uefau17.com

Kupas Tuntas Pemilihan Cat Dinding Sambut Lebaran 2023 - Lifestyle

, Jakarta - Ada banyak kebiasaan mengakar di momen menyambut Lebaran. Satu di antaranya yang hampir tidak pernah absen dari tahun ke tahun adalah berbenah rumah. Dalam implementasinya, lumrah untuk publik mengganti warna cat dinding tempat tinggal mereka.

Pasalnya, rumah akan jadi tempat kumpul keluarga di momen Idul Fitri nan hangat. Merepresentasi nuansa itu, Niluh Putu Ayu Setiawati, kepala pemasaran PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), menyarankan memilih warna-warna Bumi.

"Melalui kampanye 'Warnai Kebersamaan,' (kami memperkenalkan) satu varian warna cokelat khaki. Arahnya lebih ke warna earth tone, warna alam," katanya pada  ketika ditemui di momen buka puasa bersama di bilangan Jakarta Pusat, Rabu, 5 April 2023.

Merujuk pada pernyataan Ayu, Anda bisa menyempitkan pilihan ke kategori "The Raw" dalam rangkaian 2023 Colour of the Year bertajuk "Wild Wonder" yang disusun pihaknya. Mempersembahkan brown shades, dalam kategori itu ada "Bark" untuk yang paling gelap, sampai pilihan paling cerah di "Quiet Hideaway."

"Tapi, pemilihan warna cat dinding ini sebenarnya kembali lagi ke si pemilik rumah. Suasana seperti apa yang ingin dihadirkan," sebut Ayu. "Kalau mau lihat rekomendasi warna lain dari 'Wild Wonder,' ada di Instagram kami."

Selain The Raw, ada juga The Lush, The Buzz, dan The Flow. "Kalau saya pribadi suka warna-warna 'The Buzz' karena energik. Tapi, kalau yang ingin lebih tenang di dalam rumah di momen Lebaran 2023, bisa pilih warna bright blue dari (kategori) 'The Flow,'" ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cat Dinding Interior

Memilih cat dinding, apalagi dalam pilihan cukup banyak, bisa jadi satu hal yang menantang. Karena itu, Ayu menyarankan untuk datang langsung guna melihat warna cat dinding incaran Anda. "Jadi, bisa lihat kalau di gambar warnanya bagaimana, aslinya saat diaplikasikan seperti apa," katanya.

Ia menyambung, "Kami sendiri sudah punya dua Dulux Experience Store. Satu di Toko Madju, Kalimalang, lalu Toko Sumber Mas Jaya, Bintaro. Di toko-toko cat terdekat, kami juga ada hadiah dan promosi tertentu selama Ramadhan."

Walau silaturahmi akan dilakukan lebih banyak di rumah, Ayu berkata, bukan berati tampilan cat eksterior tidak penting. "Kalau (cat dinding) interior, kita punya Dulux Pentalite. Kemudian, kalau mau ada fungsi proteksi, selain juga estetika, ada Dulux EasyClean," ia memaparkan.

"Kemudian, kalau mau ada tekstur seperti marbel, bisa pilih Dulux Ambiance," imbuhnya. "Tapi, untuk Lebaran, Dulux EasyClean yang paling okay karena bisa langsung dilap saat terkena noda. Sudah ada fitur anti-bakteri dan anti-virusnya juga."

 

3 dari 4 halaman

Cat Dinding Eksterior

Sementara, untuk cat dinding eksterior, ia menyarankan Dulux Weathershield Powerflexx. Dalam pengaplikasian, jika tidak ingin dilakukan sendiri, Ayu juga mempersilakan konsumen mengakses laman perusahaan mereka untuk mendapat kontak pengecat profesional.

"Kami punya rekomendasi tenaga pengecat yang sudah tersertifikasi," klaimnya.

Yudhy Aryanto, country commercial head PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), berkata, "Kami yakin kekuatan cat bisa mentransformasi kehidupan karena warna memainkan peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan."

"Cat Dulux banyak digunakan untuk mendekorasi ulang rumah, apartemen, bangunan, bahkan rumah-rumah ibadah," ia menyambung. "Secara umum, beberapa warna yang biasanya mencerminkan semangat bulan Ramadhan antara lain warna putih yang melambangkan kesucian dan kedamaian, warna kuning yang memberikan efek menyenangkan dan energi ke dalam bangunan, serta warna hijau yang terkesan natural dan hangat."

Merefleksi semangat Ramadan, kata Yudhy, pihaknya ingin mengubah kehidupan masyarakat melalui warna.

4 dari 4 halaman

Program Let's Color

Gagasan itu sebenarnya sudah dibawa pihaknya sebelum Ramadhan melalui kampanye "Let's Color." Program ini di Indonesia dimulai pada 2016 dan hingga saat ini telah diadakan di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Palembang, Salatiga, Padang, dan Mataram.

Dalam kerja sama mereka dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemeparekraf), mereka terlibat dalam "transformasi" desa wisata. Yang terbaru, mereka telah melakukan pengecatan di kawasan Suryatmajan di Yogyakarta.

Program Let’s Colour di Suryatmajan menghadirkan pesona baru berupa lukisan mural yang indah dan berwarna-warni. Sebelumnya di Padang, kekuatan cat juga "meningkatkan kehidupan masyarakatnya," dengan pengecatan kembali kawasan Kota Tua Padang dan memberikan warna pada Jembatan Siti Nurbaya pada November 2022.

Ketika ditanya desa wisata mana lagi yang akan dijangkau selama tahun ini, Yudhy menjawab, "masih dalam penjajakan." "Selain melihat kemampuan kami, kami juga ingin mengikutsertakan komunitas lokal," katanya.

"Jadi, tidak hanya menyumbang cat, sudah, tapi mau lihat semangat komunitas di sana, sampai mana inisiatif mereka supaya bisa terus berdaya," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat