uefau17.com

Surah Yasin Juz Berapa? Ini Penjelasan Dan Keutamaannya - Hot

, Jakarta Surah Yasin, seiring dengan kekhasan dan makna mendalam yang terkandung di dalamnya, telah menjadi salah satu surah Al-Qur'an yang sangat dihormati oleh umat Islam. Sebagai permulaan, tidak jarang kita mendengar pertanyaan seputar Surah Yasin juz berapa? Pertanyaan ini mencerminkan keingintahuan banyak individu tentang letak Surah Yasin dalam susunan Al-Qur'an yang memiliki 30 Juz. 

Namun penting untuk diingat bahwa membaca Surah Yasin bukan hanya mencari jawaban terkait pertanyaan Surah Yasin juz berapa saja, namun juga mencari wawasan dalam keimanan dan makna kehidupan. Surah Yasin ini sering dianggap sebagai surah yang membawa berkah dan keberkahan, dan sebagai hasilnya, sering dibaca dalam berbagai konteks, dari momen kematian hingga saat memohon rahmat Allah.

Untuk menjawab pertanyaan Surah Yasin juz berapa dan apa makna dibalik Surah Yasin. Berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (13/10/2023) informasi seputar Surah Yasin dan keutamaannya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Surah Yasin dalam Al Quran

Surah Yasin adalah salah satu surah dalam Al-Qur'an, yang merupakan kitab suci dalam agama Islam. Surah Yasin adalah surah ke-36 dalam urutan Al-Qur'an dan terletak di Juz ke-22. Ini adalah salah satu surah yang sangat dihormati dan sering dibaca oleh umat Islam di seluruh dunia.

Surah Yasin terdiri dari 83 ayat dan mengandung pesan-pesan penting tentang keimanan, tauhid (keyakinan akan keesaan Allah), kenabian, dan hari kiamat. Banyak umat Islam memahami Surah Yasin sebagai surah yang memiliki banyak keutamaan dan berkat. Oleh karena itu, surah ini sering dibaca dalam berbagai kesempatan, seperti pada saat meninggal seseorang atau dalam rangka meminta perlindungan dan rahmat Allah.

Selain memiliki makna spiritual yang dalam, Surah Yasin juga mengandung ajakan untuk merenungkan tanda-tanda kebesaran Allah di alam semesta dan berpikir tentang makna kehidupan dan akhirat. Banyak umat Islam memahami bahwa membaca Surah Yasin dengan hati yang ikhlas dapat membawa keberkahan dan pahala.

Surah Yasin juga merupakan salah satu surah yang berisi kisah Nabi Isa AS dan diberikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad sebagai bagian dari wahyu Al-Qur'an. 

3 dari 4 halaman

Surat Yasin Arab, Latin Dan Terjemahannya

يسٓ

Arab-Latin: yā sīn

1. Yaa siin

وَٱلْقُرْءَانِ ٱلْحَكِيمِ

wal-qur`ānil-ḥakīm

2. Demi Al Quran yang penuh hikmah,

إِنَّكَ لَمِنَ ٱلْمُرْسَلِينَ

innaka laminal-mursalīn

3. Sesungguhnya kamu salah seorang dari rasul-rasul,

عَلَىٰ صِرَٰطٍ مُّسْتَقِيمٍ

‘alā ṣirāṭim mustaqīm

4. (yang berada) diatas jalan yang lurus,

تَنزِيلَ ٱلْعَزِيزِ ٱلرَّحِيمِ

tanzīlal-‘azīzir-raḥīm

5. (sebagai wahyu) yang diturunkan oleh Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang,

لِتُنذِرَ قَوْمًا مَّآ أُنذِرَ ءَابَآؤُهُمْ فَهُمْ غَٰفِلُونَ

litunżira qaumam mā unżira ābā`uhum fa hum gāfilụn

6. Agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang bapak-bapak mereka belum pernah diberi peringatan, karena itu mereka lalai.

لَقَدْ حَقَّ ٱلْقَوْلُ عَلَىٰٓ أَكْثَرِهِمْ فَهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

laqad ḥaqqal-qaulu ‘alā akṡarihim fa hum lā yu`minụn

7. Sesungguhnya telah pasti berlaku perkataan (ketentuan Allah) terhadap kebanyakan mereka, kerena mereka tidak beriman.

إِنَّا جَعَلْنَا فِىٓ أَعْنَٰقِهِمْ أَغْلَٰلًا فَهِىَ إِلَى ٱلْأَذْقَانِ فَهُم مُّقْمَحُونَ

innā ja’alnā fī a’nāqihim aglālan fa hiya ilal-ażqāni fa hum muqmaḥụn

8. Sesungguhnya Kami telah memasang belenggu dileher mereka, lalu tangan mereka (diangkat) ke dagu, maka karena itu mereka tertengadah.

وَجَعَلْنَا مِنۢ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا فَأَغْشَيْنَٰهُمْ فَهُمْ لَا يُبْصِرُونَ

wa ja’alnā mim baini aidīhim saddaw wa min khalfihim saddan fa agsyaināhum fa hum lā yubṣirụn

9. Dan Kami adakan di hadapan mereka dinding dan di belakang mereka dinding (pula), dan Kami tutup (mata) mereka sehingga mereka tidak dapat melihat.

وَسَوَآءٌ عَلَيْهِمْ ءَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

wa sawā`un ‘alaihim a anżartahum am lam tunżir-hum lā yu`minụn

10. Sama saja bagi mereka apakah kamu memberi peringatan kepada mereka ataukah kamu tidak memberi peringatan kepada mereka, mereka tidak akan beriman.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Surah Yasin

Surah Yasin memiliki banyak keutamaan dalam tradisi Islam, dan ini menjadikannya salah satu surah yang sangat dihormati dan sering dibaca oleh umat Islam. Beberapa keutamaan Surah Yasin yang sering ditekankan meliputi:

1. Pengampunan dan Rizki (Nafkah): Membaca Surah Yasin diyakini dapat membantu mendatangkan pengampunan Allah atas dosa-dosa seseorang dan meningkatkan nafkah atau rezeki.

2. Perlindungan dari Azab Kubur: Membaca Surah Yasin setelah kematian seseorang dan sebelum penguburan diyakini dapat melindungi orang yang meninggal dari azab kubur.

3. Meningkatkan Kesejahteraan: Membaca Surah Yasin secara rutin diyakini membawa keberkahan dan kesejahteraan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Penenang Hati dan Jiwa: Surah Yasin sering dibaca dalam momen-momen kesedihan dan kesulitan karena diyakini bisa menenangkan hati dan memberikan ketenangan jiwa.

5. Doa-doa Dikabulkan: Ketika membaca Surah Yasin dengan hati yang ikhlas, diyakini bahwa doa-doa yang diajukan pada saat itu lebih mungkin dikabulkan oleh Allah.

6. Pahala yang Besar: Membaca Surah Yasin secara rutin juga diyakini membawa pahala besar di dunia dan akhirat.

7. Menyertai Orang yang Sakit: Bacaan Surah Yasin sering dibacakan kepada orang yang sakit sebagai bentuk penghiburan dan doa untuk kesembuhan.

8. Kemudahan dalam Mempelajari Al-Qur'an: Membaca Surah Yasin bisa membantu seseorang dalam mempelajari Al-Qur'an, karena disebutkan bahwa surah ini adalah "hati" dari Al-Qur'an.

Dalam Islam, keutamaan-keutamaan ini banyak disebutkan dalam hadis dan tradisi-tradisi yang disampaikan oleh Nabi Muhammad. Meskipun Surah Yasin memiliki banyak keutamaan, penting diingat bahwa membaca dan memahami makna Al-Qur'an secara keseluruhan juga sangat penting dalam Islam. Keutamaan Surah Yasin seharusnya tidak menjadi pengganti atau penghalang bagi pembacaan Al-Qur'an secara keseluruhan.

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat