uefau17.com

Mengapa Orang Korea Suka Minum Es Americano? - Lifestyle

, Jakarta - Es americano menjadi salah satu minuman yang banyak dinikmati oleh orang Korea. Kopi ini dibuat dari campuran espresso yang disajikan di atas es dan ditambah dengan air.

Dikutip dari Korea Times, Minggu, 19 Februari 2023, es americano terjual lebih banyak daripada kopi panasnya, bahkan selama musim dingin, menurut data Starbucks. Pekerja kantoran Lee Ju-eun, yang mengenakan jaket puffer sepanjang pergelangan kaki, menggigil di trotoar di pusat kota Seoul, Korea Selatan, saat dia mencengkeram es kopinya selama cuaca dingin pada Januari ketika suhu mencapai minus 17 derajat Celcius.

"Saya hanya minum ini. Es Americano lebih mudah diminum dan juga lebih enak, jadi saya menikmati meminumnya bahkan di musim dingin," katanya kepada AFP, dengan hati-hati memegang ujung gelas plastiknya yang beku.

"Saya kedinginan tapi tidak apa-apa. Saya bisa menahannya," katanya.

Akuntan Lee Dae-hee mengatakan kepada AFP bahwa dia minum es Americano secara eksklusif karena itu adalah minuman kafein yang lebih cepat dan lebih efisien, penting dalam budaya kerja "ppalli-ppalli" (kerja keras dan cepat ala Korea). "Saya segera minum es Americano untuk bangun dan bekerja," kata Lee sambil mencoba melindungi secangkir besar kopinya dari salju yang berembus sambil bergegas kembali ke kantornya setelah makan siang.

"Tidak membuat saya kedinginan karena langsung ke kantor dan tidak banyak menghabiskan waktu di luar," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minum Es Kopi di Musim Dingin

Rata-rata orang Korea meminum 353 cangkir per tahun, lebih dari dua kali lipat rata-rata global, menurut sebuah studi pada 2019 oleh Hyundai Research Institute. Budaya kopi bahkan telah melahirkan bahasanya sendiri.

Iced Americano dikenal sebagai "Ah-Ah" dan peminum beratnya dikenal sebagai "Eoljuka," singkatan dari peribahasa baru yang menyatakan bahwa mereka akan mati kedinginan untuk minuman mereka. Tren tersebut telah diperhatikan oleh perusahaan raksasa kopi Starbucks Korea, yang menjalankan promosi "tantangan es".

Tantangan ini "Eoljuka" mendapat peningkatan ukuran gratis saat mereka memesan pada suhu di bawah nol di akhir Januari. Minuman es menyumbang 76 persen dari total penjualan di toko Starbucks di Korea pada 2022, kata perusahaan itu.

Bahkan selama cuaca dingin di Januari, mereka menjual lebih banyak es Americano sebanyak 54 persen daripada yang panas. "Kecenderungan orang mengonsumsi barang, makanan, dan minuman terlepas dari cuaca tampaknya telah menjadi tren baru," kata Park Han-jo dari Starbucks Korea kepada AFP.

3 dari 4 halaman

Tinggi Penjualan

Kedai kopi independen mengatakan data mereka menunjukkan hal yang sama. Kim Bum-soo, yang memiliki sebuah kafe di pusat kota Seoul, mengatakan sekitar setengah dari penjualan kopinya adalah es Americano, sepanjang tahun.

"Tampaknya orang Korea lebih suka minuman dingin," kata Kim kepada AFP, seraya menambahkan bahwa turis asing, terutama China, cenderung memesan teh hangat bahkan di musim panas.

Mengonsumsi air dingin dan minuman es dilarang dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Namun, "Orang Korea hanya minum apa pun yang mereka inginkan, terlepas dari apakah di luar dingin atau panas," kata Kim.

Salah satu alasan pekerja kantoran Seoul menyukai es Americano mungkin karena ruang kerja mereka terlalu panas dan pengap, kata pemilik kafe Kim. Mengaku seorang "Eoljukah" Jeong Jae-won, pun setuju.

"Di dalam kantor hangat jadi saya akan meminumnya di sana," katanya.

Bukan hanya pekerja kantoran yang menyukai minuman ini. Idol K-Pop Suga dari BTS sering difoto dengan es Americano di tangan, meskipun memberi tahu penggemar bahwa dia sedang berusaha mengurangi kafein.

4 dari 4 halaman

Suka Serba Dingin

Penggemar K-pop asing telah berdiskusi panjang lebar di forum online versi pilihan Jaemin NCT Dream dari "Ah-Ah", delapan gelas espresso yang disajikan di atas es. Kecanduan "Ah-Ah" Korea dapat dikaitkan dengan masakannya, kata Jang Jun-woo, seorang kolumnis makanan yang mengelola bar anggur tapas.

Makanan seperti hidangan mi dingin naengmyun, yang disajikan dengan es batu dalam kuahnya, merupakan bagian tak terpisahkan dari tradisi lokal namun jarang terlihat di tempat lain. "Bahkan di Jepang orang tidak memasukkan es ke dalam mie udon dingin mereka," kata Jang kepada AFP. "Tingkat budaya makanan dingin lebih ekstrem di Korea dan itu mungkin menjelaskan popularitas dan prevalensi es kopi di sini."

Es Americano merupakan kopi espresso yang ditambahkan air di dalamnya. Minuman ini juga ditambah es batu agar lebih dingin. Espresso sendiri dibuat dari ekstrak biji kopi yang diproses dengan mesin tekanan tinggi dan sedikit air.

Biasanya kopi ini memiliki rasa pahit ringan dan tawar. Es Americano cocok untuk Anda yang sedang diet karena rendah kalori.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat