uefau17.com

Model-Model Bertopeng Hewan Dikritik Bawa Mimpi Buruk ke New York Fashion Week 2023 - Lifestyle

, Jakarta - Ajang New York Fashion Week 2023 atau NYFW 2023 dihebohkan dengan koleksi terbaru dari brand fesyen Collina Strada. Koleksi rancangan Collina dikenal dengan fashion ramah lingkungan, begitu juga saat memamerkan koleksi terbarunya di New York Fashion Week 2023.

Fashion show yang menampilkan koleks musim gugur 2023 itu benar-benar membawa kita "menyatu dengan alam" tapi sekaligus bagai mimpi buruk bagi sebagian orang.  Dalam fashion show yang digelar pada Jumat, 10 Februari 2023 waktu setempat, runway terinspirasi dari botani yang dihiasi dengan tirai hijau dan bangku kayu.

Dengan bantuan dari Isamaya Ffrench, para model berjalan keluar dengan prostetik atau topeng mirip hewan seperti moncong babi, paruh burung beo, kepala kadal bahkan hiasan kepala anjing. Tanduk, kumis, telinga, dan sisik jadi bagian dari pertunjukan. Alhasil, peluncuran koleksi di runway tersebut bagaikan "Peternakan Hewan".

Sedangkan untuk koleksinya sendiri, Hillary Taymour yang merupakan direktur keatif Collina Strada, kembali menampilkan desain eklektik, acid trip-esque yang sangat dicari oleh Gen Zers, tetapi dengan sentuhan theriomorphic.

Melansir NY Post, Sabtu, 11 Februari 2023, ada seorang model dengan hiasan kepala reptil mengenakan atasan renda bunga rawa-hijau dan celana yang serasi di bawah rok mini kecil dengan warna yang sama. Semuanya diikat menjadi satu dengan mantel parit kotak-kotak besar.

Ada juga model lain berparuh lumba-lumba memakai rompi warna perak dengan detail sirip di kedua bahu. Outfit tersebut dilapisi di atas blus bermotif air biru dan lengan panjang abu-abu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hiasan Telinga dan Kumis

Ada juga model yang terlihat tampil dengan hiasan telinga dan kumis, serta mengenakan busana bikini warna cokelat. Di koleksi lainnya, ada model yang tampil dengan wajah dan telinga kuda, dan memakai sleeveless hitam yang serasi dengan celananya.

Selain itu, dilansir dari Fimela, seorang model mengenakan pakaian pink dilengkapi dengan hidung babi sebagai riasan wajahnya. Ada pula model mengenakan topeng anjing dengan atasan putihan dan celana warna oranye.

Ada juga model yang tampil serba hijau dengan suit dan paruh burung. Meski mendapat pujian karena dianggap sangat unik dan out of the box, banyak juga kritikan pada koleksi terbaru label Collina Strada di NYFW 2023 ini.

Tak sedikit pula yang menganggap koleksi yang terkesan seperti topeng hewan itu bagai membawa mimpi buruk bagi para pengunjung NYFW 2023. Sambutan kontras yang lebih positif justru didapat Collina Strada di ajang NYFW 2022 pada September 2021 lalu.

 

3 dari 4 halaman

Hasil Daur Ulang

Mereka menebar spirit positif di hari perdana New York Fashion Week dengan menampilkan model penyandang disabilitas pada fashion show koleksi musim semi dan panas 2022.  Emily Baker seorang aktivis dan seniman asal Los Angeles tampil dengan strapless dress bermotif bunga rancangan dari label milik Hillary Taymour tersebut. 

Di akun Instagram miliknya yakni @celestial_investments Emily juga kerap membagikan pandangan dan perjuangannya dalam membela hak-hak dan kesetaraan untuk para penyandang disabilitas.

Collina Strada sendiri menjadi salah satu label yang terbilang paling progresif dalam merefleksikan visinya sebagai label yang inklusif, terutama dalam pemilihan model. Label yang telah berdiri sejak 2011 ini kerap merekrut mereka yang bukan berprofesi sebagai model, dengan tanpa memandang batasan umur, ukuran maupun ras.

Selain menjadi inklusif, Collina Strada juga menggunakan material hasil daur ulang maupun memanfaatkan kain sisa yang tidak terpakai. Untuk koleksi spring/summer 2022 yang digelar di sebuah rooftop garden, Taymour mengangkat tema berkebun dan Ratu.

4 dari 4 halaman

Kembainya Alexander Wang

New York Fashion Week 2023 juga menampilkan koleksi Alexander Wang dan menjadi eksistensinya yang pertama di pekan mode bergengsi tersebut setelah 11 pria menuduhnya sebagai pelaku pelecehan seksual. Pada Rabu malam, 8 Februari 2023, sejumlah selebritis dan kritikus fesyen berpengaruh menghadiri show koleksi teranyar Alexander Wang.

Desainer keturunan China ini diketahui belum pernah menggelar show di New York meski brand-nya berbasis di kota di AS tersebut sejak 2019.  Melansir HighsNobiety, Jumat. 10 Februari 2023, Wang kembali dengan membawa pesan jelas, yakni 'selebritas bersedia memaafkan dan melupakan skandalnya,' meski Wang telah dituduh berbuat kesalahan. Dalam kesempatan itu, ia menggandeng Julia Fox sebagai model sekaligus muse yang berjalan di runway.

Tudingan pelecehan seksual terhadap desainer tersebut muncul ke permukaan pertama kali pada Desember 2020, ketika model Owen Mooney menuduhnya telah menggerayangi tubuhnya. Tak lama kemudian, penata gaya dan pengarsip mode David Casavant berbagi pengalaman serupa dengan New York Times.

Satu minggu kemudian, pengacara hak korban Lisa Bloom mengumumkan bahwa dia mewakili 11 pria dengan tuduhan pelecehan seksual terhadap sang desainer. Setelah menyangkal tuduhan tersebut, Wang mengeluarkan pernyataan yang berisi janjinya 'akan melakukan yang lebih baik.'

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat