uefau17.com

Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Rajab Jatuh pada 6, 7 dan 8 Februari 2023: Niat dan Keutamannya - Islami

, Jakarta - Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunah yang dilaksanakan setiap pertengahan bulan pada kalender Hijriah, yakni pada tanggal 12, 13, dan 14. Karena itu disebut sebagai puasa hari cerah, karena bertepatan dengan bulan yang sempurna.

Ada beberapa hadis yang menjadi dasar dari pelaksanaan puasa Ayyamul Bidh. Pertama hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas RA.

“Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah baik di rumah maupun dalam bepergian’.” (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).

Hadis kedua diriwayatkan oleh dari Qatadah bin Milhan RA bahwa Rasulullah SAW telah memerintahkan puasa di tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya.

“Diriwayatkan dari Qatadah bin Milhan ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw telah memerintahkan untuk berpuasa pada hari-hari yang malamnya cerah, yaitu tanggal 13, 14, dan 15’.” (HR Abu Dawud). (An-Nawawi, Riyâdhus Shâlihîn, juz II, h. 81 dikutip dari NU Online)

Berikut ini adalah jadwal puasa Ayyamul Bidh bulan Rajab yang bertepatan dengan bulan Februari 2023 dalam kalender masehi.

13 Rajab 1444 H/Jumat, 6 Februari 2023

14 Rajab 1444 H/Sabtu, 7 Februari 2023

15 Rajab 1444 H/Minggu, 8 Februari 2023

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Niat dan Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Berikut adalah lafal niat puasa Ayyamul Bidh.

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى  

Arab-latin: Nawaitu shauma ayyâmil bîdl lilâhi ta’âlâ.   

Artinya: “Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ.”

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh

Bagi yang melaksanakan puasa ayyamul bidh akan meraih keutamaan luar biasa, di antara keutamaannya seperti puasa sepanjang tahun. Keutamaan ini berdasarkan hadis riwayat Bukhari nomor 1979.

“Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun,” demikian sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ’As. Wallahu’alam.

Tim Rembulan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat