uefau17.com

Barcode adalah Kode Identifikasi Khusus, Kenali Beda Jenis Satu Dimensi dan Dua Dimensi - Hot

, Jakarta Barcode adalah istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang saat ini. Barcode dikenal sebagai garis hitam putih dengan angka di bawahnya, yang bisanya terdapat pada sebuah produk. Selain itu, kamu juga mungkin sudah mengenal QR Code yang berbentuk kotak. 

Barcode berguna untuk menyimpan seluruh informasi yang berkaitan dengan suatu produk sudah diberi label barcode. Barcode terdiri dari berbagai macam jenis, yang mana di antaranya yaitu barcode 1 dimensi dan 2 dimensi.

Barcode adalah kode batang dalam bahasa Indonesia. Untuk memahami mana yang paling tepat penggunaannya pada suatu produk, kamu perlu mengenali jenis-jenis barcode terlebih dahulu. Apakah menggunakan barcode vertikal atau QR code, kamu perlu memahami keduanya terlebih dahulu.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/10/2023) tentang barcode.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Barcode adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kode batang atau barcode adalah kode identifikasi khusus yang dicetak, berupa rangkaian batang vertikal tercetak yang berbeda lebarnya dan mewakili angka-angka. Barcode adalah kode indentifikasi yang berguna untuk memudahkan seseorang dalam mengenal suatu barang atau produk.

Barcode adalah kode identifikasi yang terdiri dari garis-garis horizontal dan spasi yang mempunyai panjang dan jarak yang berbeda-berbeda. Barcode adalah kode yang dapat dibaca oleh mesin scanner atau kamera, yang kemudian akan menunjukkan data dari suatu barang dengan cepat.

Barcode adalah informasi berupa teks yang diubah menjadi garis-garis dan spasi yang dapat dibaca oleh mesin. Barcode diciptakan oleh Bernard Silver dan Norman Woodland pada tahun 1948. Pada awalnya barcode adalah kode yang digunakan untuk mengidentifikasi produk-produk di toko-toko kelontong. Namun, sekarang ini barcode mulai digunakan untuk mengidentifikasi produk-produk lainnya di berbagai bidang.

Penggunaan barcode adalah suatu hal yang sangat efektif dalam mengidentifikasi produk-produk di toko. Bahkan, kamu mungkin akan selalu menemukannya setiap belanja di supermarket atau toko-toko lainnya. Barcode adalah teknologi yang meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam pelayanan di toko, memudahkan pencarian produk, dan dapat menyimpan informasi yang lebih lengkap tentang produk.

3 dari 4 halaman

Jenis Barcode Satu Dimensi (1D)

Barcode satu dimensi (atau 1D) secara sistematis mewakili data dengan memvariasikan lebar dan jarak garis paralel. Ini termasuk beberapa jenis barcode yang paling tradisional dan dikenal dengan baik, seperti kode UPC dan EAN. Barcode 1D juga sering disebut sebagai barcode linier.

Panjang barcode satu dimensi secara langsung terkait dengan seberapa banyak informasi yang disimpannya. Barcode 1D biasanya digunakan di seluruh operasi perusahaan untuk menghemat waktu dan membuat alur kerja inventaris lebih efisien. Melansir Merdeka, berikut jenis-jenisnya:

1. UPC

Barcode UPC digunakan untuk memberi label dan memindai barang-barang konsumen di tempat-tempat penjualan di seluruh dunia—terutama di Amerika Serikat, Inggris Raya, Australia, Selandia Baru, dan negara-negara lain. Variasi UPC-A mengkodekan dua belas digit numerik, sedangkan UPC-E adalah variasi yang lebih kecil yang mengkodekan hanya enam digit numerik.

UPC sebenarnya adalah singkatan dari universal product code. Dalam konteks retail, tujuan dari barcode ini adalah untuk memudahkan pengguna mengidentifikasi fitur produk tertentu (seperti ukuran atau warnanya) saat item dipindai ketika checkout. UPC memungkinkan pelacakan produk yang akurat dan efisien mulai dari produksi hingga distribusi.

2. EAN

Barcode EAN juga digunakan untuk memberi label barang-barang konsumen untuk pemindaian point-of-sale, terutama di Eropa. Perbedaan utamanya dengan UPC adalah aplikasi geografisnya. Jika EAN-13 (terdiri dari 13 digit) adalah faktor bentuk default, kamu akan menemukan kode batang EAN-8 (mencakup delapan digit) pada produk di mana hanya memiliki ruang terbatas, seperti permen kecil.

Keuntungan utama dari kode EAN adalah fleksibilitasnya. EAN-13 adalah barcode dengan kepadatan tinggi yang dapat mengkodekan data dalam jumlah yang relatif besar di area yang kecil, sementara kode EAN-8 ideal untuk mengidentifikasi produk atau aset yang sangat kecil. Kode EAN juga mudah dibaca oleh pemindai 1D, membuat proses pemindaian cepat dan mulus.

Selain kedua barcode ini, ada pula jenis-jenis barcode 1 Dimensi lainnya seperti Code 39, Code 128, ITF (Interleaved 2 Of 5), Code 93, CODABAR, GS1 DATABAR, dan MSI PLESEY.

4 dari 4 halaman

Jenis Barcode Dua Dimensi (2D)

Barcode dua dimensi (2D) secara sistematis mewakili data menggunakan simbol dan bentuk dua dimensi. Mereka mirip dengan barcode 1D linier, tetapi dapat mewakili lebih banyak data per satuan luas. Barcode 2D mencakup beberapa jenis-jenis barcode yang lebih baru, seperti Kode QR dan PDF417.

Keuntungan utama dari barcode 2D adalah formula perlindungan kesalahannya. Kode-kode ini dirancang untuk menjaga data tetap utuh dan dapat dipindai, bahkan setelah robek, tergores, atau rusak. Fitur ini membuat barcode 2D secara unik cocok untuk aplikasi pemindaian yang lebih intens dan cepat. Berikut jenis-jenisnya:

1. QR Code

Kode QR paling sering digunakan dalam inisiatif pelacakan dan pemasaran, seperti iklan, majalah, dan kartu nama. Ukurannya fleksibel, menawarkan toleransi kesalahan yang tinggi, dan memiliki tingkat baca yang cepat, meskipun tidak dapat dibaca dengan pemindai laser. QR Code mendukung empat mode data yang berbeda: numerik, alfanumerik, byte/biner, dan bahkan Kanji. Mereka adalah domain publik dan gratis untuk digunakan.

Kode QR menawarkan keserbagunaan yang luar biasa. Mereka dapat dipindai di hampir semua perangkat dengan kemampuan pemindaian (termasuk smartphone)—dan menyandikan hampir semua jenis data. Kode QR juga menampilkan toleransi kesalahan yang luar biasa, sehingga memungkinkan pengguna untuk memecahkan kode informasi bahkan jika bagian dari kode rusak.

2. DATAMATRIX

Kode datamatrix biasanya digunakan untuk memberi label pada barang kecil, barang dan dokumen. Jejak kecilnya menjadikannya ideal untuk produk kecil dalam logistik dan operasi. Faktanya, Aliansi Industri Elektronik AS (EIA) merekomendasikan agar mereka digunakan untuk memberi label pada komponen elektronik kecil. Mirip dengan kode QR, mereka memiliki toleransi kesalahan yang tinggi dan keterbacaan yang cepat.

Kode Datamatrix menawarkan kepadatan data yang tinggi, yang berarti mereka menggunakan lebih sedikit ruang pada produk dan aset. Mereka juga dirancang agar dapat dibaca bahkan dalam resolusi rendah atau dengan posisi pemindaian yang tidak ideal. Seperti banyak barcode 2D lainnya, kode Datamatrix juga menawarkan toleransi kesalahan yang kuat.

3. PDF417

Kode PDF417 digunakan untuk aplikasi yang memerlukan penyimpanan data dalam jumlah besar, seperti foto, sidik jari, dan tanda tangan. Mereka dapat menyimpan lebih dari 1,1 kilobyte data yang dapat dibaca mesin, membuatnya jauh lebih kuat daripada barcode 2D lainnya. Seperti kode QR, kode batang PDF417 adalah domain publik dan gratis untuk digunakan.

Berkat efisiensi datanya, kode PDF417 cocok untuk berbagai macam aplikasi, termasuk transportasi dan manajemen inventaris. Barcode ini juga cocok untuk membuat boarding pass kertas, serta kartu identitas yang dikeluarkan negara.

4. AZTEC

Kode Aztec biasanya digunakan oleh industri transportasi, terutama untuk tiket dan boarding pass maskapai. Barcode masih dapat didekodekan meskipun resolusinya buruk, membuatnya berguna saat tiket dicetak dengan buruk atau ditampilkan di ponsel. Mereka juga hanya mengambil lebih sedikit ruang karena mereka tidak memerlukan area kosong di sekitarnya, tidak seperti beberapa jenis kode batang 2D lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat