uefau17.com

Aksi Heroik Masinis Selamatkan Nyawa Penumpang KA Brantas, Tuai Apresiasi Publik - Hot

, Jakarta Kecelakaan kereta api yang melibatkan KA Brantas tujuan Jakarta-Blitar dengan sebuah truk trailer terjadi di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Semarang Barat, Selasa malam (18/7). KA Brantas menabrak kepala truk yang melintas dari arah utara ke selatan hingga terbakar.

Bagian kepala dan ekor gandengan truk terjepit di mulut jembatan rel, Jembatan Kanal Banjir Barat Semarang. Bahkan, sempat terjadi ledakan saat lokomotif kereta tabrak truk tersebut. Dilaporkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Video singkat kecelakaan tersebut banyak beredar di media sosial. Bahkan menjadi trending topik di Twitter hingga hari ini. Salah satunya yang ramai menjadi sorotan adalah aksi heroik sang masinis menyelamatkan penumpang. Sebuah video juga memperlihatkan kondisi masinis dan asisten masinis setelah kejadian.

Menurut Manajer Humas PT Kai Daop 4 Semarang Ixfan Hendri Wintoko menjelaskan meski api berkobar, KA Brantas tetap melaju di jembatan Banjir Kanal Barat. Saat api berkobar masinis dan asisten masinis memutuskan untuk melompat dari lokomotif.

"Masinis dan asistennya bisa loncat dari ketinggian sekitar 10 meter," kata Ixfan, dikutip dari kanal Regional , Rabu (19/7/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aksi heroik masinis dan asisten masinis

Masinis dan asisten masinis KA Brantas dipastikan selamat dalam insiden kereta tabrak truk kontainer di perlintasan Madukoro, Semarang Barat. Meski sempat terjebak dalam kobaran api usai lokomotif menghantam badan truk, keduanya memutuskan lompat dari lokomotif.

Aksi heroik masinis dan asisten masinis itu pun menuai apresiasi publik. Pasalnya, mereka menyelamatkan nyawa para penumpang. Sebelum terjadi kecelakaan, masinis dan asisten masinis meminta penumpang untuk pindah ke gerbong belakang. Sementara itu, keduanya tetap memilih berada di lokomotif.

Sebuah akun Twitter bernama @tirta_cipeng menjelaskan, bahwa tidak gampang untuk ngerem kereta mendadak saat keadaan gerbong penuh. Hal tersebut karena ada "gaya sangat besar" yang akan dihantarkan. Jika pengereman salah, maka gerbong bisa keluar jalur dan malah anjlok yang bisa menimbulkan korban jiwa.

Karena itu lah, tindakan sang masinis beserta asisten masinis perlu diapresiasi. Masinis dan asisten masinis memastikan kobaran api berada di lokomotif, sehingga ketika kereta berhenti di tengah jembatan, penumpang tetap selamat dan kereta tidak sampai terguling masuk sungai.

 

3 dari 3 halaman

Mendapat apresiasi publik

Beragam komentar mengenai apresiasi aksi heroik masinis pun beredar di media sosial Twitter. Menurut akun @zoelfick, keputusan masinis di detik-detik terakhir sangat menentukan keselamatan penumpang. Jika saja tidak sigap dan berpikir jernih, maka ledakan sebesar itu bisa saja menimbulkan banyak nyawa melayang.

Masinis memutuskan untuk meminta penumpang pindah ke gerbong belakang dan mereka sendiri meloncat setelah memastikan kereta dalam kondisi aman.

"Setelah lompat ke sungai masinis berenang ke sisi barat sungai, asisten masinis ke sisi timur sungai," lanjut Ixfan, Manajer Humas PT Kai Daop 4 Semarang.

Sementara itu, sopir truk telah meninggalkan mobilnya yang macet di tengah perlintasan saat kereta datang menghantam. Kecelakaan yang terjadi di ruas Stasiun Jrakah-Semarang Tawang ini menyebabkan 9 perjalanan kereta api tertunda.

Proses evakuasi dilakukan setelah api berhasil dipadamkan. Gerbong ke belakang ditarik mundur ke stasiun menggunakan Lokomotif KA 178. Petugas gabungan kepolisian dan KAI juga mengevakuasi rangkaian gandengan truk yang terjebak di mulut jembatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat