uefau17.com

Salah Satu Tanda Beriman kepada Malaikat Allah SWT adalah Meyakini Keberadaannya - Hot

, Jakarta Salah satu tanda beriman kepada malaikat Allah SWT adalah meyakini keberadaannya. Seperti yang diketahui, iman kepada malaikat adalah bagian dari enam Rukun Iman dalam agama Islam. Rukun iman adalah pilar keimanan yang harus dimiliki setiap Muslim.

Iman kepada malaikat merupakan Rukun Iman yang kedua. Rukun Iman yang kedua ini berisikan bagaimana seorang Muslim harus mengimani adanya malaikat sebagai makhluk ciptaan Allah SWT. Iman kepada malaikat juga sudah banyak dijelaskan dalam Al Qur'an dan hadis.

Salah satu tanda beriman kepada malaikat Allah SWT adalah meyakini penciptaannya. Dengan memahami pengertian iman kepada malaikat, kamu akan menyadari bahwa di dunia ini ada makhluk ciptaan Allah yang selalu taat kepada-Nya.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/8/2023) tentang salah satu tanda beriman kepada malaikat Allah SWT.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Salah Satu Tanda Beriman kepada Malaikat Allah SWT adalah Meyakini Keberadaannya

Salah satu tanda beriman kepada malaikat Allah SWT adalah meyakini keberadaannya, bahwa para malaikat ada, dan diciptakan oleh Allah SWT. Iman kepada malaikat adalah memercayai dengan sepenuh hati akan adanya malaikat Allah, yang tugasnya seperti mencatat amal perbuatan manusia, mencabut nyawa manusia, menjaga surga, menjaga neraka, dan lain sebagainya. Jadi, salah satu tanda beriman kepada malaikat Allah SWT adalah mengimani tugas dan amalan yang diberikan Allah pada malaikat.

Malaikat adalah bentuk jamak dari kata malakun yang artinya pengutusan. Dalam Islam disebutkan bahwa malaikat diciptakan dari cahaya. Malaikat merupakan ciptaan Allah SWT yang tidak memiliki keistimewaan rububiyah dan uluhiyah. Meski begitu Allah menciptakan malaikat untuk selalu taat kepada-Nya. Malaikat adalah satu-satunya mahluk yang paling yang taat kepada Allah.

Salah satu tanda beriman kepada malaikat Allah SWT adalah meyakini jika malaikat itu ada dan senantiasa mengawasi perbuatan baik dan buruk setiap manusia. Untuk lebih memahaminya, kamu perlu memahami dalil-dalil tentang iman kepada malaikat ini. Iman kepada malaikat tertulis jelas dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 285, yang artinya:

“Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian juga orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya….”

Sementara itu, dalam surat An-Nisa ayat 136 Allah berfirman, yang artinya:

“barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (QS. An-Nisa’: 136).

Selain itu, Allah telah berfirman dalam surat Al-Anbiya’ ayat 19-20 yang artinya:

“Para malaikat yang ada di sisi-Nya, mereka tidak angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. Mereka selalu bertasbih bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.”

Jadi, salah satu tanda beriman kepada malaikat Allah SWT adalah meyakini keberadaannya dan meyakini ketaatannya kepada Sang Pencipta.

3 dari 4 halaman

Tanda Seorang Muslim Beriman kepada Malaikat Allah SWT

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu tanda beriman kepada malaikat Allah SWT adalah meyakini keberadaannya. Kemudian salah satu tanda beriman kepada malaikat Allah SWT adalah juga meyakini jika malaikat senantiasa mengawasi perbuatan baik dan buruk setiap manusia. Berikut tanda seorang muslim beriman kepada Malaikat Allah SWT lainnya:

  1. Mengimani bahwa malaikat benar-benar ada dan melaksanakan tugas dari Allah.
  2. Meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT, karena malaikat selalu mencatat amal baik manusia.
  3. Mengetahui nama-nama malaikat beserta tugas-tugasnya.
  4. Hati-hati dalam bertindak dan berucap karena malaikat selalu mengawasi manusia.
  5. Giat dalam berusaha, karena malaikat tidak menurunkan rezeki tanpa adanya usaha.
  6. Selalu mencari dan memohon hidayah serta bersyukur
  7. Berusaha dengan maksimal untuk mencari rizki yang baik dan halal
4 dari 4 halaman

Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya

Salah satu tanda beriman kepada malaikat Allah SWT adalah mengetahui nama-nama malaikat beserta tugas-tugasnya. Berikut nama-nama malikat dan tugasnya:

Jibril

Malaikat yang bertugas menyampaikan wahyu adalah Jibril. Jibril berperan dalam menyampaikan wahyu kepada nabi dan rasul. Nama lain malaikat Jibril adalah Ruh al-Quds, ar-Ruh al-Amin, dan Namus.

Mikail

Malaikat Mikail bertugas mengatur kesejahteraan makhluk, seperti mengatur awan, menurunkan hujan, melepaskan angin, dan membagi-bagikan rezeki.

Israfil

Malaikat Israfil bertugas meniupkan terompet (sangkakala), saat dimulainya kiamat hingga saat hari berbangkit di Padang Mahsyar.

Izrail

Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa seluruh makhluk hidup, baik  manusia, jin, iblis, setan, dan malaikat apabila telah tiba waktunya.

Munkar

Malaikat Munkar bertugas menanyai orang yang sudah meninggal dan berada di alam kubur.

Nakir

Malaikat Nakir bertugas menanyai orang yang sudah meninggal dan berada di alam kubur.

Raqib

Malaikat Raqib bertugas mencatat semua pekerjaan baik setiap manusia sejak ±qil b±lig sampai akhir hayat.

Atid

Malaikat Atid bertugas mencatat semua pekerjaan buruk setiap manusia sejak ±qil b±lig sampai akhir hayat.

Ridwan

Malaikat Ridwan bertugas menjaga dan mengatur kesejahteraan penghuni surga.

Malik

Malaikat Malik disebut juga malaikat zabaniyyah bertugas menjaga dan mengatur siksa (azab) bagi para penghuni neraka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat