uefau17.com

Bocoran Gaun Penobatan Permaisuri Camilla, Dirancang Desainer Favorit Putri Diana - Lifestyle

, Jakarta - Permaisuri Camilla dikabarkan memilih desainer favorit Putri Diana untuk membuat gaun penobatannya. Bruce Oldfield dilaporkan diam-diam bekerja untuk Camilla setelah mereka jadi "teman dekat."

Santer beredar kabar bahwa Camilla akan memakai busana rancangan Oldfield saat ia dimahkotai di sebelah Raja Charles III di Westminster Abbey pada 6 Mei 2023. Terkait kabar ini, sang desainer tidak banyak berkomentar, hanya menjawab pertanyaan dengan, "Apa yang bisa saya katakan?" dikutip dari The Sun, Jumat (24/2/2023).

Tapi, orang dalam mengatakan pada The Sun, "Camilla memiliki persahabatan yang sangat dekat dengan Bruce selama bertahun-tahun sehingga dalam banyak hal, itu adalah pilihan yang wajar dan jelas. Camilla memercayai Bruce karena ia benar-benar mengirimkan gaun untuk begitu banyak acara penting baru-baru ini untuknya."

Oldfield tercatat merancang beberapa gaun paling ikonis yang dikenakan Putri Diana saat mereka jadi sahabat dekat di tahun 1980-an. Sejak saat itu, ia telah mendandani para artis papan atas, termasuk Kim Kardashian, Rihanna, dan Taylor Swift, serta membantu mendesain ulang seragam McDonald's.

Desainer berusia 72 tahun ini lahir di "keluarga yang berantakan," dari seorang ibu Irlandia dan ayah Jamaika. Bruce Oldfield menghabiskan enam bulan pertama hidupnya di Rumah Sakit Anak Great Ormond Street karena mengidap gastroenteritis. Ia diasuh penjahit Co Durham dan dari situ mengembangkan kecintaan pada mode.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dandani Putri Diana dan Camilla

Tapi, dengan digambarkan sebagai "tidak terkendali," Bruce Oldfield ditempatkan di rumah Barnardo ketika ia berusia 11 tahun dan tinggal di sana selama empat tahun. Setelah lulus ujian untuk bersekolah di Ripon Grammar School, ia jadi guru di Sheffield sebelum mengambil kursus mode di Central Saint Martins, London.

Oldfield mulai membuat pakaian couture pada 1978 dan membuka toko pertamanya pada 1984. Pertemuan kebetulan dengan Putri Diana menghasilkan persahabatan selama 10 tahun. "Ketika saya melihat ke belakang, itu (seperti kegiatan) tanpa henti untuknya. Kami memang mendandaninya seperti ia akan pergi ke pesta pernikahan setiap hari."

Ia dianugerahi OBE pada 1990 dan telah jadi desainer andalan Camilla selama satu dekade. Oldfield mendapat pujian untuk gaun sempit berwarna pirus pucat dengan renda yang ia buat untuk Camilla saat tur ke Sri Lanka pada 2013.

Rancangan lainnya, yakni busana perak memesona yang dipakai Camilla ke acara pembukaan parlemen negara pada 2015. Pakaian lainnya termasuk untuk Royal Ascot pada 2021 dan pemutaran perdana James Bond No Time To Die, dua tahun lalu.

"Saya memberi Diana pesonanya dan Camilla kepercayaan dirinya," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Mahkota Daur Ulang

Awal bulan ini, terungkap Camilla telah memilih "mendaur ulang" mahkota yang dikenakan istri Raja George V, Mary, untuk penobatan tahun 1911, dengan penambahan berlian yang digunakan mendiang Ratu Elizabeth II.

Melansir People, 15 Februari 2023, mahkota bertatahkan 2.200 berlian itu dikenakan Ratu Mary ketika ia mengambil bagian dalam penobatan bersama suaminya. Ini akan menandai pertama kalinya dalam sejarah bahwa mahkota dari koleksi lama akan digunakan untuk penobatan permaisuri, alih-alih mahkota baru.

Istana beralasan hal itu "demi kepentingan keberlanjutan dan efisiensi." Terakhir kali mahkota Permaisuri digunakan kembali adalah pada abad ke-18, ketika Ratu Caroline, permaisuri George II, mengenakan mahkota Maria dari Modena.

Mahkota akan sedikit diubah untuk memasukkan sentuhan khusus untuk menghormati mendiang Ratu Elizabeth II. Pekerjaan sedang dilakukan untuk mengatur ulang hiasan kepala dengan berlian Cullinan III, IV, dan V yang merupakan bagian dari koleksi perhiasan pribadi mendiang Ratu. Ia sering memakainya sebagai bros.

 

4 dari 4 halaman

Desain Mahkota

Berlian Cullinan merupakan bagian dari berlian Cullinan yang terkenal, yang terbesar yang pernah ditemukan. Berlian ini telah dipasang di Mahkota Ratu Mary pada kesempatan sebelumnya, termasuk ketika Cullinan III dan IV dipasang sementara di mahkota untuk penobatan pada 1911.

Perubahan lain akan melihat empat dari delapan lengkungan mahkota yang dapat dilepas untuk menciptakan "kesan yang berbeda ketika mahkota dikenakan Ratu Mary pada penobatan 1911," kata Istana Buckingham dalam pengumuman mereka.

Ratu Mary mengenakan mahkota tanpa lengkungan pada penobatan putranya, Raja George VI, pada 1937. Pengumuman tersebut menyelesaikan diskusi yang sedang berlangsung di antara para pengamat kerajaan tentang apa yang akan dikenakan Camilla di Westminster Abbey.

Sementara, Raja Charles III akan mengenakan Mahkota St. Edward yang bersejarah dan tradisional. Mahkota Queen Mary's, yang dibuat Garrard & Co. dan ditugaskan untuk digunakan pada upacara Juni 1911, awalnya berisi berlian Koh-i-Nûr.

Namun, permata itu dilepas dan ditempatkan di mahkota yang digunakan Ratu Elizabeth II, kata Royal Collection. Keputusan untuk tidak menggunakan berlian Koh-i-Nûr menghindari kontroversi atas potongan tersebut, yang secara berkala jadi pusat tuntutan untuk dikembalikan ke India, tempat asalnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat