uefau17.com

Punya Cita Rasa Unik, Ini Dia Makanan Khas Thailand yang Jadi Favorit Para Turis - Lifestyle

, Jakarta Kelezatan makanan khas Thailand sudah terkenal ke penjuru dunia. Cita rasanya sering kali dianggap cocok dengan lidah orang Indonesia. Makanya banyak wisatawan kita yang menjadikan Thailand sebagai salah satu destinasi wisata kuliner luar negeri favorit.

Ditambah lagi kebanyakan masakan khas Thailand dibuat dengan bumbu rempah-rempah yang hampir mirip dengan makanan nusantara. Walau begitu, makanan khas Thailand punya cita rasa yang unik, bisa menikmati rasa asam, pedas dan manis.

1. Pad Thai

Salah satu menu yang cukup familiar dengan kuliner nusantara adalah Pad Thai, yakni mie goreng khas Thailand. Layaknya mi goreng di Indonesia, pad thai juga banyak dijual di pinggir jalan. Pad thai dimasak dengan telur, tahu, asam, saus ikan, gula, dan bawang putih. Untuk topping-nya pun bervariasi, mulai dari potongan ayam, udang, hingga kepiting. Hmm, sekilas mirip kwetiau goreng di Indonesia, ya!

2. Tom Yam

Tentu kamu sudah pernah mendengar sajian yang satu ini. Sup asal Thailand identik dengan rasa asam segar yang terbuat dari berbagai rempah. Tom Yam, makanan berkuah yang populer di kalangan masyarakat internasional dan menjadi favorit orang Indonesia berkat cita rasanya yang pedas dan asam. 

Masakan Tom Yam ini punya beberapa varian, tergantung dari bahan-bahan dasar yang digunakan, seperti Tom Yam Goong yang menggunakan udang, Tom Yam Pla berisi ikan, atau Tom Yam Taek berisi berbagai macam makanan laut.. Duh, cocok banget deh untuk dimakan saat udara dingin! 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kaeng Khiao Wan

Satu hal spesial dari makanan khas Thailand ini adalah karinya berwarna hijau dan bercita rasa pedas. Sebenarnya ada beragam topping kari Thailand yang bisa dipilih, salah satu yang menjadi favorit adalah ayam dan sayuran. Warna hijau pada kaeng khiao wan berasal dari cabai hijau, cita rasa nya lebih pedas dibandingkan dengan kari merah. Selain cabai hijau, bahan yang digunakan yaitu berupa santan, gula aren, pasta kari hijau, dan saus ikan, terkadang terong bahkan buah juga sering digunakan.

4. Mango sticky rice

Mango sticky rice dalam bahasa Thailand ‘khao neow ma muang’ menjadi salah satu dari sekian kuliner Thailand yang mendunia. Dessert ini terdiri dari ketan dan mangga manis sekaligus segar yang disajikan dengan kuah santan. Meski perpaduannya terbilang cukup unik, namun sajian ini sangat digemari oleh banyak orang.

3 dari 3 halaman

5. Street Food

Bangkok seringkali disebut sebagai surga jajanan. Bagaimana tidak, hampir di setiap sudutnya, kamu akan menemukan sederet street food yang menawarkan berbagai santapan menarik. Mulai dari jangkrik atau kalajengking goreng yang sedikit 'horor', hingga omelet seafood segar dan berbagai sate yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau.

Itulah beberapa kuliner khas Thailand yang kerap menjadi favorit wisatawan. Bila kamu belum bisa merasakan langsung di negara asalnya, tenang saja. Di Indonesia sudah banyak berdiri restoran yang menyajikan kuliner khas Thailand. Namun bila memang sudah berniat untuk berpetualang ke Thailand, persiapkan dengan baik uang saku kamu, tiket pesawat dan juga penginapannya agar liburan berkesan dan menyenangkan.

 

Penulis: Ayra Sekar Putri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat