Paskah di banyak budaya di seluruh dunia. Saat ini, banyak keluarga dan komunitas terus menyembunyikan telur untuk ditemukan anak-anak, seringkali sebagai bagian dari perburuan telur Paskah atau kegiatan perayaan lainnya.

Orang Victoria mengadaptasi tradisi dengan telur karton berlapis satin yang diisi dengan hadiah Paskah. Hingga saat ini, telur paskah biasanya terbuat dari cokelat. Dikutip dari BBC, telur cokelat pertama kali muncul di Prancis dan Jerman pada abad ke-19, tetapi rasanya pahit dan keras.

3 dari 4 halaman

Kelinci yang Bertelur

Saat teknik pembuatan cokelat meningkat, telur berongga seperti yang kita miliki saat ini dikembangkan. Mereka dengan cepat menjadi populer dan tetap menjadi tradisi favorit pecinta cokelat saat ini. Telur Paskah cokelat pertama yang dijual di Inggris dirilis pada tahun 1873 oleh perusahaan Fry's.

Sementara itu, tradisi kelinci paskah diyakini berasal dari Jerman pada abad ke-17. Menurut legenda, seekor kelinci akan bertelur dan menyembunyikannya di rerumputan untuk ditemukan anak-anak selama musim Paskah. 

Imigran Jerman yang menetap di Pennsylvania membawa tradisi ini ke Amerika Serikat pada abad ke-18 atau sekitar 1700an, di mana tradisi ini dipopulerkan dan berkembang menjadi kelinci Paskah yang kita kenal sekarang. Mereka membawa tradisi kelinci bertelur mereka yang disebut "Osterhase" atau "Oschter Haws". Anak-anak mereka membuat sarang tempat makhluk ini bisa bertelur. 

Kebiasaan itu menyebar ke seluruh Amerika Serikat dan bayi Paskah kelinci yang melegenda itu meluas hingga mencakup cokelat dan jenis permen dan hadiah lainnya, sementara sarang mereka kini diganti oleh keranjang yang dihias. Selain itu, anak-anak sering meninggalkan wortel untuk kelinci kalau-kalau dia lapar karena melompat-lompat.

4 dari 4 halaman

Simbol Kehidupan Baru

Legenda mengatakan bahwa Kelinci Paskah bertelur, menghias, dan menyembunyikan telur untuk anak-anak yang baik, karena itu juga merupakan simbol kehidupan baru. Inilah mengapa beberapa anak mungkin menikmati berburu telur Paskah sebagai bagian dari festival.

Di daerah lain, telur paskah dikirim oleh binatang yang berbeda. Misalnya di Swiss, telur Paskah dianggap dikirim oleh burung kukuk dan di beberapa bagian Jerman oleh rubah.

Kelinci Paskah tidak ada dalam Alkitab dan tidak ada kaitannya dengan kisah kebangkitan Yesus yang dirayakan umat Kristiani pada hari Minggu Paskah . Kelinci, bersama dengan telur Paskah, adalah simbol umum musim semi dan pembaharuan yang telah terintegrasi ke dalam perayaan hari raya selama berabad-abad.

Simbol-simbol ini memang memiliki ikatan dengan seni dan tradisi Kristen. Kelinci telah lama diasosiasikan dengan ibu Yesus, Maria. Lukisan abad ke-16 "The Madonna of the Rabbit" karya seniman Italia Titian, misalnya, memperlihatkan Maria dengan kelinci putih di sisinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat