uefau17.com

Miss Ukraina Bakal Pakai Kostum Perang di Miss Universe 2022 - Lifestyle

, Jakarta - Sempat diragukan akibat Rusia yang masih melancarkan serang operasi militer ke Ukraina, namun Ukraina sudah mengonfirmasi partispasinya untuk tetap mengirimkan perwakilan di ajang Miss Universe 2022 yang akan digelar pada Januari 2023 ini.  Miss Ukraina Viktoria Apanasenko, akan mewakili negaranya di kontes Miss Universe 2022.

Dalam ajang yang akan berlangsung di New Orleans, Amerika Serikat (AS) itu, Miss Ukraina baru saja mengungkapkan kostum nasional yang akan ditampilkannya nanti. Melansir laman NDTV, 29 Desember 2022, Viktoria menyebutkan dirinya akan tampil dengan 'baju perang' di kontes kecantikan bergengsi tersebut.

Kostum tersebut dinamai Warrior of Light yang melambangkan peperangan negaranya yang diinvasi Rusia. "Ini simbol perjuangan bangsa kita melawan kegelapan. Seperti malaikat Mikail, yang membela Ukraina dengan pedang yang melindungi kita," tulis Viktoria di akun Instagramnya.

Viktoria menunjukkan kostum nasionalnya seperti pejuang. Kostum tersebut berupa gaun putih dengan aksesori pedang dan sayap serta dilengkapi dengan senjata dan pelindung tubuh.

Untuk bawahannya, ia memakai rok yang terbuat dari kain sepanjang lebih dari 10 meter. Ia melengkapi penampilannya dengan mahkota unik berupa anak panah kecil berwarna emas yang melingkari kepalanya. Hiasan kepala itu merujuk pada malaikat agung Mikail.

Ia juga mengenakan jumpsuit di bagian dalam gaunnya yang melambangkan baju besi dan membungkus Viktoria bak kulit keduanya. Kostum tersebut dibuat oleh desainer Ukraina Lesia Patoka dari Patoka Studio.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Perdamaian

Viktoria membawa pesan bahwa dia ingin menjadi sosok yang bisa menyuarakan negaranya yang tertindas. Unggahan kostum nasional Miss Ukraina itu sempat viral dan banyak mendapat pujian dari warganet.

Sebelum dinobatkan sebagai Miss Universe Ukraina 2022, Viktoria merupakan juara kedua di ajang pemilihan Miss Universe Ukraina 2021. Akibat invansi Rusia ke Ukraina yang masih terus terjadi, akhirnya Organisasi Miss Universe Ukraina memutuskan untuk meniadakan ajang pemilihan di tahun ini dan langsung menobatkan Viktoria Apanasenko.

Melansir world360, Rabu (4/1/2023), meski kondisi negaranya belum stabil, Organisasi Miss Universe Ukraina akan tetap berpartisipasi di ajang Miss Universe 2022 di Amerika Serikat. Sebagai wakil Ukraina, Victoria akan memanfaatkan panggung Miss Universe 2022 untuk menyampaikan pesan perdamaian.

Sejak Rusia melancarkan serangan ke Ukraina, ia aktif sebagai relawan untuk membantu menyediakan makanan dan obat-obatan bagi pengungsi internal di negaranya. Sebelum memutuskan untuk bekerja sebagai relawan, Miss Universe Ukraina 2022 ini merupakan seorang model professional.

 

3 dari 4 halaman

Mimpi yang Terwujud

Tak hanya sibuk berkiprah sebagai model, Viktoria juga cukup aktif di berbagai kegiatan sosial. Miss Universe Ukraina 2022 ini menyelesaikan pendidikan sarjananya dari Fakultas Psikologi Taras Shevchenko National University, Kiev. Usai terpilih sebagai Miss Universe Ukraina 2022, wanita berusia 28 tahun ini mengaku merasa sangat bahagia karena mimpinya untuk mewakili Ukraina di ajang Miss Universe bisa terwujud.

Final Miss Universe 2022 bakal diselenggarakan di New Orleans, Louisiana, AS pada Sabtu, 14 Januari 2023. Kompetisi ke-71 ini nantinya berlangsung di New Orleans Ernest N. Morial Convention Center. 

Dikutip dari siaran pers di laman resmi Miss Universe, Senin, 3 Januari 2022, Presiden Organisasi Miss Universe Paula Shugart menyampaikan, "tidak ada tempat seperti New Orleans." "Kota yang semarak ini telah berada di urutan teratas daftar kami untuk jadi tuan rumah selama beberapa waktu karena sejarah budayanya yang kaya, serta seni, hiburan, dan kulinernya yang unik," lanjut Shugart.

Kontes kecantikan ini akan menampilkan hampir 90 perempuan dari seluruh dunia.  Final kontes Miss Universe 2022 akan jadi momen Miss Universe 2021 Harnaaz Sandhu menyerahkan mahkota pada pemenang berikutnya.

Ia meraih kemenangan dalam puncak acara kontes kecantikan ke-70 yang berlangsung di Universe Dome, Port of Eilat di Eilat, Israel, Minggu, 12 Desember 2021. "Waktu saya sebagai Miss Universe merupakan pengalaman yang luar biasa dan saya sangat berterima kasih atas semua kesempatan yang saya terima sebagai hasil dari platform ini," kata Sandhu.

4 dari 4 halaman

Wakil Indonesia

Indonesia juga akan berkompetisi di Miss Universe 2022 setelah sempat absen di tahun lalu karena pandemi masih melanda. Yayasan Puteri Indonesia mengutus Laksmi Shari De Neefe Suardana untuk membawa nama Indonesia di ajang, Miss Universe 2022.

Di ajang tersebut, Laksmi akan menampilkan busana karya desainer Indonesia seperti busana Cocktail dan Evening Gown dari Maisonmet, busana kebaya karya Intan Avantie. Ia juga akan mengenakan busana nasional bertema The Glory of Phinisi yang terinspirasi dari semboyan Indonesia, Jalesveva Jayamahe, di Laut, Kita Menang, karya desainer berbakat, Morphacio Body Art.

Dalam keterangan tertullis yang diterima , busana nasional ini mencerminkan kehebatan Indonesia atas lautan dan warisan maritim tradisionalnya. Secara historis, kerajaan terkuat mampu menaklukkan laut dan menggunakannya untuk keuntungan mereka demi kemajuan peradaban mereka dan untuk mengontrol perdagangan.

KKostum tersebut menampilkan aksen armor dan mahkota yang dilengkapi dengan kapal phinisi di bagian belakang. The Glory of Phinisi dibuat dari bahan akrilik laset cut dan stainless steel berwarna emas yang menghadirkan busana megah seberat kurang lebih enam kilogram. Mengenakan busana nasional ini, Laksmi tampak seperti ratu laut yang kuat dan tangguh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat