uefau17.com

Kisah Gamer yang Dapat Uang dari Siaran Langsung Nge-Game - Lifestyle

, Jakarta Kerja adalah sebuah kata yang dalam konteks sosial umumnya dimengerti sebagai satu hal yang dilakukan untuk mendapat uang. Dengan berbagai kondisi pekerjaan, tak jarang kaum urban yang berkeluh kesah dan merasa tak nyaman dengan profesinya meski mendapat penghasilan yang baik.

 

Para penasihat karir menganjurkan orang-orang untuk mendapat pekerjaan sesuai dengan minat pribadi. Hal ini bertujuan agar kehidupan hari-hari tak terasa seperti beban yang membuat hidup jadi kurang dinikmati.

 

Lantas bagaimana bila minat pribadinya adalah bermain? Dua pemuda yang diliput oleh forbes.com ini, seperti dikutip Selasa (22/4/2014), adalah kondisi nyata dari impian untuk menghasilkan uang dengan cara bermain.

 

Seseorang bisa mengantongi US$ 100.000 per tahun (sekitar Rp 1,1 miliar) hanya dengan menyiarkan permainan game yang dimainkan (streaming game). Hal ini dijelaskan oleh Jeffery Shih dan Kenji yang adalah streamer game.

 

Menurut Jeffery seorang streamer yang sudah terkenal bisa mendapat penghasilan tambahan dari sponsorship atau menjadi bintang tamu di sebuah acara. Dengan tambahan dua hal tersebut, seorang streamer dapat menghasilkan hingga US$ 300.000 per tahun (sekitar Rp 3,4 miliar).

 

Jeffery menjelaskan bahwa seorang streamer pemula yang memiliki 2.000 viewers reguler dapat menghasilkan uang sebesar US$ 2.000 perbulan (sekitar Rp 23 juta). Pendapatan terbesar datang dari sponsorship. Tawaran sponsorship akan datang pada streamer yang sudah mendapat banyak viewers.

 

Ketika seseorang sudah menjadi streamer terkenal, tawaran sponsorship akan membanjirinya. Jeffery dan Kenji mengaku menerima sangat banyak tawaran sponsorship dari berbagai produk dan merek setiap harinya.

 

Menurut Jeffry dan Kenji untuk dapat sukses di bidang ini diperlukan konsistensi penuh. Menunjukkan keahlian bermain game adalah prasyarat yang ternyata tak begitu mudah untuk diwujudkan. Hal ini adalah tentang bagaimana viewers dapat mengenal Anda dan mengetahui apa yang spesial bagi mereka hingga mau terus menonton permainan game Anda.

 

Sampai saat ini, twitch.tv adalah salah satu situs streaming game yang terkenal. Seseorang yang sudah punya akun di situs tersebut akan memiliki channel sendiri. Untuk dapat menghasilkan uang dengan menyiarkan permainan game di channel itu, seseorang harus terdaftar sebagai Twitch Partner.

 

Dijelaskan pada situs twitch.tv bahwa syarat untuk dapat menjadi Twitch Partner adalah dengan memiliki rata-rata lebih dari 500 viewer selama kurun waktu tertentu dan menyiarkan permainan game setidaknya 3 kali seminggu.

 

Setelah menjadi Twitch Partner, viewer dapat berlangganan channel yang dimiliki oleh Twitch Partner tersebut dengan harga US$ 4,99 per bulan (sekitar Rp 57 ribu). Kali kan saja angka ini dengan jumlah viewers. Hasilnya akan dibagi untuk situs Twitch dan Twitch Partner.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kisah Jeffery Shih dan Kenji Menjadi Streamer Sukses

Kisah Jeffery Shih dan Kenji Menjadi Streamer Sukses

 

Jeffery Shih yang dikenal dengan id TrumpSc adalah seorang streamer (orang yang menyiarkan permainan gamenya) terkenal untuk game kartu Hearthstone. Ia sudah memiliki 20.000 viewers di seluruh dunia yang konsisten menonton permainan gamenya.

 

Streaming Game ini mulai dilakukan Jeffery sejak 3 tahun lalu di situs ustream dan livestream. Dulu seorang streamer harus merogoh kocek pribadi untuk memakai jasa bulanan agar viewer dapat melihat hasil streaming yang baik. Awalnya Jeffery melakukan hal ini hanya sebagai hobi.

 

Game strategi militer Starcraft adalah permainan game pertama yang disiarkan Jeffery. Viewersnya bertumbuh perlahan dari 500 orang sampai 3000 orang pada beberapa bulan pertama. Selain pastinya adalah waktu, hal yang dibutuhkan dalam profesi ini adalah webcam dan microphone yang baik.

 

Jeffery mengatakan “Adalah hal yang sangat mungkin bagi tiap orang di profesi ini untuk sukses melalui kerja keras dalam waktu 6 bulan saja”. Akan tetapi sebagaimana industri hiburan lainnya, Jeffery menjelaskan bahwa hanya akan ada beberapa orang yang bisa sampai ke puncak.

 

Jeffry sangat yakin dalam menjadikan streaming game sebagai karir jangka panjangnya dengan mempertimbangkan jumlah viewers yang terus bertambah. Ia percaya bahwa industri ini masih sangat muda dan belum mengaktualisasikan potensi terbesarnya.

 

Selain Jeffry, Kenji adalah salah seorang streamer di twitch.tv yang sudah terkenal. Dikenal dengan id `NumotTheNummy`, Kenji memainkan game Magic the Gathering. Kenji adalah seorang mahasiswa Antropologi dan Sosiologi yang tak suka dengan jurusan itu. Mencari kegiatan lain yang menyenangkannya, Kenji melihat bahwa pemain game Magic the Gathering melakukan streaming permainan tersebut.

 

Setelah ikut mencoba streaming, hal ini kemudian menjadi aktivitas rutinnya. Mulanya viewers Kenji hanya 200 orang dari streaming yang dilakukannya 2 minggu sekali. Hal ini cukup membuatnya percaya diri dan ia pun memutuskan untuk melakukan streaming setiap hari. Tantangan untuk streaming setiap hari ini dilakukan pada Maret 2012.

 

Meski pada akhirnya Kenji dapat menjadi seorang streamer terkenal dengan banyak viewers dan penghasilan, harga yang harus dibayar untuk mencapai hal tersebut juga tidak murah. Gaya hidup tak sehat harus dijalaninya dalam proses tersebut.

 

Kenji bekerja sebagai staf toko sayuran dari pukul 23.00 sampai 07.30. Hanya tidur selama beberapa jam sampai siang, kegiatan Kenji dilanjutkan dengan melakukan streaming Magic the Gathering sampai tiba waktunya bekerja kembali di toko sayuran.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat