uefau17.com

Tak Hanya Mendoan, 5 Kuliner Ini Juga Wajib Dicoba saat Jalan-jalan ke Banyumas - Jateng

, Banyumas- Banyumas menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki daya tarik khusus untuk mengundang para wisatawan berdatangan. 

Tak hanya seputar lokasi wisata, Banyumas juga memiliki banyak sekali kuliner khas yang lezat. Tak hanya mendoan, beberapa kuliner ini juga patut dicoba jika sobat Liputan.6 berkunjung ke Banyumas. 

Video Hebohnya Pemecahan Rekor Dunia Mendoan

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sroto atau Soto Sokaraja

Kuliner ini menjadi salah satu yang wajib dicoba jika sobat Liputan.6 berkunjung ke Banyumas. Berbeda dengan soto pada umumnya, Sroto Sokaraja ini memiliki ciri khas dimana ia disantap dengan ketupat dan sambal kacang. Menyantapnya akan terasa  lebih nikmat lagi jika menambahkan krupuk pada kuahnya yang panas. 

3 dari 6 halaman

2. Gethuk Goreng

Jajanan ini sangat mudah ditemukan di setiap sudut kabupaten Banyumas, bahkan menjadi primadona yang selalu dicari oleh wisatawan. Memiliki citarasa yang manis dan gurih, makanan berbahan dasar singkong ini seringkali dijadikan sebagai buah tangan khas dari Banyumas.

4 dari 6 halaman

3. Nopia

Selain gethuk goreng, jajanan lain yang sering dicari sebagai oleh-oleh khas Banyumas adalah nopia. Kue imut yang menyerupai telur ini hampir mirip dengan bakpia khas Yogyakarta, bedanya ia memiliki isian gula merah. Kini kue nopia juga memiliki banyak varian rasa mulai dari cokelat, pandan, durian dan banyak lagi.

5 dari 6 halaman

4. Lanting

Untuk sobat Liputan.6 yang menyukai camilan asin dan gurih, wajib mencoba lanting saat berkunjung ke Banyumas. Memiliki bentuk seperti angka 8, jajanan ini dibuat dengan bahan baku singkong dengan tekstur yang renyah.

6 dari 6 halaman

5. Pecel Kecombrang

Pecel mungkin menjadi salah satu makanan yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun cita rasa pecel di daerah Banyumas akan sedikit berbeda dengan pecel yang sering kita temui. Pecel kecombrang khas Banyumas khususnya Purwokerto memiliki rasa unik yang didapatkan dari bunga kecombrang. Jika penasaran sobat Liputan.6 bisa langsung mencobanya saat berkunjung kesana. 

Nah, itu sederet makanan yang patut sobat Liputan.6 cicipi saat berkunjung ke Banyumas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat