uefau17.com

Para Pemenang Pemilihan Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2019 - Lifestyle

, Jakarta - Pemilihan Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2019 (PPTSI 2019 baru saja digelar.  Kadek Kadin Suartana (Bali) dan Amel Barack (Jawa Timur) terpilih sebagai pemenang pertama PPTSI 2019.

Keduanya berhak meraih hadiah satu buah mobil dan uang tunai sebesar @ Rp25 juta, berikut piala dan sertifikat.Kadek, pemuda kelahiran Australia, 10 Januari 2001 berdarah Bali dari ayahnya dan beribu Australia, sejak awal sudah memikat hati juri.

"Ia pandai, santun, berpengetahuan luas. Ketika berbahasa Indonesia muncul kuat aksen Bali-nya, namun ketika berbahasa Inggris, terasa seperti bule," ucap Jacky Mussry, salah satu juri.

Sementara Amel Barack dari balik panggung mengaku mempersiapkan diri sangat lengkap. "Saya membuat video khusus, dengan berkunjung ke sentra tenun di Surabaya," katanya.

Grand Final PPTSI 2019 berlangsung meriah di Balai Sarbini, Jakarta, 21 Desember 2019. Tampak hadir sejumlah tokoh masyarakat, antara lain Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat. (Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton se-Nusantara (FSKN), Kris Budharjo (Rumah Kreasi Indonesia Hebat, Hassan Abud, (Direktur Hubungan antar Lembaga Dalam Negeri Kemenparekraf) dan Hari Nur Cahya Murni selaku Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga.

Ajang PPTSI 2019 diselenggarakan oleh Yayasan Cinta Budaya Kain Nusantara (CBKN), Komunitas Tekstil Indonesia (KTTI) dengan kerabat kerja Rumah Kreasi Indonesia Hebat dan Forum Silaturahmi Keraton Nusantara. Ajang ini bakal mencatat sejarah baru dalam dalam dunia beauty pageant Indonesia.

“Baru lewat ajang inilah, panitia sepakat memilih dan menilai peserta bukan hanya pada kepandaian secara umum, namun juga melihat pada minat dan perhatian kaum milenial pada pelestarian sekaligus pengembangan wastra nusantara, terutama songket dan tenun,” kata Anna Mariana, selaku perancang dan penggagas acara ini.

Ketua Dewan Juri Dra. Tika Bisono, MPsiT menyebutkan, pemenang dipilih selain karena kecerdasannya, harus pula punya ambisi, berkepribadian baik, interpersonal baik, punya karakter bangga memakai songket dan tenun.

“Si pemenang harus mempunyai visi ke depan mau ngapain dengan tenun dan songket, harus punya ambisi, punya kemapuan berdealing dengan pemerintah dan harus sangat bangga pada dirinya sendiri,” terang Tika

Tika Bisono selaku Ketua Dewan Juri didampingi Jacky Mussry (Deputy Chairman - MarkPlus, Inc), Rahma Alia ST – Managing Director PT Acinti Prima dan Putri Indonesia Pariwisata Tahun 2005, Ati Ganda– Director Studio 26 Artlink, Sjahriati Rochmah (Wkl. Ketua Yayasan Cinta Budaya Kain Nusantara), Wilda Oktaviana Situngkir – Putri Indonesia Pariwisata 2018, dan 3rd Runner Up Miss Supranational 2018.

Berikut Daftar Para Pemenang PPTSI 2019

Putra

Juara 1 Kadek Kadin (Bali)

Juara 2 Arya Purnama (Riau)

Juara 3. Andika Pratama (Sulawesi Tenggara)

Juara Harapan 1 Yosie Kristanto (Jawa Timur)

Juara Harapan 2 Jonathan Jo Handoko (DKI Jakarta)

Juara Favorite (berdasarkan Like Instagram) Deola Adene 308 likes

Putri

Juara 1 Amel Barack (Jawa Timur )

Juara 2 Ni Kadek (Bali)

Juara 3 Julia Ratih Gita Dwiyana (Sumatra Utara)

Harapan 1 Wirda Sheren Rehina (DI Yogyakarta )

Harapan 2 Reva Pradisti (Kalimantan Tengah)

Juara Favorite (berdasarkan Like Instagram) Aqisah Zaqila 399 likes.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat