uefau17.com

Kecelakaan Maut Exit Tol Bawen, Ini Doa Ketika Mendengar Kabar Orang Meninggal - Islami

, Jakarta - Kecelakaan maut terjadi di pintu keluar Tol Bawen, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023) malam. Dugaan sementara, kecelakaan terjadi karena truk tronton mengalami rem blong.

Mengutip laporan kanal Regional , ada empat mobil dan sembilan motor tertabrak truk tronton yang melaju di jalan menurun tersebut.

Akibatnya, tujuh korban luka berat dan sebelas orang mengalami luka ringan. Kini dievakuasi ke RS At Tin Bawen dan RS Ken Saras.

Selain korban luka, dilaporkan ada empat korban meninggal dunia karena insiden kecelakaan di simpang exit Tol Bawen tersebut. 

"Informasinya bertambah satu, meninggal di rumah sakit. Total empat yang meninggal dunia," kata Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra, dikutip dari Antara.

Bagi orang yang beragama Islam tentu ketika mendengar kabar orang meninggal dunia memberikan doa-doa yang baik. Doa agar husnul khatimah dan diterima iman Islam-nya kerap dipanjatkan seorang muslim saat mengetahui ada orang yang meninggal.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Mendengar Kabar Orang Meninggal

Berikut adalah doa saat mendengar kabar orang meninggal dunia dikutip dari situs PCNU Sumenep.

إِنَّا للهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ، اَللهُمَّ أَجِرْنِيْ فِي مُصِيْبَتِيْ وَاخْلُفْ لِيْ خَيْرًا مِنْهَا

Artinya: "Sesungguhnya kami milik Allah semata dan kepadaNya kami kembali. Ya Allah, beri aku pahala serta gantikan untukku yang lebih baik darinya."

إِنَّا للهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنَقَلِبُوْنَ، اللّهمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ مِنَ الْمُحْسِنِيْنَ وَاجْعَلْ كِتَابَهُ فِي عِلِّيِّيْنَ وَاخْلُفْهُ فِي أَهْلِهِ فِي الْغَابِرِيْنَ وَلَا تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُ

Artinya: "Sesungguhnya kami milik Allah semata dan kepadaNya kami dikembalikan. Ya Allah, masukkan ia ke dalam golongan orang-orang yang baik, letakkanlah catatan amalnya di surga yang tinggi, berilah keluarganya ganti yang lebih baik, serta berilah kami pahalanya dan jangan Kau timpakan kami fitnah setelahnya."

Tak hanya itu, seorang muslim juga dianjurkan melakukan takziyah kepada sesama muslim.

أَعْظَمَ اللهُ أَجْرَكَ وَأَحْسَنَ عَزَاءَكَ وَغَفَرَ لِمَيِّتِكَ

Artinya: "Sesungguhnya Allah melipatgandakan pahala mu (keluarga yang ditinggalkan), menghiburmu dengan baik, serta mengampuni dosa-dosa orang yang meninggal dunia."

Jika korban nonmuslim, diperbolehkan memberikan penghormatan kepada jenazah seperti halnya Ibnu Sunni meriwayatkan bahwa Ibnu Mas’ud datang kepada nabi dan mengabarkan kematian Abu Jahal, kemudian nabi membaca.

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ نَصَرَ عَبْدَهُ وَأَعَزَّ دِيْنَهُ

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah menolong hambaNya dan memuliakan agamaNya."

Wallahu'alam.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat