uefau17.com

Samakah Pahala Haji Biasa dengan ONH Plus? - Islami

, Jakarta - Perjalanan ibadah haji merupakan perjalanan yang paling diimpikan oleh setiap umat muslim. Para calon haji datang dari berbagai negara dan golongan ekonomi untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Tak jarang, banyak dari calon haji dari golongan ekonomi atas menggunakan ongkos naik haji atau ONH plus untuk menunaikan ibadah haji.

Banyak dari agen wisata yang menawarkan ONH plus ini dengan tarif kurang lebih 30 ribu Pound atau lebih, atau 40 ribu Riyal yang oleh sebagian orang disebut haji bintang lima.

Jemaah haji yang menggunakan ONH plus sering disebut rombongan haji elit yang tinggal di hotel bintang lima, baik di Madinah, Mina, Arafah, maupun di Makkah.

Mereka juga mendapatkan kenyamanan, pelayanan yang prima, dan fasilitas memuaskan. Sedangkan jemaah haji lainnya yang tidak menggunakan ONH plus harus bersusah payah dengan berbagai fasilitas yang sangat sederhana, tidur di atas lantai, makan seadanya, bahkan terkadang jarang makan karena keterbatasan.

Dilansir dari buku 100 Tanya-Jawab Haji & Umrah karya Yusuf Al Qaradhawi bahwa banyaknya amal yang diterima oleh jemaah haji ONH plus didasarkan dengan syariat dan usaha mereka.

Karena pahala suatu amal adalah niat dan keikhlasan kepada Allah SWT. Dan barangsiapa melakukan suatu amal yang tidak didasari petunjuk Nabi Muhammad maka amal tersebut ditolak.

Al-Fudhail bin Iyadh dalam buku yang sama mengatakan bahwa amal yang diterima hanyalah amal yang tulus dan benar. Termasuk untuk melakukan ibadah haji.

"Amal disebut tulus kalau dilakukan murni kepada Allah dan disebut benar kalau berdasarkan sunah. Selebihnya, pahala itu seukur dengan jerih payah," kata Al-Fudhail.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penilaian Allah

Di sisi Allah, tentulah tidak sama antara haji yang nyaman dan haji yang susah payah. Sangat boleh jadi, orang yang berhaji mahal mendapatkan pahala karena dirinya juga mendemawarkan hartanya, juga karena dirinya berakhlak baik, berniat tulus, dan sebagainya.

"Sesungguhnya Allah tidak menganiayaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesara zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisinya pahala yang besar." dikutip dari Alquran surat An Nisa ayat 40.

 

Reporter : Nabila Bilqis

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat