uefau17.com

Sambut Ramadhan dengan Lantunkan Doa-Doa Ini - Islami

, Jakarta - Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung jam. Umat muslim di seluruh dunia tentu telah menantikan bulan yang penuh ampunan ini. Selain penuh ampunan, segala ibadah yang dilakukan di bulan ini akan diberikan pahala berlipat ganda oleh Allah SWT. 

Itu mengapa Ramadhan menjadi waktu yang tepat bagi umat muslim untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Ada banyak ibadah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan, terutama puasa selama satu bulan penuh.

Ya, seluruh umat muslim yang telah baligh diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Selain itu, ada pula ibadah sunnah di bulan Ramadhan yang sangat dinantikan umat muslim yaitu ibadah shalat tarawih.

Namun sebelum menjalaninya, ada baiknya kita menyambut Ramadhan dengan melantunkan doa. Doa menyambut bulan Ramadhan seolah menjadi hal yang dilakukan untuk bersyukur lantaran bisa kembali bertemu dengan bulan suci tersebut.

Doa menyambut bulan Ramadhan juga bisa diamalkan sebagai bentuk suka cita menyapa bulan suci. Doa-doa ini telah diamalkan oleh Rasulullah selama menyambut bulan Ramadhan.

Berikut doa sambut Ramadhan yang sering dipanjatkan Rasulullah lengkap dengan artinya:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Sambut Ramadhan

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

Allāhumma sallimnī li Ramadhāna, wa sallim Ramadhāna lī, wa sallimhu minnī.

Artinya,

“Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.” 

 

3 dari 4 halaman

Doa Sambut Ramadhan

Sementara itu, Imam Abu Dawud juga meriwayatkan doa berikut ini yang menjadi permohonan Rasulullah SAW.

هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ مرتين، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ ثَلاث مرات، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا ، وَجَاءَ بِشَهْرِ كَذَا 

Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā’a bi syahri kadzā. 

Artinya,

"Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini," (HR Abu Dawud).

 

4 dari 4 halaman

Infografis tradisi bersih-bersih sambut Ramadan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat