uefau17.com

Seekor Anjing Jadi Korban Masker Sekali Pakai Saat Berjalan-jalan - Lifestyle

, Jakarta - Selama masa pandemi, masyarakat seantero jagat diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan guna menekan transmisi virus corona Covid-19. Salah satunya menggunakan masker yang perlahan membuat siapa saja harus beradaptasi dengan kebiasaan baru tersebut.

Namun, penggunaan masker sekali pakai bukan tidak berdampak pada lingkungan juga makhluk hidup yang ada di dalamnya. Sebut saja soal kejadian seekor anjing di Inggris yang menelan masker ketika berjalan-jalan.

Dilansir dari laman Metro, Selasa, 15 September 2020, dokter hewan memperingatkan untuk tidak membuang sampah masker sekali pakai sembarangan. Cerita miris soal hal tersebut dibagikan oleh staf Small Animal Hospital di University of Glasgow, Inggris.

Mereka mengunggah seekor anjing bernama Kobe yang membutuhkan perawatan setelah menelan sampah masker sekali pakai. Staf rumah sakit ini menyampaikan bahwa anjing tersebut beruntung tidak mengalami masalah serius.

Kobe dibawa pemiliknya setelah melihat anjing tersebut menelan masker. Adapun masker dengan dilengkapi kawat di bagian hidung, yang menurut dokter hewan dapat membuat keadaan lebih bahaya.

"Untungnya, pemiliknya menyadari risiko ini menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaannya, dan membawanya langsung ke layanan gawat darurat," begitu bunyi keterangan di Facebook.

"X-ray dilakukan untuk memeriksa apakah masker mengandung kawat hidung, karena hal ini meningkatkan risiko komplikasi, tetapi karena tampak kecil dan fleksibel, tim kami memilih untuk membuat Kobe muntah dengan harapan mendapatkan masker tersebut," lanjut keterangan itu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringatan agar Tak Buang Masker Sembarangan

Anjing tersebut lantas disuntik untuk membuatnya sakit dan beruntung hal itu berhasil. Ia sembuh total, namun dokter hewan berbagi cerita untuk mengingatkan orang-orang untuk membuang masker dengan benar dan mengawasi setiap saat ketika membawa hewan peliharaan.

"Anda dapat melihat dari ekspresi sedih Kobe bahwa ini bukanlah pengalaman yang menyenangkan, tapi untungnya tidak ada kerusakan serius yang terjadi pada kasusnya. Sebuah pengingat yang baik bahwa membuang sampah sembarangan tidak hanya buruk bagi lingkungan kita, tetapi juga berbahaya bagi hewan peliharaan kita," bunyi unggahan itu.

Unggahan itu membuat warganet turut berkomentar. "Untungnya Kobe baik-baik saja, berkat aksi cepat pemiliknya. Orang harus lebih banyak berpikir sebelum membuang sampah sembarangan," kata seorang warganet.

"Mengapa orang begitu menjijikkan dan egois. Taruh masker Anda di tempat sampah dan jika tidak ada tempat sampah, simpan di kantong plastik kecil di tas atau saku Anda dan taruh di dalamnya sampai Anda bisa membuangnya," lanjut warganet lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat