uefau17.com

Link Download Logo Hari Guru Nasional 25 November 2022 Kemenag RI, Ada 8 Filosofi - Islami

, Jakarta - Link download logo Hari Guru Nasional 25 November 2022 Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia dapat diperoleh dalam artikel ini. Logo ini menjadi identitas dan dapat digunakan untuk memeriahkan berbagai rangkaian Hari Guru Nasional 2022.

Untuk memperingati Hari Guru 2022, Kemenag mengangkat tema “Berinovasi Mendidik Generasi”. Tema ini berbeda dengan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Tema Hari Guru 2022 Kemendikbudristek adalah “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Mengutip laman resmi Kemenag, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani membeberkan makna di balik tema Hari Guru yang dikeluarkan Kemenag. Ada kata “Berinovasi” yang mengandung pesan keluwesan dalam menyikapi atau menghadapi kondisi, tercakup juga menyelaraskan teks dan konteks tanpa meninggalkan esensi.

“Tenaga pendidik dituntut untuk mampu memberi dan menjadi solusi dengan melakukan inovasi, karena inovasi adalah sebuah kebutuhan dan keharusan di era kebiasaan baru,” katanya dikutip Sabtu (19/11/2022).

Sementara kalimat “Mendidik Generasi” mengandung makna tentang tanggung jawab bersama yang berkesinambungan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul di masa mendatang. SDM yang unggul yang menguasai pengetahuan dan diimbangi dengan implementasi nyata yang berjalan beriringan dengan etika.

"Karena inti dari pendidikan adalah mewujudkan generasi unggul dengan pengetahuan yang beretika," jelasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

8 Filosofi Logo Hari Guru Nasional 2022 Kemenag

Selain tema, Kemenag juga telah merilis logo resmi untuk Hari Guru 25 November 2022. Berikut adalah filosofi bentuk dan warna logo Hari Guru Kemenag 2022 yang dinukil dari laman resmi kemenag.go.id.

1. Bunga Tulip

Simbol kasih sayang yang tak terhingga, merepresentasikan kasih sayang guru yang mendalam kepada muridnya. 

2. Matahari

Melambangkan cahaya atau ilmu, bahwa seorang guru madrasah harus memiliki ilmu yang luas dan dalam. al-Ilmu Nuurun (Ilmu adalah cahaya).

3. Pendidik

Pendidik yang terdiri dari Guru dan Tenaga Kependidikan yang secara ikhlas mendidik (pahlawan tanpa tanda jasa) untuk melahirkan generasi-generasi yang unggul, cerdas, dan berprestasi.

4. Pena

Melambangkan kreativitas guru madrasah yang mampu memecahkan masalah-masalah pembelajaran dan pendidikan.

3 dari 4 halaman

Filosofi Lainnya

5. Buku

Jendela ilmu yang merupakan media dan sumber informasi untuk menemukan ide-ide seger sehingga menghasilkan inovasi-inovasi baru sesuai dengan kebutuhan zaman.

6. Daun

Melambangkan kontribusi guru guru madrasah yang memiliki dedikasi dan pengabdian yang tulus dalam mengajar dan mendidik siswa.

7. Garis Zigzag

Transformasi guru madrasah yaitu kemauan beradaptasi di segala kondisi untuk menjadi guru yang hebat (great teachers).

8. Warna Logo

Ragam warna pada logo merepresentasikan sifat-sifat yang dimiliki guru.

Emas : Ceria dan optimis

Hijau : Religius dan harmonis

Biru : Cerdas dan bijaksana

Crimson : Hangat (simpati dan empati).

4 dari 4 halaman

Adapun logo Hari Guru Kemenag 2022 dapat diunduh melalui link berikut ini. Dalam link tersebut Anda dapat mengunduh logo Hari Guru dengan format PNG dan beberapa model yang dapat dipilih. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat