uefau17.com

180 Kata-Kata Tulisan Arab yang Penuh Hikmah, Dilengkapi Latin dan Artinya - Hot

, Jakarta Kata-kata tulisan Arab memang terkenal akan kekayaan hikmah dan maknanya. Setiap katanya dipenuhi dengan makna mendalam yang bisa memberikan inspirasi, motivasi, serta hikmah bagi siapa pun yang memahaminya.

Tak heran jika banyak orang yang menggunakan kata-kata tulisan Arab untuk mengungkapkan perasaan atau sebagai pijakan dalam menghadapi kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, kata-kata tersebut menjadi penyejuk hati dan pemacu semangat bagi setiap orang yang memahaminya.

Dalam artikel ini, kita akan menemukan kumpulan kata-kata tulisan Arab yang penuh hikmah, dilengkapi dengan tulisan latin dan artinya. Dari kata-kata tentang cinta, kehidupan, motivasi, hingga keikhlasan, semuanya akan kita temukan di sini, sebagaimana telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/12/2023).

Semoga dengan memahami makna dari setiap kata-kata tulisan Arab ini, kita dapat menemukan inspirasi dan motivasi dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Serta, semoga dapat pula menjadi sumber kekuatan dan ketenangan bagi siapa pun yang membutuhkannya. Bacalah, renungkan, dan biarkan setiap kata-kata tersebut menjelma menjadi bimbingan dan cahaya dalam kehidupan kita.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kata-Kata Tulisan Arab tentang Cinta

Kata-Kata Tulisan Arab tentang Cinta yang Penuh Hikmah

1. الحب أعمى

Al-hubbu a'ma

Cinta buta

2. الحب يغطي العيوب

Al-hubbu yughatti al-'uyub

Cinta menutupi kekurangan

3. الحب كلمة واحدة، وكلمات كثيرة

Al-hubbu kalimah wahidah, wa kalimat kathirah

Cinta adalah satu kata, namun memiliki banyak makna

4. الحب لا يعرف السن

Al-hubbu laa ya'rif al-san

Cinta tidak mengenal usia

5. الحب لا يعرف اللون

Al-hubbu laa ya'rif al-lawn

Cinta tidak mengenal warna

6. الحب يقدر كل شيء

Al-hubbu yaqdiru kullu shay'

Cinta mampu merubah segalanya

7. الحب في الله

Al-hubbu fil-lah

Cinta karena Allah

8. الحب لا يموت

Al-hubbu la yamut

Cinta tidak pernah mati

9. الحب ماء الحياة

Al-hubbu ma'un al-hayah

Cinta adalah air kehidupan

10. الحب هبة من السماء

Al-hubbu habah min as-sama'

Cinta adalah anugerah dari langit

11. الحب جنة الدنيا

Al-hubbu jannat al-dunya

Cinta adalah surga dunia

12. الحب صفحة بيضاء

Al-hubbu safhah bayda'

Cinta adalah halaman putih

13. الحب أحلى من العسل

Al-hubbu ahlam min al-'asal

Cinta adalah lebih manis dari madu

14. الحب كيمياء القلوب

Al-hubbu kimiya' al-qulub

Cinta adalah kimia hati

15. الحب نار في القلب

Al-hubbu naar fi al-qalb

Cinta adalah api dalam hati

16. الحب كله جوهرة

Al-hubbu kulluhu jawharah

Cinta adalah permata

17. الحب روح الحياة

Al-hubbu ruh al-hayah

Cinta adalah jiwa kehidupan

18. الحب وردة الجنة

Al-hubbu wardat al-jannah

Cinta adalah bunga surga

19. الحب موسيقى الروح

Al-hubbu musiqa' al-ruh

Cinta adalah musik jiwa

20. الحب نجم الليل

Al-hubbu nujum al-lail

Cinta adalah bintang malam

21. الحب حلاوة الأيام

Al-hubbu halaawat al-ayam

Cinta adalah manisnya hari-hari

22. الحب سحر الكون

Al-hubbu sahr al-kawn

Cinta adalah pesona alam semesta

23. الحب رحمة الله

Al-hubbu rahmatu Allah

Cinta adalah rahmat dari Allah

24. الحب هو العلاج

Al-hubbu huwa al-'ilaj

Cinta adalah obat

25. الحب يسقي الأرض

Al-hubbu yusqi al-ard

Cinta adalah yang menyirami bumi

26. الحب هو القدوة

Al-hubbu huwa al-qudwah

Cinta adalah teladan

27. الحب كذبة

Al-hubbu kadhbah

Cinta adalah kebohongan

28. الحب يبني الأمم

Al-hubbu yabni al-umam

Cinta membangun bangsa

29. الحب يسلب العقول

Al-hubbu yaslab al-'uqul

Cinta merampas akal

30. الحب يعيد الحياة

Al-hubbu yu'id al-hayah

Cinta mengembalikan kehidupan

Itulah 30 contoh Kata-Kata Tulisan Arab tentang Cinta yang penuh hikmah. Semoga dapat memberikan inspirasi dan kebijaksanaan bagi pembacanya.

3 dari 7 halaman

Kata-Kata Tulisan Arab tentang Bersyukur

Berikut merupakan 30 contoh kata-kata tulisan Arab tentang bersyukur beserta transliterasi latin dan artinya:

1. كُلُّ عَيْنٍ بِمَا فِيْهَا يَوْمِئِذٍ سَاهِرَةٌ - Kullu 'aynin bimaa feehaa yawmai'dzin saahirah (Setiap mata pada hari itu akan terjaga) - (QS. Qaf: 22)

2. وَقَلِيْلٌ مِّنْ عِبَادِيَ الشَّكُوْرُ - Waqaliilun min 'ibaadiyash-shakuur (Dan sedikit sekali dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur) - (QS. Saba: 13)

3. وَاذْكُرُوْا نِعْمَةَ الله عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَأَصْبَحْتُم بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا - Wa dzkuruu ni'matal-laahi 'alaykum iz kuntum a'daaa'a famallah fa bainaa quluubikum fa ash bahtum bi ni'matihi ikhwaanaa (Dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuh-musuhan maka Allah silihkan antara hatimu lalu menjadilah kamu karena nikmat-Nya bersaudara) - (QS. Ali Imran: 103)

4. وَقَلِيْلٌ مِّنْ عِبَادِيَ الشَّكُوْرُ - Wa qaliilun min 'ibaadi ash-shakuur (Dan sedikit dari hamba-hamba-Ku yang bersyukur) - (QS. Saba: 13)

5. مَن لَّمْ يَشْكُرِ النَّاسَ لَمْ يَشْكُرِ اللَّهَ - Man lam yasykurin-naasa lam yasykurillaah (Barangsiapa yang tidak bersyukur kepada manusia, maka ia tidak bersyukur kepada Allah) - (HR. Ahmad)

6. الشَّاكِرُ - Ash-shaakir (Yang bersyukur)

7. تَصْبِيْرٌ شُكْرٌ - Tasbiirun syukrun (Sabar adalah Syukur)

8. نِعْمَةُ الصِّحَّةِ أَوْلَى بِالشُّكْرِ - Ni'matush-shihhah aulaa bil shukr (Nikmat kesehatan lebih pantas disyukuri)

9. الشُّكْرُ هُوَ الذِّيرَةُ لِلنِّعْمَةِ - Asy-shukru huwadz-dziiratul lin-ni'mah (Syukur merupakan pengganti dari nikmat)

10. لَا يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لَا يَشْكُرُ النَّاسَ - Laa yasykuru llaaha man laa yasykuru an-naas (Tidak bersyukur kepada Allah, barangsiapa yang tidak bersyukur kepada manusia)

11. خَيْرُ اللهِ مَا حُمِدَتْ رِزْقًا - Khairullahi maa humidat rizqan (Nikmat terbaik dari Allah adalah rezeki yang dipuji)

12. كَفَى بِالمَرْءِ إِثْمًا أَنْ يُضِيّفَ مَنْ لَا يَشْكُرُ - Kafaa bil mar'iitsman an-yudziifara man laa yasykur (Cukuplah dosa bagi seseorang untuk tidak mensyukuri orang yang berbuat baik)

13. لَوْ لَا التَّوْدِيْعُ لَمَا اسْتُحْسِنَ اللِّقَاءُ - Laula at-tawdi'u lamaa istuhsinal liqaa' (Jika bukan karena perpisahan, tidak akan indahnya pertemuan)

14. أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّـةٍ - A'udzu bikalimaatillahit taammaati min kulli syaithaaniw wa haammatiw wa min kulli 'aynil lammah (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari setan yang direjam, binatang yang merayap dan dari setiap mata yang menyinari)

15. لَا يَشْكُرُ اللهَ مَنْ لَا يَشْكُرُ النَّاسَ - Laa yasykurullaaha man laa yasykuru an-naas (Tidak bersyukur kepada Allah, barangsiapa yang tidak bersyukur kepada manusia)

16. أَكْثِرُ مَا تَكُوْنَ فِي حَاجَةٍ فَإِنَّ مَعَكَ اللَّهَ - Aktsiru maa takuuna fii haa jatin fainna ma'aka llaah (Banyaklah bersyukur ketika dalam kebutuhan, karena sesungguhnya Allah bersamamu)

17. الشُكْرُ قُلْبَانِ : قَلْبٌ شَاكِرٌ بِلِسَانِهِ وَقَلْبٌ شَاكِرٌ بِفِعَالِهِ - Ash-shukru qulbaan : qalbun shakirun bilisaniihi wa qalbun shakirun bifii'lihi (Syukur itu dua bagian: hati yang bersyukur dengan lisannya dan hati yang bersyukur dengan perbuatannya)

18. الْكَاءِنُ الشَّاكِرُ - Al-kaainush-shaakir (Alam semesta yang bersyukur)

19. الشُّكْرُ عِبَادَةٌ - Ash-shukru 'ibaadah (Syukur adalah ibadah)

20. عَلَيْكَ بِذِكْرِ اللهِ سَتُجْدُ الشُكْرَ كَافِيًا - 'Alayka bidzikril laahi satujdu ash-shukra kaafiyan (Berpegang teguhlah pada mengingat Allah, niscaya kamu akan mendapatkan kecukupan dalam bersyukur)

21. اَللّٰهُمَٓ اَنْعِمْ عَلَيَّٓنَا بِنِعْمَةِ الشُّكْرِ - Allahumma an'im 'alaynaa bini'matisy syukr (Ya Allah, berikanlah kami nikmat bersyukur)

22. الشُّكْرُ هُوَ اَلْوَسِيلَةُ إِلَى ٱلنِّجَاحِ - Ash-shukr huwa al-wasiilatu ilan-najah (Syukur adalah jalan menuju keberhasilan)

23. الشُّكْرُ يُزِيْدُ الْكَثِيْرُ مِنْ النِّعْمِ - Ash-shukru yuziidul kaciiru minal ni'mi (Syukur meningkatkan nikmat)

24. الشُّكْرُ يُكَفِّرُ الذُّنُوْبَ - Ash-shukru yukaffiruz dzunuub (Syukur menghapus dosa)

25. الشُكرَ أَيْمَنٌ بِقَدَرٍ - Ash-shukra aimanun biqadar (Syukur adalah penerimaan akan takdir)

26. اِعْلَـمْ أَنَّ ٱلشُّكْرَ عِلَى النِّعْمِةِ هُوَ حَقُّ النِّعْمَةِ - I'lam annash-shukra 'alan-ni'mati huwa haqqun-ni'mah (Ketahuilah, bersyukur atas nikmat adalah hak dari nikmat)

27. لِكُلِّ قُوْمٍ حَجًّ ، وَحَجُّ الْمُؤْمِنِ الشُّكْرُ - Likulli qawmin hajj, wahajjul mu'minash-shukr (Setiap umat memiliki ibadah haji, dan haji bagi orang beriman adalah syukur)

28. خَيْرُ اللهِ مَا حُمِدَتْ رِزْقًا - Khairullahi maa humidat rizqan (Nikmat terbaik dari Allah adalah rezeki yang dipuji)

29. اِذَا اشْتَكى الَحـَالُ هُرَاً فَابـدَأِ مِن مَعـْرُوفٍ - Izaa ishtakal haal huuraa fabda'i min ma'ruuf (Jika situasi tidak menyenangkan, mulailah dengan bersyukur)

30. الشُّكْرُ مِنَ النِعْمَةِ بَلِغَةُ الْعَيْنِ - Ash-shukru minan-ni'mah balighatul 'ain (Syukur atas nikmat adalah ungkapan dari mata)

Itulah 30 contoh Kata-Kata Tulisan Arab tentang bersyukur yang bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk kita semua. Semoga kita selalu mampu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Amin.

4 dari 7 halaman

Kata-Kata Tulisan Arab tentang Kehidupan

Kata-Kata Tulisan Arab tentang Kehidupan yang penuh hikmah sangat banyak dan memiliki makna yang mendalam. Berikut adalah 30 contoh kata-kata tulisan Arab tentang kehidupan beserta dengan transliterasi Latin dan artinya:

1. الصبر مفتاح الفرج

As-sabr miftah al-faraj

Kesabaran adalah kunci kebahagiaan

2. الحياة دنيا زائلة

Al-hayah dunia za'ilah

Kehidupan dunia adalah sementara

3. العلم نور

Al-'ilm nur

Ilmu adalah cahaya

4. القلب دائما يسأل و اللسان دائما يرد

Al-qalbu dayman yas'al wa al-lisanu dayman yurad

Hati selalu bertanya dan lidah selalu menjawab

5. الجوهرة في القلب لا في الثوب

Al-jawharah fi al-qalb la fi al-thaub

Inti dari sesuatu ada di hati, bukan di pakaian

6. الصديق وقت الضيق

As-sadiq waqt ad-daiq

Sahabat adalah pada saat kesulitan

7. العقل في رأسك، والحكمة في تعاملك

Al-'aql fi ra'sik, wa al-hikmah fi ta'amalik

Akal ada di kepalamu, dan kebijaksanaan ada di perilakumu

8. الكرم في الاخلاق، والعقوق في الأقارب

Al-karam fi al-akhlaq, wa al-'uquq fi al-aqarib

Kebajikan ada dalam akhlak, dan kedurhakaan ada dalam hubungan keluarga

9. الزهد في الدنيا، منارة السعادة

Az-zuhd fi ad-dunya, minarat as-sa'adah

Menyendiri dari dunia adalah sumber kebahagiaan

10. التجربة هي ام الحكمة

At-tajribah hiya umm al-hikmah

Pengalaman adalah induk dari kebijaksanaan

11. الوقت كالسيف إن لم تقطعه قطعك

Al-waqt ka as-sayf in lam taqta'hu qata'ak

Waktu ibarat pedang, jika tidak kamu gunakan akan merugikanmu

12. الصديق وقت الضيق

As-sadiq waqt ad-daiq

Sahabat adalah pada saat kesulitan

13. السكوت جوهرة الحكمة

As-sukut jawharah al-hikmah

Diam adalah inti dari kebijaksanaan

14. الدنيا خير وشر

Ad-dunya khayr wa syarr

Dunia adalah baik dan buruk

15. الكرم لا يضر

Al-karam la yudir

Kebajikan tidak akan merugikan

16. الحقيقة تجرح

Al-haqqiqah tajuruh

Kebenaran akan menyakiti

17. الصبر في الضراء عمتيد

As-sabr fi ad-durra' 'umtid

Kesabaran di saat kesulitan adalah pilar

18. النجاح بلا عمل حلم

An-najah bila 'amal hulm

Kesuksesan tanpa kerja keras adalah mimpi

19. الحياة مليئة بالتحديات

Al-hayah mali'ah bittahadiyat

Kehidupan penuh dengan tantangan

20. الحمد لله على كل شي

Al-hamdulillah 'ala kulli shay

Segala puji bagi Allah atas segala hal

21. الصدق والامانة مبدأ وليس اختيار

As-sidq wal-amanah mabda' wa laysa ikhtiyar

Kejujuran dan amanah adalah prinsip bukan pilihan

22. الأمل لا يموت

Al-amal la yamut

Harapan tidak pernah mati

23. الكرم أسلوب حياة

Al-karam aslub hayah

Kebajikan adalah gaya hidup

24. العمل نصف النجاح

Al-'amal nisf an-najah

Kerja adalah separuh dari kesuksesan

25. العافية تاج العقل

Al-'afiyyah taj al-'aql

Kesehatan adalah mahkota kebijaksanaan

26. الحب يقوي

Al-hubb yaqwi

Cinta memperkuat

27. الأمل ينبت

Al-amal yanbit

Harapan tumbuh

28. السعادة في القناعة

As-sa'adah fi al-qana'ah

Kebahagiaan ada dalam kesederhanaan

29. الثقة نصف الحياة

At-tiqah nisf al-hayah

Kepercayaan diri adalah setengah dari kehidupan

30. الدعاء يغير المصير

Ad-du'a yughayyir al-masir

Doa bisa mengubah nasib

Kata-kata tulisan Arab ini mengajarkan banyak hikmah tentang kehidupan yang dapat menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Semoga kata-kata ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca.

5 dari 7 halaman

Kata-Kata Tulisan Arab tentang Rindu

Rindu, sebuah perasaan yang sering menghiasi hati manusia. Berikut adalah 30 contoh Kata-Kata Tulisan Arab tentang rindu, beserta transliterasi latin dan artinya:

1. الشوق أليك أشبه بالجنون

Al-shawq ilayka ashbah bil-junun

Artinya: Kerinduanku padamu seperti kegilaan

2. الشوق للوطن من الإيمان

Al-shawq lil-watan min al-iman

Artinya: Kerinduan akan tanah air adalah bagian dari iman

3. يا رب ارزقني شوقا صادقا لقربك

Ya rabb arzuqni shawqan sadiqan liqurbik

Artinya: Ya Allah, anugerahkanlah padaku rindu yang tulus kepada-Mu

4. الشوق أليك يحرق قلبي

Al-shawq ilayka yuhrigu qalbi

Artinya: Kerinduanku padamu membakar hatiku

5. الشوق يجعل القلب ينادي بصوت هادئ

Al-shawq yuj'al al-qalb yunadi bisaut hadi

Artinya: Kerinduan membuat hati berseru dengan suara lembut

6. كم أنا مشتاق إليك

Kam ana mishtaq ilayk

Artinya: Betapa rindunya aku padamu

7. الشوق يجعل الليالي طويلة

Al-shawq yuj'al al-layali tawila

Artinya: Kerinduan membuat malam-malam panjang

8. الشوق يبعثر الأفكار

Al-shawq yub'ithur al-afkar

Artinya: Kerinduan mengacaukan pikiran

9. كم أحتاجك، يا حب

Kam ahtajak, ya hab

Artinya: Betapa aku membutuhkanmu, oh cinta

10. لقد أشتقت إليك كثيرا

Laqadishtaqtu ilayk katheera

Artinya: Aku sangat merindukanmu

11. الشوق يجعل الذكرى مريرة

Al-shawq yuj'al al-dhikra murrira

Artinya: Kerinduan membuat kenangan pahit

12. يا الله، أنا بحاجة إلى حبك

Ya Allah, ana bihaja ila hubbik

Artinya: Ya Allah, aku membutuhkan kasih sayang-Mu

13. كيف يمكنني أن أعيش بدون حبك؟

Kayfa yumkinuni an a'ish bidun hubbik?

Artinya: Bagaimana mungkin aku hidup tanpa cintamu?

14. لقد اشتقت إلى وجهك الكريم

Laqadishtaqtu ila wajhik al-karim

Artinya: Aku sangat merindukan wajah muliamu

15. الشوق يجعل القلب ينزف

Al-shawq yuj'al al-qalb yanzif

Artinya: Kerinduan membuat hati berdarah

16. أين أجدك يا من أشتقت إليه؟

Ayna ajiduk ya man ashtaqta ilayhi?

Artinya: Dimanakah aku bisa menemukanmu, wahai yang aku rindukan?

17. الشوق يجعل الدموع تتدفق

Al-shawq yuj'al al-dumu' tatadfa'u

Artinya: Kerinduan membuat air mata mengalir

18. ما أعظم شوقي لرؤيتك

Ma a'zamu shawqi liru'yatik

Artinya: Betapa besar kerinduanku untuk melihatmu

19. يا الله، أشتاق إلى قربك

Ya Allah, ashtaqu ila qurbik

Artinya: Ya Allah, aku merindukan dekat dengan-Mu

20. الشوق يجعل الليل حالم

Al-shawq yuj'al al-layl hali

Artinya: Kerinduan membuat malam menjadi penuh mimpi

21. أحن إلى لقائك

Ahun ila liqak

Artinya: Aku merindukan untuk bertemu denganmu

22. الشوق يأكلني من الداخل

Al-shawq ya'kulluni min al-dakhil

Artinya: Kerinduan menggerogoti diriku dari dalam

23. كم أنا مشتاقة إليك يا رسول الله

Kam ana mishtaqah ilayk ya rasulullah

Artinya: Betapa aku merindukanmu, wahai Rasulullah

24. يا رب، أرني طريقا لقربك

Ya rabb, arini tariqan liqurbik

Artinya: Ya Allah, tunjukkanlah aku jalan menuju kehadiran-Mu

25. الشوق يجعل الأيام تبدو طويلة

Al-shawq yuj'al al-ayam tabdu tawila

Artinya: Kerinduan membuat hari-hari terasa panjang

26. أشتاق إلى صوتك الدافئ

Ashtaqu ila sawtik al-dafi

Artinya: Aku merindukan suaramu yang hangat

27. الشوق يجعل آهات القلب تتكاثر

Al-shawq yuj'al ahat al-qalb tatakathur

Artinya: Kerinduan membuat desahan hati bertambah-tambah

28. كم أنا مشتاق إلى ضحكتك

Kam ana mishtaq ila dhikratik

Artinya: Betapa aku merindukan tawamu

29. أشتاق إلى عناقك

Ashtaqu ila 'anaqik

Artinya: Aku merindukan untuk dipeluk olehmu

30. الشوق يمزق القلب

Al-shawq yamzaq al-qalb

Artinya: Kerinduan merobek hati

Rindu adalah perasaan yang bisa dipahami oleh setiap orang. Kata-kata tulisan Arab tentang rindu ini bisa memberikan pelajaran dan hikmah bagi setiap orang yang merindukan sesuatu atau seseorang. Semoga kata-kata ini bisa memberikan inspirasi dan kekuatan bagi siapa pun yang merindu.

6 dari 7 halaman

Kata-Kata Tulisan Arab tentang Adab

Kata-Kata Tulisan Arab tentang Adab yang penuh hikmah memang memiliki kekuatan tersendiri dalam menyampaikan pesan-pesan kebaikan. Berikut ini adalah 30 contoh Kata-Kata Tulisan Arab tentang adab beserta transliterasi latin dan artinya:

1. الأدب ما ترك وما أتى (Al-adab ma tark wa ma ataa) - "Adab adalah apa yang ditinggalkan dan apa yang datang."

2. الأدب زينة الجاهل وحلة العالم (Al-adab zeenat al-jahil wa hallat al-aalim) - "Adab adalah hiasan orang bodoh dan pakaian orang berilmu."

3. الأدب حسن أخلاق وليس من الولادة (Al-adab hasun akhlaq wa laysa min al-wiladah) - "Adab adalah akhlak yang baik dan bukanlah berasal dari kelahiran."

4. الأدب ينقصون فيه أغنياء الناس (Al-adab yunqasoonu feehi aghniaa' al-naas) - "Adab adalah sesuatu yang kurang di antara orang-orang kaya."

5. الأدب روضة القلوب وجمال الكلام (Al-adab rawdat al-quloob wa jamaal al-kalaam) - "Adab adalah taman hati dan keindahan perkataan."

6. الأدب أسهل طريق إلى قلوب الناس (Al-adab asahal tareeq ila quloob al-naas) - "Adab adalah jalan tercepat menuju hati orang lain."

7. الأدب نصف العلم (Al-adab nisf al-ilm) - "Adab adalah separuh dari ilmu."

8. الأدب كلمة جميلة وسلوك حسن (Al-adab kalimah jameelat wa suluk hasan) - "Adab adalah kata-kata indah dan perilaku yang baik."

9. الأدب خير من غنى الفقير (Al-adab khayr min ghina al-faqeer) - "Adab lebih baik daripada kekayaan orang miskin."

10. الأدب مسائل في القلب وفي العقل (Al-adab masaail fi al-qalb wa fi al-aql) - "Adab adalah masalah dalam hati dan pikiran."

11. الأدب أن تبقى مع الناس وتفوقهم (Al-adab an tubqaa ma'a al-naas wa tafawwuhum) - "Adab adalah tinggal bersama orang lain dan mengungguli mereka."

12. الأدب مولود في العائلة ومربى في المدارس (Al-adab mawlood fi al-a'ilah wa murabba fi al-madaris) - "Adab adalah lahir dalam keluarga

13. الأدب فارغة المباحثا العلمية (Al-adab faariqat al-mubaahitha al-ilmiyyah) - "Adab adalah sesuatu yang kosong dari penelitian ilmiah."

14. الأدب أحسن الأخلاق وأعظم المراتب (Al-adab ahsan al-akhlaaq wa a'zam al-maraatib) - "Adab adalah akhlak yang baik dan posisi yang tinggi."

15. الأدب من يدرك الإنسان لديه في أحسن حال (Al-adab man yudrik al-insaan ladayhi fi ahsan haal) - "Adab adalah apa yang manusia sadari dalam keadaan terbaiknya."

16. الأدب طريق الرفقة (Al-adab tareeq al-rifqah) - "Adab adalah jalan menuju kedermawanan."

17. الأدب ما جاء من الأمانة والأخلاق (Al-adab ma jaa' min al-amanah wa al-akhlaaq) - "Adab adalah apa yang datang dari amanah dan akhlak."

18. الأدب أحسن نصيحة لكل الرجال (Al-adab ahsan naseehah likull al-rijaal) - "Adab adalah nasehat terbaik untuk semua orang."

19. الأدب يبقى بطلاً بالجمال والقوة (Al-adab yabqaa baatin bil-jamaal wa al-quwah) - "Adab tetaplah hero dengan keindahan dan kekuatan."

20. الأدب ليس يُورَث ولا يُقتنى (Al-adab laysa yoorath wa laa yuqtanna) - "Adab tidak diwariskan dan tidak dapat dibeli."

21. الأدب جمال يكمل تكامل القلوب (Al-adab jamaal yukammil takaamil al-quloob) - "Adab adalah keindahan yang melengkapi keutuhan hati."

22. الأدب ترك الشرفاء وقوم ليسوا بشرفاء (Al-adab tark al-shurafaa' wa qawm laysu bi-shurafaa') - "Adab adalah meninggalkan orang-orang terhormat dan bergaul dengan orang yang tidak terhormat."

23. الأدب أفضل ما صرفت لمن لا يقوى عليه (Al-adab afdal ma sarifat liman laa yuqiyy aalayh) - "Adab adalah yang terbaik yang telah diberikan kepada yang tidak mampu mengatasinya."

24. الأدب تربية الأشبال وقوم بالغ (Al-adab tarbiyah al-ashbaal wa qawm balagh) - "Adab adalah pendidikan bagi anak-anak dan orang dewasa."

25. الأدب حصان الرجال وجمال النساء (Al-adab hisaan al-rijaal wa jamaal al-nisaa') - "Adab adalah kuda untuk laki-laki dan kecantikan untuk perempuan."

26. الأدب يفتح أبواب المودة ويغلق أبواب العداوة (Al-adab yuftah abwaab al-mawaddah wa yughlaq abwaab al-'adaawah) - "Adab membuka pintu-pintu kasih sayang dan menutup pintu-pintu permusuhan."

27. الأدب هو الحقيقة الذهبية الثابتة (Al-adab huwa al-haqeeqah al-thahabiyyah al-thaabita) - "Adab adalah kebenaran emas yang tetap."

28. الأدب مرآة الأخلاق (Al-adab miraat al-akhlaaq) - "Adab adalah cermin akhlak."

29. الأدب يسرع الإيضاح والتوصيل (Al-adab yusari'u al-iidhaah wa al-tawsil) - "Adab mempercepat penjelasan dan pengiriman pesan."

30. الأدب هو الصديق المخلص للإنسان (Al-adab huwa al-sadeeq al-mukhlis lil-insaan) - "Adab adalah teman yang setia bagi manusia."

Kata-kata tulisan Arab tentang adab ini memberikan gambaran yang jelas mengenai pentingnya memperlakukan orang lain dengan baik dan sopan, serta menunjukkan bahwa adab memiliki kedudukan yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kata-kata hikmah ini dapat menjadi pedoman bagi kita dalam menjalani kehidupan dengan penuh nilai-nilai adab yang baik.

7 dari 7 halaman

Kata-Kata Tulisan Arab tentang Kesedihan

Berikut adalah contoh-contoh kalimat tentang kesedihan dalam bahasa Arab beserta transliterasi latin dan artinya:

1. الحزن أمرٌ مؤلم (Al-huzn amrun mu’lim)

Artinya: Kesedihan adalah hal yang menyakitkan

2. اللهم إني أعوذ بك من الهم والحزن (Allahumma inni a’udhu bika min al-hammi wal-huzn)

Artinya: Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari kesedihan dan kegelisahan

3. الحزن يؤلم القلب (Al-huzn yu’lim al-qalb)

Artinya: Kesedihan menyakitkan hati

4. الحزن يأكل الروح (Al-huzn ya’kul al-ruh)

Artinya: Kesedihan menggerogoti jiwa

5. الحزن كظلام في النفس (Al-huzn kazhulam fi al-nafs)

Artinya: Kesedihan seperti kegelapan dalam jiwa

6. الحزن يجعل الفرح بعيداً (Al-huzn yaj’al al-farah ba’ida)

Artinya: Kesedihan membuat kebahagiaan menjauh

7. الفراق يولد الحزن (Al-firaq yulid al-huzn)

Artinya: Perpisahan melahirkan kesedihan

8. الحزن يجعل العيون دامعة (Al-huzn yaj’al al-‘uyun dami’a)

Artinya: Kesedihan membuat mata berlinang air

9. الحزن يوجع القلب (Al-huzn yooja’ al-qalb)

Artinya: Kesedihan menyakiti hati

10. الحزن يغرق الروح (Al-huzn yaghraq al-ruh)

Artinya: Kesedihan menyelubungi jiwa

11. الحزن كالسحاب الثقيل (Al-huzn kalsahab al-thaqil)

Artinya: Kesedihan seperti awan yang tebal

12. الحزن يلوث الروح (Al-huzn yalwas al-ruh)

Artinya: Kesedihan mencemari jiwa

13. الحزن يصيب الجسد (Al-huzn yusib al-jasad)

Artinya: Kesedihan mempengaruhi tubuh

14. الحزن يقتل الروح (Al-huzn yaqtul al-ruh)

Artinya: Kesedihan membunuh jiwa

15. الحزن كحجر ثقيل على القلب (Al-huzn kahajar thaqil ‘ala al-qalb)

Artinya: Kesedihan seperti batu berat di atas hati

16. الحزن يضيق النفس (Al-huzn yadhiq al-nafs)

Artinya: Kesedihan menyempitkan napas

17. الحزن يجعل الحياة مريرة (Al-huzn yaj’al al-hayah murirah)

Artinya: Kesedihan membuat hidup pahit

18. الحزن يعتري الروح (Al-huzn ya’tari al-ruh)

Artinya: Kesedihan menimpa jiwa

19. الحزن يزيح الفرح (Al-huzn yazih al-farah)

Artinya: Kesedihan mengusir kebahagiaan

20. الحزن يحيل البهجة (Al-huzn yahil al-bahjah)

Artinya: Kesedihan mengubah kegembiraan

21. الحزن كالضجر (Al-huzn kadh-dzajr)

Artinya: Kesedihan seperti kejenuhan

22. الحزن يقود إلى اليأس (Al-huzn yaqud ila al-ya’s)

Artinya: Kesedihan membawa kepada keputusasaan

23. الحزن يشبه الألم (Al-huzn yushbih al-alim)

Artinya: Kesedihan menyerupai rasa sakit

24. الحزن يلثم الروح (Al-huzn yalitham al-ruh)

Artinya: Kesedihan merayu jiwa

25. الحزن يقسو على القلب (Al-huzn yaqsu ‘ala al-qalb)

Artinya: Kesedihan membuat hati keras

26. الحزن يشغل البال (Al-huzn yashghul al-baal)

Artinya: Kesedihan mengganggu pikiran

27. الحزن يسيطر على العقل (Al-huzn yaseetar ‘ala al-‘aql)

Artinya: Kesedihan menguasai akal

28. الحزن يعتري النفس (Al-huzn yetari al-nafs)

Artinya: Kesedihan menimpa jiwa

29. الحزن يسلب البهجة (Al-huzn yasalib al-bahjah)

Artinya: Kesedihan merampas kegembiraan

30. الحزن يغمر الروح (Al-huzn yaghamir al-ruh)

Artinya: Kesedihan menyelimuti jiwa

Semoga kata-kata tulisan Arab tentang kesedihan di atas dapat memberi inspirasi dan bermanfaat bagi pembaca.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat