uefau17.com

Naskah Khutbah Jumat Singkat Bulan Syawal: Muhasabah Membuat Diri Berubah - Islami

, Jakarta - Pada bulan Syawal ini redaksi mengetengahkan naskah khutbah Jumat tentang muhasabah membuat diri berubah. Muhasabah merupakan introspeksi diri yang dapat dilakukan secara mandiri atau bersama-sama orang lain.

Tujuan muhasabah adalah agar mengetahui perbuatan apa saja baik di masa lalu maupun masa kini yang dapat diperbaiki. Muhasabah dilakukan agar menjadi diri yang lebih baik dari sebelumnya.

Materi khutbah Jumat ini dinukil dari situs Pondok Pesantren Lirboyo. Teks khutbah Jumat ini dapat disampaikan khatib di depan jemaah sholat Jumat.

Semoga dengan penyampaian khutbah Jumat umat Islam dapat mengevaluasi dari apa yang telah ia kerjakan. Setelah evaluasi tersebut ada usaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Semoga naskah khutbah Jumat singkat ini dapat menjadi amal untuk penulis maupun publikasi. Semoga materi khutbah ini juga bermanfaat bagi masyarakat luas. Aamiin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Khutbah I

السلام عليكم ورحمة الله وبركاتهالحَمْدُ لِلهِ الَّذِي قَهَّرَ وَغَلَبَ. فَلَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَى وَلَا مُنِعَ لِمَا سَلَب.فَسُبْحَانَهُ مِن إِلهٍ وَفَّقَ أَحْبَابُهُ لِمَرَاضِيهِ وَيَسَّرَ لَهُمُ المُسَبَّبَاتِ والسَّبَب.أَحْمدُهُ سُبْحَانَهُ حَمْدَ مَنْ تَابَ إِلَيهِ وَهَرَب. وَأَشكُرُهُ شُكرًا يَفُوقُ عَدَّ مَنْ عَدَّ وَحِسَابَ مَن حَسَب.وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ فَارِجُ الكَرَب. وَالمُنْجِي مِنَ الوَرْطَاتِ والعَطَب.وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ سَيِّدُ العَجَمِ وَالعَرَب. اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنِ اقْتَفَى شَرْعُهُ المُطَهَّرَ وَإِلَى دِينِهِ الحَنِيفِيِّ انتَسَب. فَيَا أيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا اللهَ تَعَالَى. واعْلَمُوا أَنَّ اللهَ يَعْلَمُ مَا فِي أَنْفُسِكُمْ فَاحْذَرُوهَ (أَمَّا بَعدُ)

Hadirin jama’ah jumat yang berbahagia…

Marilah kita meningkatkatkan keimanan dan ketakwaan kita, kapanpun dan di manapun kita berada. Waktu yang telah kita lewati, kejadian yang kita hadapi, kondisi yang kita alami telah meninggalkan berbagai coretan amal dalam buku catatan amal kita.

Apakah perbuatan baik kita lebih banyak daripada perbuatan buruk kita? Atau justru sebaliknya?Sekecil apapun kebaikan maupun keburukan yang kita lakukan, pasti kita akan mendapatkan balasannya. Allah Swt. berfirman:

يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ النَّاسُ أَشْتَاتًا لِيُرَوْا أَعْمَالَهُم , فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ , وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ.

Artinya: “Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) perbuatan mereka,Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat biji sawipun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar biji sawipun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.”

Oleh karena itu, kita perlu untuk berintrospeksi, mengoreksi setiap hal yang dilakukan oleh anggota tubuh kita.Itulah yang oleh para Ulama disebut dengan muhasabah.Sahabat Umar Radliyallahu ‘anhu memerintahkan:

حَاسِبُوا أَنْفُسَكُمْ قَبْلَ أَنْ تُحَاسَبُوا ، وَزِنُوا أَنْفُسَكُمْ قَبْلَ أَنْ تُوزَنُوا ، وَتَزَيَّنُوا لِلْعَرْضِ الأَكْبَرِ، يَوْمَئِذٍ تُعْرَضُونَ لا تَخْفَى مِنْكُمْ خَافِيَة 

Artinya: “Koreksilah dirimu sebelum kamu dihisab, timbanglah amalmu sebelum kamu ditimbang, dan persiapkanlah bekal untuk menghadapi hari pertemuan besar , hari di mana kalian dihadapkan kepada Allah Swt. dan tidak ada perkara yang samar dari kalian.”

Jama’ah jum’at rahimakumullah…

Selagi kita masih hidup di dunia ini, berarti kita masih memiliki kesempatan untuk mengoreksi diri. Mulut kita, masihkah kita menggunakannya untuk mengucapkan hal-hal yang tidak baik? Mata kita, masihkah kita menggunakannya untuk melihat hal-hal yang diharamkan?Telinga kita, hati kita, farji kita, tangan dan kaki kita, masihkah kita menggunakannya untuk hal-hal yang tidak baik?

Dengan menanyakan hal-hal seperti itu pada diri kita sendiri, maka kita akan bisa menyadari hal-hal yang tidak baik yang telah dilakukan oleh anggota tubuh kita, sehingga kita bisa memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik di kemudian hari.

مَنْ كَانَ يَومُهُ خَيرًا مِنْ أَمْسِهِ فَهُوَ رَابِحٌ

 “Barang siapa yang hari ini lebih baik daripada hari kemarin, maka dia adalah orang yang beruntung.” Imam Al-Ghazzali mengatakan dalam kitab ihya’nya:

مَنْ حَاسَبَ نَفْسَهُ قَبْلَ أَنْ يُحَاسَبَ خُفَّ فِي القِيَامَةِ حِسَابُهُ.

Barang siapa yang berintrospeksi sebelum diinterogasi di akhirat nanti, dia akan diringankan hisabnya pada hari kiamat yang menanti.”

Dengan membaca istighfar setiap hari, diiringi penyesalan dan tekad kuat untuk memperbaiki diri, mudah-mudahan kita mendapati akhir yang baik dalam perjalanan kehidupan kita di dunia ini.

بَارَكَ اللهُ لِي وَلَكُم فِى القُرْآنِ الْعَظِيمِ وَنَفَعَنِى وَإِيَّاكُمْ  بِمَا فيهِ مِن آيَةٍ وَذِكرِ الحَكِيمِ. وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا  وَمِنكُم تِلَاوَتَهُ وَإنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ العَلِيمُ.أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيطَانِ الرَّجِيمِ. الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ. وَقُل رَّبِّ ٱغْفِرْ وَٱرْحَمْ وَأَنتَ خَيْرُ ٱلرَّٰحِمِينَ

3 dari 3 halaman

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ أَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَّى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَتكَ اْلمُقَرَّبِيْنَ اللّهُمَّ وَارْضَ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِيٍّ وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ الأَحْيآءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْأَلُوهُ مِن فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ أكبَر

Saksikan Video Pilihan Ini:

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat