uefau17.com

Amalan Terbaik 10 Hari Terakhir Ramadhan, Dapat Dikerjakan Dirumah - Islami

, Jakarta Memasuki 10 malam terakhir di bulan Ramadan membuat kita merasa sedih karena akan kehilangan bulan penuh berkah dan ampunan. 

Oleh karena itu, pada 10 malam terakhir Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk umat muslim memperbanyak amal ibadah. Ini sebagai wujud kecintaan terhadap bulan suci Ramadhan. 

Pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan juga memiliki keutamaan tersendiri bagi orang yang mampu menghidupkannya. Salah satu keutamaannya ialah malam Lailatul Qadar.

Mengutip dari ceramah Buya Yahya dalam chanel Youtube pribadinya, ia menjelaskan tentang cara menghidupkan 10 malam terkahir bulan Ramadhan dengan amalan-amalan terbaik. 

Berikut cara menghidupkan 10 malam terkahir bulan ramadhan dengan ibadah yang bisa dilaksanakan di rumah. 

"Bagi siapapun yang menghidupkan 10 hari terakhir bulan Ramadhan dengan perbanyak ibadah, menunjukan kecintaannya terhadap Ramadhan, karena merasa Ramadhan akan pergi maka dia perbanyak ibadahnya," kata Buya Yahya.

"Dan ibadah di bulan Ramadhan itu pahalanya dilipatgandakan sama Allah, belum lagi ada malam Lailatul Qadr yang sengaja Allah sembunyikan supaya kita terus ibadah," sambung Buya Yahya.  

Buya Yahya menambahkan bahwa kita perlu meneladani cara Rasulullah menghidupkan 10 malam terakhir Ramadhan dengan perbanyak ibadah. 

"Diceritakan dalam sebuah hadist, bahwa pada 10 malam terakhir Ramadhan, Rasulullah mengikat sarungnya dengan kencang dan mengangkat lengan bajunya menandakan bahwa beliau akan lebih giat beribadah," tutur Buya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ibadah Bersama

Tak hanya itu, umat muslim dianjurkan untuk mengajak penghuni rumah agar ikut beribadah bersama.  

"Jangan beribadah sendirian, ajak penghuni rumah lainnya untuk ikut ibadah juga, bangunkan mereka di malam hari untuk Qiyamul lail," ajak Buya.

Menurut Buya Yahya, tidak ada salahnya beribadah di rumah jika tak mampu pergi jauh ke Masjid. Dia menjelaskan, beribadah di Rumah juga termasuk amalan yang baik. 

"Bagi yang tidak bisa 'itikaf di masjid, bisa Kerjakan kebaikan di rumah, laksanakan ibadah di rumah karena ada Qiyamul lail," Ungkapnya.

Meski tak melaksanakan 'Itikaf dia masjid, Ada beberapa jenis ibadah yang bisa dilakukan di rumah yang disebut dengan Qiyamul Lail. 

"lantas apa yang bisa dilakukan di rumah, selain tarawih, bisa shalat malam, berdzikir, baca Al-Qur'an, mengadu pada Allah dan merenung," Ujarnya.

Penulis: Fatiyah Nurjanah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat